Hai Takaiters!

PS 5 tengah menjadi barang baru yang diidamkan oleh banyak orang. Tidak hanya kaum Adam, namun juga oleh kaum Hawa. Tidak saja karena desain yang unik, namun juga karena teknologi penyerta yang ada padanya. Bahkan, Saking uniknya desain PS5 sampai dijadikan meme oleh banyak orang.

Namun, tahukah Takaiters teknologi dan piranti apa saja yang membedakan PS4 dan PS5? Jika belum, yuk simak perbedaanya di bawah ini seperti yang telah Takaitu.id rangkum dari berbagai sumber.

1. PS 5 memiliki grafik yang lebih bagus dari PS 4

perbedaan ps 4 dan ps 5
Foto: carijawaban.id

Pada PS4, CU yang tersemat padanya sebesar 18 CU dan mampu bisa beroperasi pada 800MHZ dengan clock 1,84 TFLOPS. Dengan spesifikasi tersebut, PS4 dapat menangani 1,84 triliun operasi floating-point per second (fps).

Sedangkan PS5 memiliki 10.3 TFLOP serta CU sebesar 36 CU dan kecepatan clock yang tinggi.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan grafis PS5 secara umum jauh lebih bagus dari PS4. GPU PS5 punya lebih banyak core, sehingga membuat konsol lebih cepat dan efisien.

2. Resolusi

Membedakan ps4 dan ps5
Foto: urbandigital.id

Seperti dikutip dari urbandigital.id, Kamis (19/11/2020), PS5 memiliki resolusi sebesar 4K pada 120Hz dan 8K. Sebaliknya, PS4 hanya mampu mendukung 1080p. Ditambah lagi, PS4 juga sering mengurangi resolusi game sesuai konsumsi daya.

3. Penyimpanan

Dalam segi penyimpanan, PS5 memiliki kapasitas yang lebih besar dibanding PS 4 dimana PS5 memiliki kapasitas 825GB sedangkan PS4 punya kapasitas penyimpanan 500GB.

Kinerja konsol yang kini tersemat pada PS 5 lebih mumpuni. PS5 memakai SSD khusus dengan bandwidth 5.5GB/s. Selain itu, PS5 telah memakai SSD dengan pengontrol baru. Pengontrol tersebut juga mendukung dekompresi ZLIB dan Oodle Kraken.

Algoritma yang ada pada PS 5 juga bisa mengkompres file yang lebih kecil dari ZLIB. Proses kompresi file juga bakal berjalan lebih cepat. Sehingga, pembacaan data dan kompresi file di PS5 jauh lebih cepat dibanding PS4.

Hanya saja, meski telah mumpuni, PS5 pun memiliki kendala pada penyimpanan luarnya. Selain itu, PS 5 juga tidak dapat menggunakan HDD seperti PS4.

4. Game

Foto: greenscene.co.id

Nah, setelah sebelumnya perbedaan yang muncul condong pada spesifikasi baru yang tersemat pada PS 5. Kini, perbedaan tersebut ada pada PS 4 dimana jumlah game yang dimiliki PS4 lebih banyak dari PS5. Namun, banyak sumber mengatakan bahwa hal tersebut wajar karena PS5 baru saja diumumkan, sehingga game yang mengisi PS5 juga masih sedikit.

Terakhir, sebagai kabar baik bagi Takaiters pecinta PS, Sony mengatakan bahwa 4.000+ judul game di PS4 tetap bakal bisa dimainkan di PS5.

Itulah yang membedakan PS4 dan PS5 yang bisa dijadikan bahan pertimbangan jika kamu ingin membeli atau menggunakannya Takaiters!