Halo, Takaiters!

Pasti tahu, dong, salah satu makanan khas nusantara, dodol. Dodol banyak macamnya, ya, Guys! hampir di seluruh nusantara memiliki penganan dodol tetapi dengan nama dan ciri khas daerah masing-masing. Nah, salah satunya adalah dodol Betawi. Dari namanya, kita sudah tahu bahwa makanan ini khas Suku Betawi.

Dodol betawi yang hitam manis ini terbuat dari ketan, gula merah, gula putih, dan santan, Guys. Si hitam manis ini mulai langka, karena prosesnya yang rumit dan tidak banyak orang yang bisa membuatnya.

Nah, Takaiters mau tahu fakta tentang pembuatan dodol Betawi? Yuk, simak, ya, Guys!

Kue yang Khusus Disajikan pada Saat Pesta, Ramadan, Idulfitri dan Iduladha

Dodol Betawi
Foto: ceriwis.com

Sebagai adat istiadat, suku Betawi sendiri,  biasanya menyajikan dodol pada saat seserahan pengantin.  Namun, dodol Betawi ini juga menjadi seleb  di saat-saat tertentu, seperti pada saat Ramadan dan Lebaran nanti, Guys.

Proses Pembuatannya Memakan Waktu Selama 8 – 12 Jam

Foto: suara.com

Dodol Betawi agak rumit dan lama proses pembuatannya,Guys, memakan waktu selama 8 sampai 12 jam. Dan itu hanya proses memasaknya aja, belum lagi ditambah dengan proses persiapan bahan-bahannya.

Memakai Prinsip Sambatan (Saling Membantu )

Foto: kastara.id

Proses pembuatan dodol memakai prinsip sambatan atau saling membantu. Agar dodol Betawi tercipta dengan benar,  para tetangga dikerahkan untuksaling membantu. Mulai dari penggilingan ketan, mengaduk adonan, mengupas kelapa, memeras santan, dan lain – lain. Bapak-bapak dan ibu-ibu bisa mengambil tugas pembagian masing-masing.

Hanya Sedikit Orang yang Bisa Membuat Dodol Betawi

Foto: youtube.com

Nah, Guys, karena proses pembuatannya yang agak rumit. Suku Betawi sendiri hanya sedikit yang bisa membuat dodol. Jadi, kue ini mulai langka, Guys.

Bahan Bakar Harus Tetap Terjaga

Foto: nasionalrepublika.co.id

Proses memasak tidak boleh sembarangan, api dari kayu bakar harus tetap menyala dan tidak boleh mengeluarkan asap, Guys. Apinya juga tidak boleh terlalu besar karena bisa-bisa dodol nya gosong. Jadi harus benar-benar dijaga dan diperhatikan. Kayak kamu gitu, eeaaa ….

Itulah beberapa fakta dalam proses pembuatan dodol Betawi, ya, Guys. Si hitam manis ini tidak hanya enak tapi paling dicari. Makanya, yuk, Takaiters, kita lestarikan makanan nusantara ini!