Hai, Takaiters!

Mengarantina diri dalam rangka physical distancing sampai berminggu-minggu tentunya akan bikin suntuk. Boring, kata anak zaman sekarang. Bosan pasti menghinggapi.

Agar tidak bosan, ya, harus ada banyak kegiatan yang dilakukan meski hanya di sekitar rumah. Jika pagi, sempatkan renggangkan otot, berolahraga ringan. Entah itu jogging di halaman rumah atau olahraga ringan lainnya di dalam rumah.

Pukul 09.00 sampai pukul 10.00 pagi, jangan lupa berjemur untuk menjaring sinar matahari pagi. Sinar ultravioletnya dinilai jadi desinfektan gratis dari Tuhan. Ini sangat bermanfaat untuk membentengi diri, agar daya tahan tubuh kuat dan sehat. Jangan lupakan juga istirahat yang cukup, ya.

Perbanyak minum air putih, makan makanan sehat, banyak konsumsi buah-buahan dan sayuran, terutama yang mengandung vitamin C, D, dan E. Nah, bagi yang suka menulis, ini saatnya mengisi waktu untuk menumpahkan segala kemampuan untuk menatah kata. Menulis cerita, artikel atau pun kisah. Sempatkan, menulis di pagi hari.

Nonton film atau channel YouTube juga bisa jadi salah satu hiburan pembunuh suntuk. Selain, selalu update informasi dengan membuka situs berita agar tidak ketinggalan informasi dari berbagai belahan dunia. Namun ingat, pilah informasi yang akurat. Bacalah berita yang membuat rasa optimisme muncul, bukan informasi yang membuat cemas. Oleh karena itu, hindari informasi yang tidak jelas fakta.

Agar otak tetap mendapat asupan gizi, baca buku atau majalah. Selain bisa membunuh suntuk, kegiatan membaca juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan sehingga kamu tidak seperti katak dalam tempurung selama jalani stay at home atau #dirumahaja. Virus Corona jangan sampai membuat kebahagiaan dan keceriaanmu terenggut. Kamu bisa melawannya dengan tetap hidup sehat dan pikiran yang sehat pula.

Kesimpulannya, tetap semangat. Tetap jaga kesehatan agar kita semua bisa melalui cobaan pandemi COVID-19 ini. Nah, untuk yang hobi membaca agar tidak suntuk selama jalani program stay at home, ada satu aplikasi yang bisa memuaskan dahaga literasimu. Lewat aplikasi ini, kamu bisa pilih buku kesukaan. Ada banyak buku dengan tema beragam dalam aplikasi ini yang bisa dibaca via online maupun offline. Bacanya juga bisa sambil rebahan, sebab dapat diakses via smartphone atau tablet. Aplikasi apakah itu?

Aplikasi iPusnas, Perpustakaan Digital Buatan Indonesia

Sumber foto: Today.line.me

Aplikasi itu bernama iPusnas. Ini adalah aplikasi perpustakaan digital besutan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Aplikasi iPusnas ini bisa diunduh di Google Play Store. Dari keterangan tentang aplikasi ini yang dikutip dari Google Play Store, iPusnas adalah aplikasi aplikasi perpustakaan digital persembahan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Aplikasi ini dibuat Perpusnas RI bekerja sama dengan Aksamaraya selaku pengembang aplikasi.

Menurut Perpusnas RI, iPusnas tak hanya sebagai perpustakaan digital, tetapi juga dilengkapi fitur-fitur media sosial yang memungkinkan penggunanya bisa terhubung dan berinteraksi dengan sesama pengguna maupun komunitas lainnya. Lewat aplikasi iPusnas, pengguna juga dapat memberikan rekomendasi buku yang sedang dibacanya. Bisa menuliskan ulasan buku dan mendapatkan teman baru.

Kamu Bisa Membaca Buku Secara Online dan Offline Sambil Rebahan di Rumah

Sumber foto: Pixabay.com

Salah satu keunggulan dari aplikasi iPusnas, buku yang tersedia bisa dibaca secara daring atau online maupun luring atau offline. Semua koleksi buku sudah dalam bentuk ebook sehingga gampang dibaca. Terlebih iPusnas juga sudah dilengkapi dengan eReader yakni fitur yang membuat gawai atau gadget pengguna dapat membaca ebook dengan mudah dan nyaman. Sambil rebahan, kamu bisa baca buku apa saja. Tidak perlu repot-repot ke toko buku. Semuanya gratis.

Fitur-fitur Lainnya yang Ada di iPusnas

Sumber foto: Kreativv.com

Fitur lainnya yang ada dalam iPusnas adalah Koleksi Buku. Ini adalah fitur yang mengantarkan pengguna untuk menjelajahi ribuan judul ebook yang ada di iPusnas. Pengguna tinggal pilih judul yang diinginkan, pinjam, dan baca hanya dengan menggunakan jari saja.

Fitur ePustaka. Ini adalah fitur unggulan iPusnas yang memungkinkan penggunanya dapat bergabung menjadi anggota dari berbagai perpustakaan digital dengan beragam koleksi bukunya masing-masing, menjadikan perpustakaan serasa dalam genggaman.

Lalu, fitur Feed. Ini adalah fitur untuk melihat semua aktivitas pengguna iPusnas lainnya seperti informasi buku terbaru, buku yang dipinjam pengguna lain hingga memberikan komentar.

Kemudian fitur Rak Buku. Ini merupakan fitur yang berfungsi sebagai rak buku virtual milik pengguna di mana semua riwayat peminjaman buku tersimpan di dalamnya sehingga memudahkan pengguna untuk membaca buku yang telah dipinjam.

Nah, merasa bosan karena #dirumahaja, unduh saja aplikasi iPusnas. Suntuk hilang, pengetahuan bertambah. Tinggal pilih saja buku sesuai seleramu. Mau novel atau buku traveling, tinggal pilih atau suka buku bertema sejarah, ada banyak buku yang tersedia. Suka masak? Aplikasi iPusnas juga punya banyak koleksi buku masak memasak.