Hai, Takaiters!

Bangun di pagi hari dengan kondisi tubuh segar dan bersemangat tidak lepas dari kualitas tidur pada malam hari. Namun, pernah nggak Takaiters justru merasa badan masih capek, pegal-pegal, dan masih ngantuk ketika bangun pagi? Hal ini bisa disebabkan karena kualitas tidur malam yang kurang baik sehingga efeknya pun mempengaruhi kondisi tubuh pada saat bangun pagi.

Kualitas tidur bisa dilihat dari durasi, kontinuitas, dan kedalaman. Ketika tidak tercapai ketiga faktor tersebut, maka kualitas tidur bisa dikatakan kurang maksimal. Kualitas tidur yang buruk juga membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatan, lho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas tidur yang buruk bisa menyebabkan masalah pada berat badan, jantung, dan rentan terkena penyakit.

Pastinya nggak mau, kan, tubuh jadi sakit-sakitan gara-gara tidur nggak maksimal? Kalau begitu, cobain, deh, 7 tips berikut supaya tidurmu makin berkualitas. Yuk, simak satu per satu.

1. Batasi Tidur Siang

Foto : www.pexels.com

Kadang kita memang terasa membutuhkan istirahat di siang hari karena aktivitas yang kita lakukan di pagi hari, salah satunya dengan tidur siang. Tidur siang akan membantu tubuh untuk memulihkan stamina dan kebugaran tubuh sehingga siap untuk kembali beraktivitas.

Namun, tidur siang dapat membuat kualitas tidur malammu berkurang jika tidak bisa mengatur waktu. Waktu tidur siang yang terlalu lama akan membuat tubuh terjaga lebih lama saat malam hari sehingga seseorang akan menjadi kesulitan tidur lebih awal. Jadi, alangkah baiknya jika kita bisa mengatur waktu tidur siang secukupnya saja, ,misalnya 15 sampai 30 menit. Waktu yang tidak terlalu lama sudah cukup untuk membuat tubuh kembali segar.

2. Hindari Makanan Berat

Foto : www.pexels.com

Beberapa orang mempunyai kebiasaan untuk makan sebelum tidur. Jika makanan yang masuk ke dalam tubuh terlalu berat, maka hal ini dapat membuat kerja lambung menjadi lebih keras. Padahal organ-organ tubuh juga membutuhkan istirahat dari aktivitasnya, sehingga kerja keras di malam hari akan membuat aktivitasnya berlanjut terus menerus. Hal ini bisa mempengaruhi kenyamanan tubuh ketika tidur di malam hari.

Jadi usahakan untuk tidak makan makanan berat di malam hari. Jika memang terasa begitu lapar, cobalah untuk makan makanan ringan sehingga kerja lambung tidak terlalu berat. Dan jangan lupa untuk sering minum air putih untuk membantu kerja aktivitas organ tubuhmu sehingga tubuh menjadi lebih segar dan sehat.

3. Hindari Minuman Berkafein

Foto : www.pexels.com

Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk minum minuman seperti kopi dan teh sebelum tidur. Jenis minuman ini memang bisa memberikan efek rileks pada tubuh, namun jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih maka akan beresiko membuat seseorang susah tidur. Kandungan kafein dalam kopi dan teh dapat membuat seseorang terjaga dari rasa kantuk sehingga akan cukup mengganggu ketika bereaksi pada malam hari di saat seseorang akan beranjak tidur.

4. Jauhkan dari Gawai dan Barang Elektronik

Foto : www.pexels.com

Di zaman sekarang ini, kita seringkali tidak bisa berlama-lama lepas dari gawai dan barang elektronik. Bahkan ketika menjelang waktu tidur, kita lebih sering mengecek gawai dan menonton televisi dibandingkan dengan mempersiapkan diri untuk tidur dengan nyenyak.

Radiasi dari barang elektronik tidak baik efeknya terhadap tubuh jika terpapar terlalu lama, apalagi jika dilakukan setiap hari menjelang tidur. Konsentrasi yang terpecah antara fokus dengan perangkat elektronik dan tidur juga akan mengurangi kenyamanan saat tidur malam. Sebaiknya kita mulai membiasakan untuk meletakkan gawai dan barang elektronik lain jauh dari tempat tidur, dan kalaupun masih sibuk dengan tugas di laptop usahakan untuk menyelesaikannya lebih awal atau melanjutkan esok hari agar kualitas tidur dan kesehatan tubuh tetap terjaga.

5. Atur Ventilasi Udara

Foto : www.pexels.com

Pergerakan udara yang baik di dalam ruangan kamar akan membantu tidur menjadi lebih nyaman. Ventilasi yang baik akan membuat udara lebih segar dan pernafasan menjadi lebih bebas. Kamu bisa bayangkan bagaimana tidur di tempat yang pengap, pasti tidak nyaman, bukan?

Beberapa orang bahkan juga suka untuk menambahkan aroma terapi yang dapat menenangkan tubuh. Kombinasi antara udara yang segar dan aroma yang menenangkan akan menjadi kombinasi yang ampuh untuk membuat kualitas tidurmu menjadi lebih baik.

6. Buat Tubuh dan Suasana Menjadi Rileks

Foto : www.pexels.com

Salah satu hal yang akan membantumu untuk dapat tidur nyenyak adalah dengan membuat tubuh menjadi rileks. Kita bisa memulainya dengan memijat-mijat tubuh sehingga otot menjadi lemas dan rileks. Merebahkan tubuh tanpa beraktivitas apapun juga bisa membuat otot tubuh beristirahat sejenak sebelum benar-benar tidur.

Selain itu, kita bisa mempersiapkan ruangan agar tercipta suasana yang nyaman untuk tidur. Warna ruangan yang lembut bisa membantu pikiran agar lebih rileks. Penataan barang-barang dalam kamar juga dapat menambah kenyamanan tidur. Pemilihan lampu yang tidak terlalu terang juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membantu menyenyakkan tidurmu.

7. Pilih Tempat Tidur yang Nyaman

Foto : www.pexels.com

Banyak orang mengeluhkan bahwa setelah bangun tidur justru tubuh terasa pegal dan tidak nyaman. Ternyata salah satu penyebabnya adalah bisa diakibatkan oleh tempat tidur yang kurang nyaman. Pemilihan tempat tidur sangat penting dilakukan karena dalam beberapa jam ke depan seseorang akan beristirahat di atas tempat tidur sehingga diperlukan tempat yang nyaman. Pilih tempat tidur yang nyaman untuk merebahkan badan dan juga posisi leher dan kepala terasa nyaman ketika bersandar.

Nah, ternyata penting bagi kita untuk menjaga kualitas tidur kita. Kalau kualitas tidur bisa terjaga, maka efeknya tubuh akan menjadi lebih segar dan bersemangat saat bangun pagi. Hal ini akan membantu tubuh agar siap dalam menjalani aktivitas selama seharian. Kesehatan tubuh pun akan lebih terjaga dan mengurangi resiko terserang penyakit.

Bagaimana, sudah siap untuk tidur nyenyak?