Hai, Takaiters!

Kalian pasti tahu kan selama ini bunga sakura identik dengan Jepang. Bahkan, Jepang sendiri kerap dijuluki sebagai Negeri Sakura.

Namun, untuk sekadar melihat bunga sakura, kalian tak perlu harus repot-repot pergi ke Jepang, lho. Cukup datang saja ke Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat.

Waktu Yang Tepat Untuk Melihat

Bunga sakura cibodas
Foto: Djoko Subinarto

Di kebun raya yang didirikan oleh Johannes Ellias Teijsmann pada tahun 1852 ini terdapat sebuah taman tematik bernama Sakura Garden alias Taman Sakura Cibodas yang tentu saja, dipenuhi oleh tanaman sakura.

Cuma, kalau kalian ingin menikmati bagaimana eloknya sakura bermekaran, kalian mesti datang di saat yang tepat.

Pasalnya, pohon sakura — yang termasuk ke dalam familia Rosaceae ini — tidak berbunga sepanjang tahun.

Dengan luas sekitar 5.000 meter persegi, Taman Sakura Kebun Raya Cibodas resmi berdiri tanggal 16 April 2007.  Saat taman berdiri, koleksi pohon sakuranya sekitar 300-an pohon.

Biasanya, tanaman sakura di Kebun Raya Cibodas berbunga antara bulan Januari-Februari dan antara bulan Agustus-September. Waktu yang tepat untuk kamu melihat bunga sakura Cibodas.

Di negerinya sendiri, Jepang, sakura hanya berbunga satu kali dalam setahun, yaitu di bulan April, bertepatan dengan dimulainya tahun ajaran baru Jepang.

Kala Menyambut Bunga Sakura Mekar

Taman Sakura Kebun Raya Cibodas
Foto: Djoko Subinarto

Biasanya, tatkala pohon sakura berbunga, daunnya tampak menipis, sementara yang belum berbunga, daunnya utuh dan lebat. Rentang waktu mekar bunga sakura — dari mulai bunga pertama mekar hingga seluruh bunganya layu — adalah sekitar dua pekan.

Tradisi di Jepang, setiap sakura berbunga, orang-orang Jepang akan menyambutnya dengan penuh suka cita. Mereka melakukan aktivitas yang disebut sebagai hanami, yaitu acara berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk menikmati bunga sakura yang bermekaran di taman-taman sembari minum teh dan bernyanyi bersama.

Sakura sendiri terdiri dari ratusan jenis. Di Jepang, pohon sakura yang paling umum adalah jenis Prunus yedoensis. Adapun pohon sakura yang tumbuh menghuni Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas adalah jenis Prunus cerasoides.

Lokasi Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Lokasi bunga sakura cibodas
Foto: Djoko Subinarto

Lokasi Taman Sakura Kebun Raya Cibodas tidak begitu jauh dari pintu masuk. Lokasi persisnya berada di kawasan blok W Kebun Raya Cibodas, di sebuah lembah berumput, tidak jauh dari lokasi air terjun Cibogo.

Sebuah sungai kecil berair jernih, berkelok-kelok dan berbatu-batu membelah Taman Sakura ini. Di sisi kanan dan sisi kiri sungai kecil itu berjejer pohon sakura. Jarak antara satu pohon dan pohon lainnya sekitar lima meter.

Untuk menuju Kebun Raya Cibodas yang berada di ketinggian sekitar 1.400 meter di atas permukaan laut ini tidaklah sulit. Jika kalian dari arah Jakarta, lokasi masuk kawasan Cibodas berada di sebelah kanan Jalan Raya Puncak, Cipanas.

Persisnya, sebelum Pasar Cipanas, ada pertigaan Paregrejen. Dari pertigaan ini, lokasi Kebun Raya Cibodas hanya sekitar 5 kilometer.

Jika tidak membawa kendaraan pribadi, dari pertigaan Paregrejen,  kalian bisa naik angkutan kota (angkot) warna kuning jurusan Rarahan dan berhenti di sekitar arena parkir Kebun Raya Cibodas.

Selain Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas juga mempunyai taman tematik lainnya yaitu Taman Lumut, Taman Rhododendron, Taman Tanaman Obat serta Taman Paku-pakuan dan Taman Mawar.

Nah, bagaimana Takaiters, apakah kalian punya rencana suatu saat nanti untuk melancong ke Kebun Raya Cibodas, penasraan dengan bunga sakura Cibodas? Sekaligus mengintip sakura mekar di sana?