Hai Takaiters!

Dari tahun ke tahun, bisnis e-commerce semakin menjanjikan. Bagaimana tidak, dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi, setiap transaksi bisnis bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

E-Commerce sendiri merupakan transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet, sehingga dapat menghubungkan dengan mudah antara perusahaan, konsumen dan masyarakat.

Untuk mengawali bisnis e-commerce juga, takaiters harus memiliki kiat-kiat khusus sehingga dapat merengkuh kesuksesan. Apa saja kiatnya? Berikut takaitu.id telah merangkum 4 kiat jitu sukses memulai bisnis E-Commerce dari berbagai sumber.

1. Tentukanlah produk yang paling tepat untuk dijual

Hal pertama yang harus takaiters lakukan adalah menentukan produk yang akan dijual. Cobalah untuk melakukan survey pasar terlebih dahulu dan memetakan produk apa saja yang kiranya banyak dibutuhkan.

2. Melakukan riset terhadap kompetitor bisnis

Setelah takaiters menentukan produk apa yang cocok untuk dijual secara daring, maka langkah selanjutnya adalah melakukan riset terhadap kompetitor bisnismu kelak.

Dengan melakukan riset, takaiters bisa tahu strategi apa saja yang dilakukan oleh kompetitor untuk menjalankan bisnis e-commerce selama ini. Lebih lanjut, dengan mengetahui hal tersebut juga takaiters dapat menyusun strategi yang tepat untuk menjalankan bisnis nantinya.

Riset juga akan membantu takaiters dalam mengidentifikasi produk, sehingga nantinya produk yang akan takaiters jua lebih baik dari sang kompetitor.

3. Merencakan pembuatan web dengan maksimal

Sebelum membuat web, ada baiknya takaiters merencanakan dahulu web tersebut. Perencanaan web bisa meliputi hal di bawah ini:

  • Web Hosting yang Digunakan. Pastikan takaiters memilah hosting web terbaik. Bertanyalah pada teman atau mencari di internet hosting web apa kiranya yang memiliki yang performa yang baik. Rekomendasi seperti Sahabat Hosting.
  • Menentukan CMS. Untuk hal ini, takaiters bisa memilih CMS ecommerce  dari WordPress. Selain lebih mudah digunakan, WordPress juga memiliki banyak sekali kelebihan lainya.
  • Model Bisnis Ecommerce. Hal ini berdampak terhadap tampilan web. Misalnya saja takaiters akan membuat website delivery food order, Maka takaiters harus menggunakan tema delivery food agar tampilan website kamu lebih baik. Begitupun juga dengan bisnis lainya, pastikan web tersebut memiliki tema yang serupa dengan model bisnis yang akan dijalankan.

4. Mengelola bisnis dengan maksimal dan profesional

Hal terakhir yang harus takaiters lakukan setelah melakukan langkah 3 tadi adalah mulai mengelola bisnis. Jangan lupa, kelolalah bisnis e-commerce secara maksimal dan profesional.

Lakukan juga langkah perawatan web dengan maksimal seperti melakukan optimasi toko online dengan cara mempercepat loading website, membuat deskripsi produk yang maksimal, hingga membuat halaman produk terbaik.

Selain itu, tambahkan juga customer support seperti livechat di website atau laman FAQ mengenai produk yang dijajakan sehigga pelayanan yang diberikan akan memuaskan pelanggan.

Itulah trik jitu sukses memulai bisnis E-Commerce yang bisa Takaiters lakukan. Yuk, mulai berbisnis.