Halo, Takaiters!

Momen Lebaran yang penuh dengan makanan yang tinggi gula dan juga lemak membuat pola makan tidak teratur dan berlebihan. Keinginan makan yang berlebih setelah puasa sebulan lamanya dijadikan sebagai ajang “balas dendam” dengan memakan sajian yang terhidang secara berlebihan. Selain mengganggu pola makan, hal ini juga bisa meningkatkan kadar kolesterol. Untuk menormalkan kembali jumlah kolesterol dalam tubuh, cobalah untuk konsumsi makanan di bawah ini!

Teh Hitam

Foto: eventkampus.com

Menurut penelitian United States Department of Agriculture (USDA), konsumsi teh hitam selama tiga pekan bisa mengurangi kandungan lipid hingga 10 persen. Teh kaya akan antioksidan penangkal kanker dan juga dapat menjaga tubuh dari risiko kenaikan kolesterol jahat.

Yoghurt

Foto: halodoc.com

Mengonsumsi dua dosis probiotik dalam sehari ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, kadar kolesterol baik dalam tubuh juga akan meningkat.

Oatmeal

Foto: pexels.com

Serat larut dalam oatmeal yang sangat tinggi membuatnya mudah dicerna dan juga dapat menyerap kolesterol jahat. Sebuah penelitian membuktikan jika kolesterol jahat bisa turun hingga 5,3 persen dengan konsumsi oat rutin selama enam pekan.

Okra

Foto: liputan6.com

Senyawa flavonoid kuersetin yang terkandung dalam okra berfungsi sebagai antioksidan dan mampu menurunkan kadar kolesterol. Cara mengonsumsinya yakni dengan merendam 50 gram okra yang telah dipotong kecil kedalam 50 miligram air (suhu ruang) selama satu jam dan meminum air rendamannya setelah air berubah menjadi agak berlendir.

Alpukat

Foto: pexels.com

Alpukat merupakan sumber terbaik lemak tak jenuh. Selain menyehatkan jantung, jenis lemak ini dapat meningkatkan kolesterol baik dan menekan kolesterol jahat karena adanya kandungan beta-sitosterol.

Cokelat

Foto: pexels.com

Penelitian American Journal of Clinical Nutrition (AJCN) membuktikan bahwa konsumsi bubuk cokelat selama 12 pekan mengalami peningkatan kadar kolesterol baik hingga 24 persen. Pilihan terbaik untuk dikonsumsi yakni dark choho pahit minim gula.

Bayam

Foto: pexels.com

Lutein yang terkandung dalam bayam berfungsi mencegah penyumbatan di dinding arteri serta mengontrol kadar kolesterol. Risiko kolesterol dan penyakit jantung bisa berkurang dengan kamu konsumsi daun bayam secara teratur.

Jika kamu merasa sudah mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak selama Lebaran, ada baiknya kamu mencoba makanan di atas untuk menormalkan kembali kadar kolesterol dalam tubuh. Selamat mencoba!