Loha, Takaiters!

Cinta, kasih sayang, dan keberagaman adalah fondasi utama dari masjid ini berdiri. Berbeda dari rumah ibadah pada umumnya, Masjid Dimaukom berwarna pink nyentrik yang membuatnya menjadi pusat perhatian masyarakat. Jadi, tidak heran jika menjadi destinasi para teris dan wisatawan yang datang ke Filipina.

1. Menjadi Ikon Kota

Foto: boombastis.com

Masjid pink yang lucu ini berlokasi di Kota Datu Saudi Ampatuan, Provinsi Maguindanao, Filipina Selatan. Mesjid Dimaukom menjadi ikon sekaligus tempat wisata religi di daerah tersebut. Hal ini karena keindahan warna merah muda yang mendominasi seluruh bangunan masjid menjadikan pemandangan indah bagi siapa pun yang melihatnya.

2. Menjadi Lambang Cinta dan Harmoni

Foto: mymindanao.com

Ternyata,  Dimaukom diambil dari nama walikota yang menginstruksi pembangunan masjid, yaitu Samsodin Dimaukom. Masjid ini mulai dikerjakan pada tahun 2011, baru selesai dan dibuka untuk umum dua tahun kemudian. Uniknya, dari awal masjid ini sudah menjadi perwujudan dari cinta dan harmoni antara agama karena para pekerja masjid ini kebanyakan orang Kristen (agama mayoritas di Filipina). Hal hebat lainnya adalah para pekerja dengan suka rela bekerja alias tidak menerima bayaran sedikit pun.

Pemilihan warna pink juga ada sebabnya. Selain merupakan warna favorit walikota dan istri, merah muda menyala juga melambangkan kedamaian dan cinta. Cinta kepada Allah, cinta kepada sesama, dan cinta kepada negara.

3. Arsitektur yang Unik

Foto: boombastis.com

Saat masuk, kalian akan dimanjakan dengan arsitektur yang sangat indah bak istana barbie. Pada pintu gerbang terdapat kaligrafi dengan tulisan “Laa Ilaha Illallah Muhammaddarrasulullah”, sebagai sambutan untuk tamu yang mau masuk beribadah atau berkunjung. Namun, untuk keseluruhan, mulai dari lantai, dinding, dan hiasan semua dicat dengan warna pink. Begitu juga dengan bangunan di sekitar masjid yang juga didesain dengan warna pink agar senada.

Bukan hanya itu, ketika kamu berkunjung ke masjid ini diharuskan berpakaian pink. Mulai dari murid yang mengaji sampai wisatawan. Untuk menuju Masjid Dimaukom kamu bisa naik Husky Bus atau jeep dari Cotabato dan Santos City serta dibutuhkan waktu kurang lebih satu sampai tiga jam.

Nah, Guys, pasti lucu plus menggemaskan. Buat kamu pink lover jangan lupa mampir kalau sedang di Filipina. Semoga bermanfaat.