Hai, Takaiters!

Banyak orang yang menganggap rumah sebagai tempat istirahat dan tempat berteduh setelah lelah seharian  beraktivitas. Sebab itulah pasti semua orang akan berusaha membangun suasana nyaman untuk hunian mereka. Mulai dari menjaga kebersihan atau bahkan mendekor setiap sudut ruangan supaya tetap nyaman ditinggali.

Apalagi dimasa pandemi seperti ini, yang memaksa setiap orang tetap berada di rumah. Sedangkan tidak setiap orang dapat  berdiam diri di rumah dalam jangka waktu lama.  Selama pandemi ini secara sengaja beberapa individu memilih untuk mepercantik setiap sudut rumah mereka.

Dengan berbagai cara seperti yang tengah viral akhir-akhir ini yaitu menghiasi rumah dengan berbagai macam tanaman. Sebenarnya selain kegiatan positif satu itu, banyak sekali kegiatan positif lain yang juga dapat kita lakukan supaya tetap nyaman selama ‘di rumah saja’.

Yuk simak 5 hal yang diterapkan untuk membuat rumah tetap nyaman selama pandemi Covid-19 berikut, Takaiters!

1. Memilah-Milah Barang yang Sudah Tidak Digunakan

membuat rumah tetap nyaman
Foto: gushaironfadli.com

Kegiatan satu ini terdengar mudah bagi sebagian orang. Namun pada kenyatannya banyak individu memilih untuk tetap menyimpan barang lama mereka yang sudah tidak digunakan dengan alasan ‘sayang, kalau dibuang’ padahal barang itu hanya akan memakan tempat bila terus disimpan.

Karena itulah akan sangat penting untuk menerapkan mindset bahwa setiap barang pasti suatu saat akan rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Berangkat dari sini, maka mulailah berjalan berkeliling di setiap sudut rumah dan temukan barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Memilah setiap barang yang mana yang masih bisa digunakan atau diperbaiki dan mana yang sudah tidak dapat digunakan lagi.

2. Letakkan Barang di Tempatnya

membuat rumah tetap nyaman selama pandemi
Foto: jawapos.co

Kedua adalah meletakkan barang pada tempatnya. Terkadang saat buru-buru atau merasa malas tidak jarang seseorang akan mengabaikan kerapian dan meletakkan barang disembarang tempat.

Kebiasaan ini tentu saja akan membuat rumah tampak berantakan dan tidak enak dipandang apalagi bila barang yang berserakan lumayan banyak memenuhi sudut rumah. Karena itulah mulai membiasakan diri disiplin untuk menaruh barang pada tempatnya juga akan menjadi salah satu poin yang dapat dilakukan untuk menjaga supaya hunian tepat terasa nyaman.

3. Pilih Pengharum Ruangan yang Tepat

ide membuat rumah tetap nyaman dan rapi
Foto: bacaterus.com

Poin Ketiga adalah memilih pengharum ruangan yang tepat. Bau apek yang seringkali memenuhi seisi ruangan juga dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kita merasa tidak betah di rumah. untuk itu penggunaan pengharum ruangan bisa jadi solusi supaya ruangan menjadi harum dan memberikan suasana yang lebih  nyaman.

Memilih pengharum ruangan untuk hunian juga dapat meningkatkan mood untuk mendapatkan kenyamanan di rumah. Pilihlah pengharum ruangan aroma terapi yang menengkan seperti citrus, lavender, pure springs, green tea atau mungkin aroma kopi yang sedang banyak diminati.

4.Tambahkan Tanaman Hias

Foto: youtube.com

Nah pada poin keempat adalah menambahkan tanaman hias di dalam rumah. Seperti yang telah disinggung di awal bahwa trend tanaman hias ini memang sangat bermanfaat untuk mempercantik sudut-sudut rumah. Sebab itulah sekarang semakin banyak orang yang memilih untuk menambahkan tanaman hias di dalam rumah.

Selanjutnya pilihlah tanaman hias yang sekitanya dapat bertahan di suhu ruangan.  Daun asparagus bisa menjadi pilihan, tanaman yang termasuk dalam keluarga lily ini selain memiliki daun yang hijau dan cantik juga dapat menjadi salah satu penangkal polusi udara di dalam rumah.

Selain itu tanaman besi cor juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghiasi sudut ruang apalagi untuk rumah dengan konsep pencahayaan yang banyak, kelebihan lain yang dimiliki tanaman ini adalah tidak memerlukan perawatan yang sulit.

5. Manfaatkan Ruangan Tidak Terpakai Menjadi Ruang Baca

Cara membuat rumah tetap nyaman
Foto: Pexels.com

Terakhir adalah memanfaatkan ruang tidak terpakai. ‘Buku Adalah Jendela Dunia’ pepatah ini rasanya sangat cocok untuk disisipkan pada poin terakhir ini.

Oleh Karena itu memiliki suatu ruang khusus untuk membaca tentu bukan masalah, apalagi bila anda memiliki hobi membaca. Selain itu sebenarnya ruang baca juga bisa menjadi ruang bersantai untuk melupakan sejenak kejenuhan selama berada di dalam rumah.

Jadi bagaimana Takaiters apakah kamu sudah mendapatkan ide untuk memanfaatkan banyak waktu luangmu selama di rumah saja?

Hunian yang nyaman tentu akan selalu menjadi tempat paling nyaman untuk berlindung. jadi tidak ada salahnya untuk terus merawat rumah agar terasa nyaman untuk ditinggali.

Apalagi saat kita diwajibkan untuk lebih banyak di rumah saja selama masa pandemi ini. Tentunya menerapkan salah satu poin di atas bisa menambah mood untuk membuat kita semakin nyaman berada di rumah. Dengan cara membuat rumah tetap nyaman diatas ya!