Indonesia disebut juga negara kepulauan. Terdiri dari banyak pulau yang indah dan menjadi objek wisata. Gugusan pulau terindah di Indonesia terdapat di Kepulauan Seribu.

Puluhan pulau kecil dengan hamparan pasir putih yang tersebar di sepanjang utara laut Jakarta, menjadikan Kepulauan Seribu berbeda dengan lokasi wisata bahari lainnya di Indonesia. Wisatawan dapat berkunjung dari satu pulau ke pulau lainnya yang berbeda suasana. Karena setiap pulau disini memiliki keindahan masing-masing.

Hampir semua pulau yang ada di Kepulauan Seribu memberikan fasilitas alam yang sesuai dengan hasrat wisatawan. Dibalik eksotismenya, ternyata Kepulauan Seribu memiliki nilai historis

Pulau Bidadari, pulau yang dijuluki dengan nama Pulau Purmerend atau Pulau Sakit

Tempat Wisata Populer di Kepulauan Seribu
Pulau Bidadari (Foto : pulaubidadariecoresort.com)

Sedikit orang yang tahu kalau Pulau Bidadari pernah dikenal dengan nama Pulau Purmerend atau Pulau Sakit. Karena pada abad ke-17 Pulau Sakit menjadi tempat isolasi bagi para penderita kusta, tapi sejak tahun 1790 sudah tidak ada lagi pasien kusta yang dikirim ke pulau ini. Pulau Bidadari masih menyisakan reruntuhan Benteng Martello (Benteng Bundar), benteng Belanda yang dibangun pada tahun 1850 sebagai benteng pertahanan dan menara pengawas.

Pulau Tidung yang menyimpan kisah tentang raja yang terbuang

Tempat Wisata Populer di Kepulauan Seribu
Pulau Tidung (Foto : pulautidungpaket.com)

Pulau Tidung merupakan pulau yang menyimpan kisah tentang raja yang terbuang. Pandita- Raja ke-13 dari Kerajaan Tidung di Kalimantan Timur, yang dibuang ke Pulau ini pada abad ke 19 setelah melakukan perlawanan terhadap Belanda bersama istri dan pengawalnya.

Pilihan Editor

Beragam mitos seputar cinta mereka ikut meramaikan keberadaan Jembatan Cinta yang menjadi ikon wisata Pulau Tidung. Jembatan ini membentang sepanjang 1 kilometer, menghubungkan wilayah barat Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil. Saat matahari terbit, spot ini menjadi tempat favorit para pengunjung, karena arus yang tenang dan air yang jernih, serta dikelilingi oleh hutan mangrove. Lokasi ini sangat pas untuk spot berenang dan snorkeling.

Pulau Pramuka, pulau untuk berkemah dan mengadakan acara kepramukaan

Tempat Wisata Populer di Kepulauan Seribu
Pulau Pramuka (Foto : 3.bp.blogspot.com)

Sebelumnya Pulau Pramuka, pulai ini disebut dengan Pulau Elang karena banyak burung elang di pulau ini. Banyaknya burung elang menjadi daya tarik pengunjung untuk berkemah. Begitu populernya pulau ini sampai tokoh pramuka dunia berkemah dan mengadakan acara kepramukaan di Pulau Elang.

Setelah itu, banyak para pramuka berdatangan yang membuat pemerintah setempat mengganti nama pulau ini menjadi Pulau Pramuka. Pulau ini juga sebagai tempat administrasi dan pemerintahan, tempat penangkaran dan pelestarian penyu sisik, serta lokasi snorkeling yang indah.

Pulau Edam, pulau tak berpenghuni yang pernah menjadi tempat pembuangan Ratu Syarifah Fatimah

Tempat Wisata Populer di Kepulauan Seribu
Pulau Edam (Foto : triptrus.com)

Pulau ini dikenal sebagai Pulau Damar Besar karena banyaknya pohon damar yang tumbuh di pulau ini. Di pulau ini terdapat mercusuar Vast Licht setinggi 65 meter yang dibangun pada tahun 1879 atas izin Z.M Willem II. Pulau ini tak berpenghuni dan menjadi tempat pembuangan Wali-Sultan Ratu Syarifah Fatimah, putri Sayid Ahmad dari Banten. Fatimah dikenal sebagai perempuan terdidik, pintar dan mudah bergaul dengan para pejabat tinggi.

Pulau Semak Daun, tempat berkemah yang suasananya tidak kalah dengan pegunungan

Tempat Wisata Populer di Kepulauan Seribu
Pulau Semak Daun (Foto : tripadvisor.com)

Pulau seluas tiga hektar ini memberikan pesona pantai dengan hamparan pasir putih nan indah serta gemericik buih ombak yang tenang menggoda. Pulau ini juga sering dijadikan tempat berkemah karena suasananya tidak kalah dengan di pegunungan. Lebih indah lagi memandang sunset di pulau ini. Memiliki tempat snorkeling keren dengan terumbu karang yang masih utuh dan alami, tempat ini pun masih bersih belum tercemar limbah, beragam jenis ikan dapat terlihat jelas.

