Halo, Takaiters!

Selain makanan utama, kita tidak bisa lepas dari makanan dan minuman yang dijadikan selingan atau biasa disebut camilan. Keinginan untuk ngemil terkadang sulit untuk dilawan apalagi di jam-jam kritis, seperti siang hari menjelang makan siang atau sore hari menjelang malam. Namun, bukan berarti kita harus terjerumus dengan makanan dan minuman yang cenderung tinggi gula, garam, serta lemak jahat. Beberapa rekomendasi makanan dan minuman berikut jauh lebih aman untuk dikonsumsi karena lebih sehat.

1. Ganti Gorengan dengan Buah Potong

Foto: pexels.com

Daripada makan gorengan, lebih baik makan buah-buahan potong yang sudah kamu siapkan. Apalagi mengonsumsi di saat dingin. Banyak buah-buahan sederhana yang mudah didapatkan baik di pasar tradisional maupun supermarket dan harganya pun relatif murah, seperti melon, pepaya, nanas, atau buah mangga. Selain sehat tentu kamu tidak akan merasa ‘berdosa’  saat memakannya karena takut timbangan akan bergeser ke kanan.

2. Ganti Minuman Bersoda dengan Jus Buah

Foto: pexels.com

Seperti diketahui bahwa minuman bersoda sangat tinggi gula. Oleh karena itu, lebih baik minum jus buah. Ada banyak pilihan buah yang mudah dibuat menjadi jus. Jika kamu tidak sempat atau malas mengerjakannya, ada banyak cafe yang menyediakan jus buah dengan harga murah.

3. Ganti Minuman Kemasan dengan Air Kelapa Murni

Foto: bantennews.co.id

Siapa yang tidak tergoda dengan minuman kemasan yang banyak dijual di supermarket. Sangat menggoda dengan berbagai macam pilihan rasa. Padahal, sama dengan minuman bersoda, minuman kemasan juga tinggi gula, lo. Mengonsumsinya dalam waktu jangka waktu yang lama bisa memicu terjadinya diabetes. Lebih baik menggantinya dengan minum air kelapa murni yang tentu saja menyegarkan dan menyehatkan.

4. Singkong Rebus Bisa Menjadi Pilihan

Foto: cookpad.com

Terdengar ndeso, singkong rebus adalah sumber karbohidrat yang sehat dan bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, singkong juga memiliki khasiat pencegah kanker dan mengandung serat, protein, vitamin K dan B, kalium, dan magnesium.

5. Buah Kering

Foto: idntimes.com

Ketika lidah menginginkan sensasi yang manis-manis, kamu bisa ngemil buah kering, seperti kismis atau kurma yang memiliki kadar gula yang relatif aman.

Takaiters, apa yang kamu makan sekarang akan menentukan kehidupan kamu beberapa tahun yang akan datang. Jangan terlalu memanjakan lidah dan hawa nafsu dengan memilih makanan dan minuman tidak sehat yang semakin beragam di zaman sekarang ini. Boleh ngemil, tetapi tetap bijak, ya!