Hai, Takaiters!

Mendengar kata Taman Sari, pastinya kamu membayangkan sebuah taman yang indah penuh dengan bunga-bunga dan ornamen-ornamen bangunan yang cantik dan unik. Yups, apa yang kamu bayangkan memang benar, Taman Sari adalah salah satu landmark wisata di Yogakarta yang sangat indah.

Bangunannya yang bergaya arsitektur Portugis-Jawa merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Bahkan hingga sekarang ini Taman Sari merupakan spot wisata yang banyak diburu para wisatawan pecinta sejarah juga penggila fotografi.

Kenapa? Karena disini banyak sekali informasi sejarah yang dapat digali dan juga sebagai salah satu spot menarik untuk diabadikan dalam jepretan kamera. Makin penasaran untuk datang kan, Guys? Yuk, cap cus kesana?

Lokasi Taman Sari

taman sari yogyakarta tiket masuk
Foto: idetrips.com

Taman Sari berada di komplek perumahan warga tepatnya jalan Tamanan, Patehan Keraton, Yogyakarta. Untuk menuju kesana, bisa melewati dua rute. Rute pertama melewati Keraton Yogyakarta yaitu dari alun-alun utara keraton menuju jalan Ngasem lurus hingga sampai pasar Ngasem. Kemudian belok ke kiri menuju jalan Tamanan kurang lebih 100 m menuju lokasi.

Sedangkan rute kedua yaitu dari alun-alun selatan menuju ke barat hingga jalan Patehan Lor. Disitu akan menemukan jalan Taman, terus masuk hingga terlihat gerbang Taman Sari Yogyakarta.

Fasilitas dan Tiket Masuk Taman Sari

taman sari yogyakarta tiket
Foto: nativeindonesia.com

Seperti pada umumnya tempat wisata, di sini juga disediakan fasilitas untuk pengunjung seperti toilet, tempat parkir, tempat ibadah, toko cinderamata dan juga pemandu wisata. Sedangkan tempat makan pengunjung tidak perlu khawatir karena lokasinya yang dikota dan tengah perumahan warga maka akan dengan mudah menemukan tempat makan.

Untuk tiket masuknya cukup murah hanya Rp.5.000,00 bagi wisatawan lokal dan Rp.7.000,00 untuk wisatawan asing. Bagi pengunjung yang menggunakan jasa pemandu wisata maka dikenakan biaya pemandu sebesar Rp.25.000,00.

Spot Unik Yang Dimiliki Taman Sari

taman sari yogyakarta entrance fee
Foto: reddoorz.com

Taman Sari dikenal juga dengan nama pemandian putri karena disini dulunya adalah taman tempat pemandian para keluarga sultan. Meskipun Taman Sari tidak semegah dan seindah pada jamannya, yaitu semasa masih difungsikan oleh keluarga Sultan, namun tempat ini masih memiliki aura keindahan yang luar biasa. Bangunan-banguna yang ada di sini seperti:

  1. Kolam Taman Sari

Kolam Taman Sari adalah spot pertama yang dijumpai setelah memasuki gerbang utama Taman Sari. Di sini ada tiga kolam dengan nama dan fungsinya yang berbeda. Dua kolam berada dibalik gerbang utama dengan nama Umbul Kawitan dan Umbul Pamuncar.

Umbul Kawitan adalah kolam yang digunakan untuk para putri sedangkan Umbul Pamuncar adalah kolam yang digunakan untuk selir-selir raja. Satu kolam lagi berada di dalam bangunan Gedung Kenongo yaitu Umbul Panguras kolam yang digunakan untuk raja.

  1. Gapura Panggung

Gapura Panggung adalah gapura yang digunakan raja dan keluarganya menikmati keindahan dan kemegahan Taman Sari. Taman Sari yang duluna dikelilingi danau buatan dan hampaan taman yang dipenuhi dengan bunga-bunga yang cantik.

Disini juga raja dan keluarganya biasanya menikmati pertunjukkan tari yang digelar dengan diiringi musik tradisional. Gapura Panggung hanya boleh dimasuki oleh raja dan keluarganya hal ini bisa terlihat dari sebuah periuk peninggalan keluarga raja yang dulunya digunakan oleh istri raja sebagai cermin dan juga ada lemari yang digunakan untuk menyimpan pakaian raja.

  1. Gapura Agung

Keluar dari area kolam, maka akan terlihat sebuah gapura yang sangat megah dan indah dengan bangunannya yang kokoh dan berornamen sayap burung dan bunga-bunga. Dulunya gapura ini digunakan sebagai tempat transit kereta kencana kesultanan.

  1. Gedung Kenongo

Merupakan bangunan tertinggi yang ada di Taman Sari. Bangunan ini difungsikan sebagai tempat jamuan makan kerajaan. Karena bangunannya yang sangat tinggi maka disini dimanfaatkan juga oleh keluarga raja sebagai tempat menikmati keindahan sunset kota Yogyakarta dan juga bisa digunakan untuk menikmati keindahan seluruh kawasan Taman Sari.

  1. Sumur Gumiling

Keluar dari Gapura Agung pengunjung akan melewati pemukiman warga untuk menuju ke lokasi Sumur Gumiling. Sumur Gumiling ini bukanlah sebuah sumur pada umumnya yang digunakan untuk mengambil air. Namun sebuah masjid di bawah tanah yang sekaligus dijadikan sebagai bunker perlindungan bagi keluarga sultan jika terjadi hal yang membahayakan.

Arsitektur masjid bawah tanah ini sangat indah dengan detail yang benar-benar dipikirkan secara matang. Masjid ini dibangun menjadi dua tingkat melingkar hingga 360 derajat dimana dibagian tengahnya berlubang sehingga terlihat sangat artistik.

Tujuan dibuat seperti ini agar ketika sholat suara imam akan terdengar sampai kesegala penjuru ruangan.

Di dalam bangunan masjid ini akan ditemui sebuah sumur yang dikelilingi oleh lima buah anak tangga yang memiliki makna rukun islamyang berjumlah lima.

Hal unik dari bangunan ini adalah tembok masjid yang terbuat dari batubata dengan ketebalan kurang lebih 1,25 meter hanya direkatkan dengan putuh telur saja.

Takaiters, masih banyak keindahan dan sejarah Taman Sari yang haruskamu tahu lebih dalam, So, kamu bisa datang langsung kesini. Disini kamu juga bisa memuaskan hobi kamu berfoto ria.

Lokasinya yang keren akan menghasilkan gambar yang jauh lebih keren. Buruan agendakan liburan kamu kesana?