Hai, Takaiters!

Kamu suka jalan-jalan ke pantai? Apa yang biasa kamu lakukan kalau sedang mantai? Duduk di tepi pantai sembari memandangi laut lepas pastinya bakal memberikan sensasi tersendiri.

Laut biru yang terhampar di depan mata kita boleh jadi memberi nuansa ketenangan tersendiri bagi diri kita. Itulah barangkali kenapa tidak sedikit orang yang senang melewatkan waktu berlama-lama di pantai, lebih-lebih lagi saat sunrise atau sunset.

Menurut Jessica Booth (2020), mengunjungi pantai setidaknya dapat menghasilkan beberapa faedah sebagai berikut. Apa saja? Yuk, kita sama-sama kepoin manfaat liburan ke Pantai!

1. Mendapat asupan vitamin D

manfaat berlibur ke pantai
Foto: arbamedia.com

Tubuh kita membutuhkan vitamin D yang memadai. Cara alami mendapatkan vitamin D adalah berjemur di bawah sinar matahari. Main ke pantai memungkinkan kalian memiliki peluang lebih banyak untuk mandi matahari, yang memungkinkan tubuh kita mendapat vitamin D lebih banyak.

Selain membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin D penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang serta gigi. Selain itu, vitamin D juga dapat membantu melawan penyakit tertentu dan membantu menurunkan berat badan.

2. Mengurangi risiko radang sendi

manfaat pergi ke pantai
Foto: beritagar.com

Menghabiskan waktu dengan berendam atau berenang di air laut dapat membantu mengurangi gejala radang sendi.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa pasien yang menggunakan garam dari mineral Laut Mati buat mandi mengalami berkurangnya rasa kaku persendian di pagi hari.

Ini karena air garam mendehidrasi sel yang meradang di tubuh, yang pada gilirannya mengurangi peradangan.

3. Memunculkan inspirasi

Manfaat liburan ke pantai bagi kesehatan
Foto: blog.reservasi.com

Sebuah kajian yang dilakukan beberapa tahun lalu menemukan bahwa pantai tidak hanya dapat membantu diri kita merasa lebih bahagia, tetapi juga dapat meningkatkan kreativitas.

Dalam bukunya yang berjudul Blue Mind, Wallace J Nichols menulis bahwa berada di dekat air tidak hanya menenangkan kita, tetapi juga meningkatkan inovasi dan wawasan. Ini memungkinkan kita untuk merasa lebih terbuka terhadap ide-ide baru dan sisi yang lebih kreatif.

Dan ini semakin mempertegas mengapa banyak orang menganggap pantai bisa memberi inspirasi.

4. Memperlancar peredaran darah

Foto: travel.kompas.com

Kawasan pantai memberi peluang buat kita untuk berjalan nyeker alias tanpa alas kaki. Ini bagus buat kesehatan. Berjalan tanpa alas kaki sehingga kaki menyentuh langsung permukaan bumi membantu memperlancar peredaran darah serta mendatangkan perasaan lebih rileks.

Selain itu, memungkinkan kita terhubung dengan elektron permukaan bumi yang mentransfer energi dari tanah ke tubuh, yang bermanfaat bagi kesehatan.

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Foto: jawapos.com

Karena umumnya suasana pantai itu memberi ketenangan, maka kawasan pantai membantu kita untuk bisa tidur lebih nyenyak. Sebuah studi yang dilakukan di Inggris, tahun 2015, menemukan bahwa para responden tidur rata-rata 47 menit lebih lama pada malam hari setelah mereka menghabiskan waktu di pantai dibandingkan dengan mereka yang tidak berada di pantai.

Meskipun para ilmuwan tidak yakin secara pasti mengapa orang bisa tidur lebih nyenyak setelah seharian di pantai, mereka percaya bahwa itu ada hubungannya dengan perasaan tenang yang didapatkan selama berada di pantai.

Nah, Takaiters, itulah beberapa manfaat liburan ke pantai yang bisa kita dapatkan.

Meskipun demikian, karena di kawasan pantai umumnya lebih banyak sinar matahari, maka jangan lupa saat main ke pantai, lindungi kulit kalian dengan krem pelindung sinar surya agar kulit tidak rusak dan kusam.

Ok, selamat mantai, ya!