Hai, Takaiters!

Enggak terasa satu minggu sudah kita menjalankan ibadah puasa. Dalam satu minggu ini pernah enggak, sih, ketika ingin sahur kamu bangun menjelang adzan? Sementara kamu belum memasak untuk makan sahur.

Saat hendak menjalankan ibadah puasa, makan sahur adalah hal yang tak boleh dilewatkan. Salah satu manfaatnya tentu supaya energi tercukupi untuk menjalankan aktivitas seharian.

Namun, terkadang, karena satu dan lain hal, kita bangun kesiangan. Oleh karena itu, ada baiknya, nih, Takaiters, kamu siapkan lauk untuk sahur pada malam harinya. Sehingga ketika kamu bangun sudah menjelang waktu  imsak dan adzan subuh, kamu tak perlu khawatir lagi.

Nah, berikut ini adalah beberapa lauk yang bisa bertahan lama yang bisa kamu sediakan untuk persiapan sahur kamu.

1. Orek Tempe

Foto: pekanbaru.tribunnews.com

Orek tempe adalah makanan yang sangat populer di masyarakat.  Ada dua jenis orek tempe yaitu orek basah dan orek kering. Jika ingin disimpan lebih lama, pilihlah orek kering karena lebih awet. Umumnya makanan ini dapat dijumpai pada menu rumahan, warteg, dan warung makan lainnya. Cara membuatnya pun cukup mudah. Iris tempe kecil-kecil, lalu goreng sampai kering dan sisihkan. Tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan cabe. Tambahkan garam, gula, kecap manis dan kaldu bubuk. Lalu masukkan tempe, dan aduk merata. Setelah dingin, simpan dalam wadah kedap udara.

2. Kering Teri Kacang

Foto: cookpad.com

Rasa asinnya teri dipadukan gurihnya kacang membuat lauk ini cocok dijadikan pendamping nasi di berbagai suasana. Kamu bisa memilih jenis teri sesuai selera. Bisa teri Medan, teri jengki atau teri nasi. Cara membuatnya tak kalah mudah. Goreng teri dan kacang tanah, lalu sisihkan kemudian haluskan bawang merah, bawang putih, cabe keriting dan cabe rawit, lalu tumis tambahkan sedikit garam serta kaldu, kemudian diamkan sampai dingin. Setelah dingin, aduk rata teri, kacang dan bumbu tumis tadi. Kemudian disimpan dalam wadah kedap udara.

3. Kentang Mustafa

Foto: kumparan.com

Mustafa adalah kentang yang dipotong korek api lalu digoreng kering. Bumbu yang digunakan, sama dengan kering teri kacang. Lauk ini juga harus disimpan dalam wadah yang kedap udara supaya tahan lama.

4. Rendang Kering

Foto: memasaku.blogspot.com

Rendang pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia. Umumnya, rendang hanya mampu bertahan dua sampai tiga hari saja. Namun berbeda dengan rendang kering ini, karena mampu bertahan hingga berbulan-bulan. Bagi kamu yang tidak sempat membuatnya, bisa membelinya di toko online.

5. Abon

Foto: fimela.com

Abon adalah makanan yang berasal dari serat daging, dan berwarna kecoklatan. Daging yang digunakan biasanya daging sapi, daging ayam, dan juga ikan. Lauk ini praktis, bergizi, dan daya tahannya pun cukup lama.

6. Ayam Ungkep

lifestyle.sindonews.com

Ayam ungkep juga bisa dijadikan pilihan praktis. Kamu bisa masak dalam jumlah banyak, lalu disimpan dan digoreng sesuai kebutuhan. Namun, ayam ungkep harus disimpan di kulkas jika akan dimasak dalam waktu yang lama.

7. Tempe dan Tahu Bacem

Foto: masakapahariini.com

Daya tahan tempe dan tahu bacem hampir sama dengan ayam ungkep. Tidak terlalu tahan lama dan juga sebaiknya disimpan dalam kulkas untuk menghindari tumbuhnya jamur dan bakteri. Ambil dan goreng seperlunya jika dibutuhkan.

Nah, bagaimana Takaiters? Sudah tidak panik lagi kan sekarang? Meskipun bangun kesiangan dan tidak sempat masak untuk makan sahur? Kamu tinggal pilih lauk mana yang akan disediakan untuk persediaan selama bulan Ramadan.