Hi, Takaiters!

Setelah berbulan-bulan WFH pastinya ada keinginan untuk liburan, jalan-jalan atau sekadar refreshing di new normal ini. Keinginan untuk refreshing menjadi hal yang perlu pertimbangan lebih lanjut lagi karena budget yang tak mencukupi.

Madiun bukan hanya terkenal dengan sebutan kota gadis dan juga makanan khasnya, yaitu brem dan nasi pecel. Tapi, juga memiliki berbagai macam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi loh, Guys.

Nah, untuk kamu yang ingin liburan, tapi budget tak mencukupi. Ingin refreshing tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis. Berikut 3 tempat wisata gratis di Madiun yang bisa dijadikan tempat refreshing setelah pandemi.

  • Waduk Notopuro

Waduk notopuro
Foto: madiun.info

Tempat wisata gratis di Madiun yang bisa kamu kunjungi adalah Waduk Notopuro terletak di Dusun Notopuro, Desa Duren, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. Destinasi ini sebenarnya adalah waduk tadah hujan yang menampung air dari resapan-resapan sekitar gunung Pandan yang digunakan untuk saluran irigasi dan budidaya ikan oleh warga setempat. Namun, waduk Notopuro sekarang menjadi salah satu tempat wisata di Madiun loh, Guys.

Untuk masuk ke area waduk Notopuro kamu tidak dikenai biaya sepeser pun alias gratis. Di sana kamu bukan hanya bisa refreshing atau berfoto ria bersama teman atau keluarga. Tapi kamu juga bisa memancing ikan bersama teman atau pengunjung lain di sana. Sambil memancing bisa cari kenalan loh, Guys. Mantap, kan?

Dan kamu tidak perlu khawatir untuk mencari tempat makan saat tiba-tiba terserang lapar ketika sedang menikmati pemandangan waduk karena di waduk Notopurno sudah terdapat rumah makan. Bahkan, ada tempat pemancingan, rest area dan juga tempat ibadah. Jadi, kamu tidak perlu khawatir ketinggalan shalat lima waktu saat sedang refreshing ya, Guys.

  • Waduk Kedungbrubus

Waduk Kedungbrubus
Foto: ihategreenjello.com

Destinasi selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Waduk Kedungbrubus yang terletak di Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. Waduk yang berfungsi membendung aliran sungai Kedungbrubus yang memiliki debit air melimpah di musim penghujan ini, juga berbatasan langsung dengan wilayah kabupaten Bojonegoro.

Selain biaya masuknya yang gratis, di waduk Kedungbrubus juga terdapat rumah makan dan mushala. Tapi alangkah baiknya kamu datang di hari biasa karena di hari libur tempat ini akan ramai oleh pengunjung.

  • Waduk Dawuhan

Waduk Dawuhan
Foto: jejakpiknik.com

Jangan ketinggalan juga untuk mengunjungi Waduk Dawuhan yang terletak di Desa Sidomulyo Kecamatan Wonoasri. Selain digunakan untuk irigasi lahan sawah yang berada di 9 desa dan 3 kecamatan, waduk Dawuhan juga dijadikan sebagai tempat wisata.

Untuk biaya masuknya gratis dan di sana juga terdapat fasilitas pelengkap, seperti tempat parkir, rumah makan, dan mushala. Bukan itu saja, di sana juga terdapat minimarket yang letaknya pun tak jauh dari kawasan aduk Dawuhan.

Nah, itulah 4 tempat wisata gratis di Madiun yang dapat kamu kunjungi setelah pandemi nanti. Gimana penasaran, kan? Mari ajak teman atau keluargamu, Takaiters!