Halo Takaiters!

Bingung pas tanggal tua, karena selalu kehabisan uang? Yuk, ubah kebiasaanmu dan lakukan 3 hal di bawah ini!

Atur Keuanganmu dengan Bijak

Foto: gobig.lv

Tanggal tua seringkali menjadi beban untuk sebagian orang, karena biasanya uang selalu tiris di akhir bulan. Maka dari itu, ada baiknya kamu mempersiapkan rencana keuanganmu terlebih dahulu sebelum gajian tiba. Karena bisa jadi jika tidak dipersiapkan, pengeluaranmu akan lebih besar daripada penghasilan yang kamu dapatkan. Bingung bagaimana cara merencanakannya? Yuk, simak beberapa hal di bawah ini:

  • Buatlah rincian barang-barang yang ingin dibeli, lengkap dengan perkiraan jumlah dan harganya. Ingat! Hindari membeli barang-barang yang tidak diperlukan walau lagi ada diskon yang menggiurkan.
  • Buatlah perkiraan budget untuk refreshing. Kerja terus tanpa hangout bareng teman? Yakin bisa? Jalan-jalan yang dimaksud tentu bukan setiap hari juga, melainkan cukup beberapa kali untuk melepas penat. Disesuaikan saja dengan kondisimu saat ini. Ingat! Jalan-jalannya sewajarnya saja, tetap harus bisa mengontrol keuangan, ya.
  • Buatlah perkiraan budget untuk makan, minum, dan ongkos sehari-hari. Dengan begitu, di akhir bulan pun kamu tetap masih megang uang, bukan?
  • Niat dan usahakan untuk menabung. Persiapkan dana untuk keadaan mendesak. Sisihkan uangmu yang bisa digunakan untuk jaga-jaga jika ada keperluan mendesak.
  • Jangan lupa memberi dan berbagi.

Nah, setelah membaca hal-hal di atas, yuk, hitung dan rencanakan keuanganmu dengan baik. Siapa tahu ada perubahan nantinya! Eh, tapi kalau tak ada perubahan pun, tenang saja, masih ada cara yang kedua, lho.

Teguhkan Diri dan Jangan Mudah Tergiur

Foto: shoppingtoday.com

Kamu sudah menghitung dan membuat perencanaan dengan matang? Namun, tetap saja kehabisan uang saat tanggal tua? Jangan-jangan kamu masih kesulitan dalam menerapkannya, ya?

Pilihan Editor


Memang benar, terkadang, beberapa hal yang tidak masuk ke dalam rencana pengeluaranmu  akan muncul bergantian. Namun, tetap saja, kamu harus menguatkan dirimu untuk tetap mewujudkan rencana yang sudah dibuat. Bagaimana caranya? Yuk, coba beberapa hal di bawah ini:

  • Tahan diri dari diskon yang menggila. Mengapa harus menahan diri? Karena biasanya ketika kita tahu ada diskon yang menggila, kita seringkali terbiasa untuk membelinya dengan alasan bisa jadi dipakai suatu saat nanti. Padahal, pada kenyataannya dalam waktu lama pun barang itu tetap tidak terpakai. Nah, bukankah akan lebih baik jika uangnya di alokasikan pada hal-hal yang benar-benar kita perlukan? Lain halnya jika kamu benar-benar sudah menjadi konglomerat, hehe … atau jika barang itu bisa jadi diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari.

Intinya, kamu harus bisa menahan diri, jangan sampai membeli barang yang tidak diperlukan hanya karena murah meriah. Pikirkan dan pikirkan lagi sebelum membeli, ingat keuanganmu.

  • Tahan mata untuk tidak terlalu sering melihat barang-barang yang bisa menggoda kita untuk membelinya namun tidak termasuk dalam rencana pengeluaran.
  • Berani menolak ajakan teman untuk jalan-jalan yang banyak menghabiskan uang, kecuali jika sudah direncanakan dari lama atau kalau situasinya tidak memungkinkan untuk menolaknya. Misal, temanmu lagi sedih karena baru saja ditolak judul skripsinya. Lalu, dia ingin mengajakmu jalan ke mana gitu untuk refreshing. Nah, kalau kayak gitu, kamu boleh saja menerima ajakannya. Asalkan tetap ingat keuanganmu sendiri, ya. Jangan sampai melampaui kesanggupanmu, ya.

Sudah menahan diri, menahan mata, dan mewujudkan rencana keuangan yang telah dibuat? Namun, tetap saja kehabisan uang di akhir bulan karena ada keperluan mendadak yang jumlahnya melebihi perkiraan? Tenang! Kamu masih bisa mencoba cara yang ketiga.

Mencari Penghasilan Tambahan

Foto: pexels.com

Tambah penghasilanmu dengan cari pekerjaan sampingan atau membuka usaha kecil-kecilan. Yang paling penting, itu semua tidak menganggu pekerjaan utamamu. Jangan sampai kamu jadi sakit karena melawan kesanggupan dirimu sendiri. Ingat! Yang benar-benar tahu tentang dirimu, adalah dirimu sendiri. Bukan orang lain.

Kamu bisa mencoba menjadi driver ojek online, jadi reseller atau dropship, menjual camilan dan masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan.

Semoga bermanfaat, ya!