Hai, Takaiters!

Ada yang suka asam lambungnya naik tidak? Enggak enak banget ‘kan rasanya kalo si aslam ini lagi kambuh, dada terasa terbakar, mual-mual enggak jelas, perih di ulu hati dan enggak mood ngapa-ngapain. Asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya heartburn atau rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke tengorokan. Dan biasanya terjadi pada orang-orang yang punya stres berlebih dan pola makan serta gaya hidup yang kurang sehat.

Berbagai macam pengobatan pun dicoba, dari mulai yang herbal sampai kimia bahkan ke psikiater pun dikunjungi -karena ada jenis GRED anxiety  yang harus mendapat perawatan secara psikis.

Tapi eits, sudah coba buah yang satu ini enggak? Yups, buah apel merah. Buah-buahan memang makanan penting dalam sistem pencernaan karena buah-buahan banyak mengandung anti oksidan, vitamin C, dan serat. Namun, tahukah Takaiters? Kalau buah apel merah bisa dijadikan terapi bagi penderita asam lambung? Berikut tipsnya:

1. Pilihlah Apel yang Merah

Foto: pixabay.com

Tidak semua buah-buahan bagus dikonsumsi oleh penderita asam lambung, ada beberapa buah-buahan yang dapat meningkatkan asam lambung naik seperti buah-buahan yang rasanya kecut dan asam.

Namun, ada juga yang sangat baik dikonsumsi setiap hari, di antaranya apel merah, kenapa Apel merah? Selain kaya kandungan serat, apel ini juga merupakan sumber kalsium , magnesium serta kalium yang baik serta lebih banyak mengandung beta karoten dan rasanya lebih manis dibanding apel hjau.

2. Makan Apel di Pagi Hari Sebelum Makan

Foto: rachelschultz.com

Kebanyakan orang Indonesia menjadikan buah-buahan sebagai makanan penutup, padahal seharusnya buah-buahan menjadi makanan pembuka. Kenapa? Para ahli gizi mengemukakan makan buah sebelum makan berat dapat mengurangi keinginan anda untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori sehingga mencegah kamu makan terlalu banyak. Dan mengonsumsi buah-buahan setiap pagi sebelum sarapan, dapat membantu meningkatkan kadar gula dalam tubuh dan membantu tubuh menyerap nutrisi penting yang ditemukan dalam buah.

3. Rasakan Manfaat Apel

Foto: pixabay.com

Sugesti sangat penting dalam pengobatan, kalau tidak yakin dengan apa yang kamu makan dapat menyembuhkan, bagaimana tubuh kamu akan merespon makanan yang dikonsumsi sebagai obat? So, yakinlah bahwa buah apel yang anda makan tiap pagi sebelum sarapan, banyak membawa manfaat bagi tubuh. Maka, secara alamiah nutrisi yang ada pada buah apel pun akan bereaksi dan memberi energi postif pada tubuh kamu sehingga semua nutrisi yang ada pada apel ini dapat terserap sempurna.

4. Imbangi dengan Olahraga, Istirahat yang Cukup dan Jauhi Stres

Foto: getpocket.com

Namun,  kalau kamu saja malas berolahraga, kurang istirahat, sudah makan malah rebahan, dan bekerja bagai kuda sehingga stress pun meningkat, jangan harap terapi apel ini dapat menyembuhkan asam lambung anda. Tetap imbangi dengan pola hidup dan pola makan yang benar.

5. Tetap Berdoa dan Konsisten

Foto: pixabay.com

Ikhtiar terus dilakukan tapi berdoa jangan terlupakan, sebab tetaplah Allah Swt. yang Maha Menyembuhkan dan jangan lupa untuk konsisten melakukan terapi apel ini secara rutin. Insyaallah asam lambung kamu akan sehat-sehat saja.

Demikianlah tips mengatasi asam lambung dengan terapi apel, segera penuhi lemari es kamu dengan buah apel, selamat mencoba dan salam sehat selalu.