Hai, Takaiters!

Apakah kamu termasuk orang yang susah bangun pagi? Bangun pagi mungkin hanya menjadi wacana sepanjang masa bagimu, apalagi jika hari libur. Alih-alih membangunkan, bunyi alarm hanya berfungsi sebagai lagu yang menambah kenyenyakan tidurmu.

Jika ya, maka sudah saatnya kamu mengatasinya dengan lima hal berikut. Dijamin pagimu dapat dimulai lebih awal.

1. Tidur Lebih Awal

Foto: pexels.com

Kebiasaan terlambat bangun pagi biasanya disebabkan oleh kekurangan waktu tidur. Tubuh secara biologis akan ‘menagih’ jatah waktu tidur yang kurang. Oleh karena itu, Takaiters harus tidur lebih awal agar lebih mudah bangun pagi. Jika terbiasa tidur jam 12 malam, mulailah tidur satu jam lebih awal menjadi jam 11 malam.

2.  Hindari Gawai Sebelum Tidur

Sumber foto: palembang.tribunnews.com

Ya, menggunakan gawai sebelum tidur dapat mempengaruhi kondisi tubuh, lo. Gawai dapat memberikan efek buruk dari segi kesehatan fisik, terutama dari radiasi yang dikeluarkan oleh setiap perangkat tersebut. Kesehatan secara psikologis juga dapat terganggu akibat paparan berita dan info yang diasup otak sebelum tidur. Pemakaian gawai secara intens sebelum tidur dapat menyebabkan tidur kurang nyenyak. Kualitas tidur yang buruk ini adalah salah satu penyebab sulitnya seseorang untuk bangun pagi.

3. Setel Alarm

Foto: pexels.com

Meskipun selama ini bunyi alarm bagimu seakan tidak mempan untuk membangunkanmu di pagi hari, kamu tetap harus tetap menyetelnya. Bunyi alarm untuk bangun pagi itu penting. Hal ini berguna untuk mengejutkan otak yang selama ini terlelap. Jangan lupa, segera setelah kamu mendengar bunyi alarm jangan berniat tidur lagi.

4. Gunakan Tisu Basah

Sumber foto: manado.tribunnews.com

Langkah selanjutnya setelah mendengar bunyi alarm di pagi hari adalah mengambil tisu basah yang ada di dekat tempat tidur. Fungsinya adalah untuk membasahi wajahmu yang masih ngantuk itu agar lebih cepat melek. Seperti yang kita tahu, waktu riskan saat bagun pagi itu adalah setelah mendengar bunyi alarm. Keputusan ada dua, kamu tidur lagi atau melek sesegera mungkin. Nah, tisu basah ini akan menjadi alat yang berguna untuk memilih keputusan kedua.

5. Pikirkan Kegiatan Penting Pagi Itu

Foto: pexels.com

Setelah mata agak melek akibat rasa segar dari tisu basah, saatnya untuk berpikir apa hal penting yang ingin kamu kerjakan hari itu. Apalagi jika hari kerja, kesibukan aktivitasmu hari itu pasti sangat terbantu jika kamu bangun pagi. Jika hari libur, kamu mungkin harus memikirkan untuk semangat berolahraga. Semakin pagi bangun, maka semakin segar juga udara yang akan kamu hirup sambil berolahraga.

Buat target hidup yang bisa membuatmu selalu bersemangat bangun di pagi hari.

Bagaimana, apakah kamu sudah terinspirasi untuk memulai perjuangan bangun pagimu mulai besok? Semangat, ya, Takaiters!