Hai, Takaiters!

Depresi adalah kondisi umum yang dihadapi setiap orang. Biasanya, ini ditandai dengan perasaan sedih, gangguan suasana hati (Mood), dan rasa cemas yang berkepanjangan. Seseorang dinyatakan depresi jika ia mengalami depresi selama 2 minggu dan merasa tak dapat menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Oleh karena itu, agar Takaiters tidak mengalami depresi yang berkepanjangan dan berlarut-larut, lakukanlah 3 tips mengatasi depresi ini, Takaiters!

1. Meditasi

tips mengatasi depresi
Foto: pexels.com

Apakah ampuh dalam mengatasi depresi? Setidaknya dengan meditasi dapat membuat depresi lebih mudah untuk diatasi.

Bagaimana meditasi mengatasi depresi?

Hal yang sangat dibutuhkan ketika seseorang menghadapi masalah adalah ketenangan hati dan jiwa. Dengan meditasi kamu mampu mengelola depresi dengan lebih efektif, mengubah respon pemikiran negatif.

Sejumlah hasil penelitian mengatakan terapi kognitif berbasis kesadaran dan pendekatan psikoterapi yang menggabungkan praktik meditasi dapat menurunkan kemungkinan depresi kambuh.

Secara umum, ada beberapa jenis meditasi yang bisa kamu praktekkan, Takaiters!

a. Loving Kidness Meditation: Meditasi ini berfokus pada penciptaan sikap cinta dan kebaikan terhadap diri sendiri dan orang lain.

b. Mindfulness Based Cognitive Theraphy: Metode terapi ini paling banyak digunakan untuk mengatasi depresi dan masalah kesehatan mental lainnya. Meditasi ini berfokus pada pola pikir dan perilaku yang merusak diri.

c. Breath Awareness Meditation: Meditasi ini menggunakan objek pernapasan sebagai fokus untuk membantu pelatihan pikiran. Misalnya menghirup dan menghebuskan nafas agar menghasilkan suasana hati yang positif. Dengan melakukannya selama 15 menit per hari maka kamu mendapatkan manfaat yang besar.

Bahkan, di dalam agama terdapat sejumlah meditasi yang dapat kamu lakukan. Misalnya, dalam ajaran agama Islam. Melaksanakan sholat, berdo’a, membaca kitab suci Al-Qur’an merupakan meditasi bagi orang islam.

Lakukanlah meditasi ini dengan rutin dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin kamu akan lebih mudah mengelola dan menghapus pikiran-pikiran yang negatif.

2. Curhat

tips mengatasi depresi berat
Foto: unspalsh.com

Dalam kehidupan sosial tentunya kamu memiliki teman yang menjadi tempat berbagi cerita. ketika suasana hati kamu berantakan, jangan berlarut-larut dalam kesedihan. Hal ini justru membuat kamu semakin depresi. Cara mengatasinya kamu bisa berbagi cerita dengan keluarga, maupun teman dekat.

Dengan begitu keluarga atau teman dekatmu dapat membantu, atau menghiburmu. Luapkan semua masalah yang kamu hadapi sehingga dengan berbagi dapat membuat hatimu menjadi lega.

3. Berusaha Berpikir Positif

tips mengatasi stres dan depresi
Foto: fimela.com

Berpikir positif adalah cara yang logis dalam memandang masalah yang kita hadapi, untuk diri sendiri, orang lain, maupun lingkungan sekitar. Sehingga kita tidak mudah putus asa dan dapat berfikir jernih dalam mengatasi setiap masalah.

Depresi identik dengan persepsi seseorang dalam memahami sesuatu. Begitu pula dengan cara mereka dalam menyelesaikan masalah. Dalam kehidupan tentunya kita tidak akan terlepas dari masalah yang kita hadapi. Maka dari itu bukan bagaimana kita menghindari masalah tapi mampu bahagia dan memiliki jiwa yang tenang di semua masalah yang ada.

Hal terakhir yang menjadi kesimpulan adalah senantiasa memiliki pribadi yang terbuka terhadap orang lain dan lingkungan sekitar, berpikir positif, dan memiliki pola pikir yang baik dalam menghadapi setiap masalah.

Bagaimana, Takaiters? Jika kamu atau teman kamu memiliki masalah maka manfaatkan lah tips mengatasi depresi ini untuk membantunya, ya.