Pulau Ayer, terkenal dengan julukan Mutiara Kepulauan Seribu

Tempat Wisata Populer di Kepulauan Seribu
Pulau Ayer (Foto : travelwisatapulauseribu.com)

Julukan pulau ini adalah Mutiara Kepulauan Seribu. Pulau ini terletak sekitar 14 km dari Marina Ancol. Terdapat cottage yang berada di atas laut dengan gaya etnik Papua yang sangat keren. Sisi-sisi pantai yang indah, membuat Anda seperti sedang berlibur di Raja Ampat.

Pulau Ayer mulai dikunjungi sejak tahun 1950. Proklamator kita, Bung Karno sering menjadikan pulau ini sebagai tempat untuk beristirahat. Di pulau ini kamu juga bisa menemui biawak yang hidup secara bebas.

Pulau Panggang, tempat persinggahan para bajak laut zaman dahulu

Tempat Wisata Populer di Kepulauan Seribu
Pulau Panggang (Foto : jalan2.com)

Ada mitos yang masih dipercaya hingga saat ini tentang Pulau Panggang, dimana masyarakat asli bisa hanya berputar-putar saja di tempat itu ketika dalam kondisi marah. Aneh bukan?
Asal-usul nama Pulau Panggang sendiri tak lepas dari mitos seputar bajak laut. Ratusan tahun silam, Pulau Panggang adalah tempat persinggahan para bajak laut. Pulau Panggang diambil dari nama pemanggang, dan  sekarang menjadi pulau terpadat penduduknya dalam gugusan Kepulauan Seribu.

Pulau Karya, pulau bekas kuburan China

Tempat Wisata Populer di Kepulauan Seribu
Pulau Karya (Foto : indonesiakaya.com)

Konon sebelumnya pulau ini disebut sebagai Pulau Kuburan China, karena dahulu banyak warga etnis Tionghoa yang melarikan diri dari kerja paksa Ratu Elizabeth. Sebab tidak punya obat, jadi banyak yang meninggal dan dikuburkan di pulau ini. Berkunjung ke pulau ini akan disajikan pemandangan yang asri dan pasir putih juga terumbu karang yang indah. Selain itu, tempat ini menjadi pusat perkantoran dan instansi pemerintahan.

Pulau Pari, pulau yang menjadi tempat budidaya rumput laut

Tempat Wisata Populer di Kepulauan Seribu
Pulau Pari (Foto : tourpulaupari.com)

Terdapat tiga objek andalan pulau yaitu Pantai Perawan, Dermaga Bukit Matahari, dan Pantai Pasir Kresek. Di pulau ini juga menjadi tempat budidaya rumput laut. Pengunjung juga dapat berwisata keliling pulau dengan menyewa sepeda dan menjelajah perairan tepi dengan sampan atau kapal cepat.

Pulau Onrust, pulau dengan banyak peninggalan arkeolog masa kolonial Belanda

Tempat Wisata Populer di Kepulauan Seribu
Pulau Onrust (Foto : madventurett.wordpress.com)

Pulau Onrust adalah pulau dengan banyak peninggalan arkeolog masa kolonial Belanda. Disana kamu bakalan menemukan reruntuhan sisa bangunan benteng Vereenigde Oostindische Compagnie yang berlumut. Makam keramat, reruntuhan gedung, dan pohon-pohon tua yang rindang menjadi saksi tiga kali peralihan fungsi pulau ”sibuk” di utara Jakarta ini. Terdapat juga Tugu bercat coklat dengan kepala berbentuk kincir angin khas Belanda yakni museum Pulau Onrust.

Pulau Harapan, pulau yang terkenal dengan terumbu karangnya yang indah

Tempat Wisata Populer di Kepulauan Seribu
Pulau Harapan (Foto : pikavia.com)

Seperti namanya, yang akan kamu dapatkan dari pulau ini sesuai dengan harapan.  Di pulau ini, ada sebuah jembatan yang bisa kamu gunakan untuk duduk santai sambil menggelantungkan kaki, melihat pemandangan laut nan biru dan menyejukkan mata, serta menyaksikan keindahan panorama bawah laut. Pulau Harapan terkenal dengan terumbu karangnya yang indah.

Pulau Putri, pulau yang terkenal akan keindahan sunset-nya

Tempat Wisata Populer di Kepulauan Seribu
Pulau Putri (Foto : pulauputritour.com)

Salah satu pulau yang memiliki pemandangan laut yang indah di Taman Nasional Laut Pulau Seribu. Di pulau ini terdapat banyak cottage untuk tempat peristitahatan serta bisa melihat pemandangan sunset yang begitu cantik dengan menggunakan perahu. Sunset di pulau ini biaya disebut masyarakat sekitar dengan nama “Sunset Cruise”.

Masih banyak lagi destinasi wisata di Kepulauan Seribu yang tak kalah indahnya. Tak akan rugi bila dikunjungi satu persatu. Happy Traveling Guys :v