Hai, Takaiters!

Apakah kamu mengalami kesulitan tidur akhir-akhir ini? Jika iya, maka tidak ada salahnya mencoba beberapa pose yoga sebelum pergi tidur. Yoga memang telah lama dipercaya sebagai salah satu olahraga yang mempunyai manfaat besar.

Dilansir lifestyle.kompas.com (Jumat, 05/02/2021), merangkum beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa gerakkan yoga menyimpan dampak positif bagi kesehatan manusia. Contohnya, dapat memperlancar sirkulasi darah, menyehatkan jantung, mencegah depresi, mengurangi nyeri, melenturkan tubuh, membuat awet muda, meningkatkan kualitas tidur dan masih banyak lagi.

Kuy, langsung saja simak beberapa jenis gerakkan yoga agar tidur nyenyak, nyaman dan pagimu segar kembali.

1. Cat and Cow’s Pose

Gerakkan Yoga Agar Tidur Nyenyak
Foto: dreamstime.com

Pose yoga yang pertama ini sangat mudah dipraktekkan, Takaiters. Manfaatnya pun beragam, seperti: meregangkan tulang belakang, menguatkan otot perut, mengencangkan bokong, meringankan sakit punggung dan melancarkan sirkulasi darah.

Adapun langkah-langkah dalam gerakkan Cat and Cow adalah pertama-tama, ambillah posisi merangkak. Pastikan kedua tangan lurus dan sejajar di bawah bahu, sedangkan lutut terbuka sejajar pinggul serta ujung jemari kaki menyentuh lantai.

Kemudian, tariklah napas dan tekuk punggungmu seperti sapi. Tahan pose ini selama 10 detik, lalu buang napas dan lengkungkan punggung ke atas layaknya kucing.

Sebenarnya, Cat and Cow tidak hanya baik dilakukan sebelum tidur, melaksanakannya di pagi hari pun tetap membawa dampak positif bagi kesehatan.

2. Child’s Pose

gerakan yoga agar tidur nyenyak
Foto: dreamstime.com

Child’s pose atau pose anak juga tidak kalah simpel untuk dipraktekkan khususnya bagi pemula. Manfaat bila rutin melakukannya antara lain merilekskan tubuh dan pikiran, melenturkan otot-otot, memperbaiki postur dan mengurangi stres.

Cara mempraktikkan child pose yang pertama adalah duduk di atas tumit dengan jarak kedua lutut selebar pinggul. Selanjutnya, baringkan tubuhmu di antara paha–seperti posisi bersujud. Terakhir, ulurkan kedua tangan ke depan, tetap bersikap rileks dan tahan selama 20 detik. Ulangi gerakkan ini 2-3 kali.

3. Menempelkan Kaki ke Dinding

gerakan yoga untuk tidur nyenyak
Foto: yoga213.com.au

Gerakkan ini simpel banget. Kamu cukup berbaring rata dan nyaman di lantai. Kemudian, angkatlah kedua kakimu, lalu tempelkan ke dinding. Pastikan kakimu benar-benar menempel lurus, ya. Tahanlah posisi ini selama 1 menit.

Yoga menempelkan kaki ke dinding berpotensi mencegah cedera, mengurangi nyeri, melancarkan peredaran darah dan merilekskan badan.

4. Rock a Bye Roll

Foto: zliving.com

Gerakkan yoga yang dapat membuat tidurmu nyenyak selanjutnya adalah rock a bye roll. Ada beberapa langkah-langkah yang bisa kamu praktikkan.

Pertama, berbaring telentang di matras atau lantai atau tempat tidurmu dengan nyaman.

Kedua, tekuk lutut hingga menyentuh dada, peluklah lutut dengan erat.

Ketiga, silangkan pergelangan kaki dan tarik napas, lalu tarik tubuh hingga ke posisi duduk. Buang napas perlahan saat kamu kembali ke posisi semula.

Lakukan rock a bye roll selama 2 menit. Setelah itu, lakukan pendinginan dengan merentangkan tangan juga kaki sebelum tertidur.

Dengan membiasakan diri melakukan yoga, kita secara tidak langsung akan mendapat banyak sekali manfaat, salah satunya dapat meningkatkan kualitas tidur.

Jadi, Takaiters, di antara 4 gerakkan yoga agar tidur nyenyak di atas, gerakkan manakah yang paling ingin kamu coba?