Hai, Takaiters!

Berbicara mengenai anak sulung, itu terkadang lucu. Tak ada bedanya antara anak sulung dan anak bungsu. Lahir pertama bukan berarti orang tua sudah tak sayang lagi ketika dia memiliki anak lagi.

Namun terkadang anak sulung merasa di beda-bedakan dengan si bungsu. Jelas, orang tua akan lebih memperhatikan adik Anda karena dia masih butuh bimbingan. Berbeda dengan anak sulung yang sudah lebih banyak pengalaman dan di anggap sudah dewasa. Tapi, jangan khawatir banyak keuntungan dari anak sulung berikut penjelasnya.

1. Pemimpin alami

Foto: blogunik.com

Anak pertama adalah anak yang terlahir untuk menjadi pemimpin. Sadar atau tidak anak pertama adalah panutan untuk adik-adiknya. Jiwa kepemimpinan anak pertama muncul karena terbiasa dengan tanggung jawab untuk menjaga dan mengawasi adiknya. Biasanya anak pertama dalam suatu komunitas akan terlihat menonjol jiwa kepemimpinannya.

2. Memiliki sifat baik

Keuntungan anak sulung perempuan
Foto: merdeka.com

Bila kita perhatikan, jarang sekali kita jumpai anak pertama yang nakal. Anak pertama merupakan anak yang memiliki perilaku sopan serta perhatian dibandingkan adiknya.

Bila kita jumpai anak pertama yang nakal itu karena kurangnya perhatian dari orang tuanya. Malah tak jarang kita jumpai ada orang tua yang selalu menyalahkan anak pertama karena kenakalan adiknya.

3. Memiliki sifat perhatian

Keuntungan anak sulung laki-laki
Foto: fyine.com

Karena rasa tanggung jawab kepada adiknya, sehingga munculah sifat perhatian. Dan karena sebab itu, anak pertama bisa memberikan perhatian pula pada orang lain. Selain itu sifat perhatian yang tinggi membuat anak pertama lebih mudah mengerti perasaan orang lain di sekelilingnya.

4. Bertanggung jawab, tapi mudah stres

kelebihan anak sulung
Foto: sarungpreneur.com

Orang tua yang baik adalah orang tua yang mampu memberikan pelajaran pada anak pertama mengenai tanggung jawab. Terkadang tanggung jawab yang dimiliki anak pertama menjadikan dia ingin melakukan setiap tugasnya dengan sempurna, sehingga umumnya rentan setrees.

5. Penyayang

Foto: idntimes.com

Di dalam hidupnya keluarga adalah segalanya dan sosok yang sangat dicintai. Anak pertama memiliki adik dan harus bisa menjadi panutan buat adiknya. Dia juga harus memberi contoh pada adik – adiknya untuk berbakti dan mencintai ayah ibunya. Hal ini yang membuat anak pertama menjadi penyayang serta sulit melupakan orang yang dia sayang.

6. Bijaksana

Foto: takaitu.id

Anak pertama harus bisa memberikan saran yang bijak untuk adiknya. Serta sering kali anak pertama menjadi konsultan bagi adik adiknya. Anak pertama sering sekali menjadi penengah dalam setiap permasalahan.

Itulah keuntungan anak sulung yang akan kamu miliki. Jadi, kamu anak sulung jangan khawatir kamu memiliki banyak sekali kelebihan