Hai, Takaiters!

Menjelang lebaran hampir semua perusahaan membagikan Tunjangan Hari Raya atau THR kepada karyawannya. THR yang diperoleh sekali dalam satu tahun harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kamu perlu membuat rencana penggunaan uang THR sehingga tidak habis begitu saja. Berikut 5 prioritas penggunaan THR, simak yuk, Takaiters!

  1. Membayar hutang

prioritas penggunaan dana THR
Foto: detik.com

Hutang merupakan kewajiban yang harus dilunasi. Jika kamu berhutang pada saudara atau teman, mungkin tidak ada bunga yang harus kamu bayar. Namun jika berasal dari bank, selain membayar hutang, kamu juga harus membayar bunga yang besarnya sudah ditentukan.

Ketika menerima uang THR prioritas pertama yang harus kamu tentukan adalah membayar hutang. Hutang dengan bunga tertentu harus kamu utamakan karena semakin lama kamu mengembalikan maka semakin besar bunga yang harus kamu bayarkan.

Hutang ke saudara atau teman juga harus segera kamu bayar karena bisa jadi orang yang meminjami berharap uangnya segera kamu kembalikan.

Tentu kamu tidak mau bersenang-senang menikmati uang THR namun masih mempunyai beban hutang kan? Pasti kamu merasa tidak nyaman terhadap si pemberi hutang. Karena membayar hutang merupakan kewajiban maka kamu harus memprioritaskan.

Berpikirlah jika kamu berada di posisi si pemberi hutang. Tentu kamu ingin uangmu segera dikembalikan. Selain itu kebiasan langsung mengembalikan hutang begitu sudah punya uang juga merupakan track record mu. Jika track record pengembalian hutangmu bagus, maka ketika membutuhkan saudara, teman atau lembaga keuangan tidak akan segan untuk meminjami lagi.

  1. Berinvestasi

prioritas penggunaan THR 2021
Foto: bibli.com

Investasi sangat penting bagi masa depan keuanganmu. Dengan berinvestasi kamu sudah mengantisipasi kebutuhan dana di kemudian hari. Dari hasil investasi diharapkan kamu akan mendapat pasive income yang dapat menutup sebagian kebutuhan atau dapat kamu investasikan kembali sehingga asetmu semakin berkembang.

Dalam berinvestasi tidak selalu harus dilakukan dengan dana yang besar. Saat ini sedang trend investasi berupa emas batangan. Untuk investasi emas batangan kamu tidak harus mempunyai uang dalam jumlah banyak. Logam mulia dalam ukuran kecil, yaitu dari 0,1 gram banyak dijual. Dengan semakin sadarnya masyarakat akan pentingnya berinvestasi, jual beli emas batangan semakin mudah dan aman. Jika emas batangan yang kamu koleksi sudah banyak kamu dapat menukarnya dengan ukuran yang lebih besar.

Faktanya berinvestasi dalam bentuk emas batangan selalu menguntungkan. Setiap waktu, harga emas batangan selalu naik melebihi nilai inflasi sehingga asetmu dalam bentuk emas batangan tidak akan mengalami penurunan nilai jual meski terjadi inflasi.

  1. Bersedekah

cara prioritas penggunaan THR
Foto: madura.tribunnews.com

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh kemuliaan. Semua amal ibadah kita akan mendapat pahala yang berlipat ganda. Kini saatnya kamu berbagi kebahagiaan dengan orang yang kurang beruntung. Gunakan sebagian uang THR-mu untuk bersedekah. Kunjungi panti asuhan dan titipkan uangmu untuk anak-anak yang kurang beruntung. Kamu akan mendapatkan banyak manfaat dan berkah dari sedekahmu.

  1. Menyenangkan diri sendiri

prioritas penggunaan THR lebaran
Foto: tokopedia.com

Setelah kewajiban membayar hutang, berinvestasi dan bersedekah, saatnya kamu menyenangkan diri sendiri dengan uang THR-mu. Kamu dapat berbelanja keperluan menyambut hari raya. Membeli baju, sandal, tas, mukena dan ke salon agar penampilanmu di hari raya semakin maksimal.

Kamu juga dapat menggunakan uang THR-mu untuk membeli perlengkapan rumah, sehingga saat kerabat datang rumahmu lebih apik dan asri. Ganti korden dan ornamen hiasan ruang tamu dengan yang baru. Sedikit renovasi rumah juga akan membuat rumahmu lebih nyaman untuk ditempati.

  1. Memberi hadiah kepada orang terkasih

Foto: bp-guide.id

Waktu kecil tentu kamu sangat senang ketika mendapat angpao lebaran dari om atau tante. Nah sekarang saatnya kamu membagi angpao untuk ponakan tercinta, atau membelikannya baju lebaran. Untuk orang tuamu, jangan lupa juga untuk membelikan sesuatu yang diinginkan. Kamu dapat cari tahu dulu sebelumnya barang apa yang ingin dimiliki oleh ayah atau ibumu dan sekarang saatnya kamu mewujudkannya.

Takaiters, meski THR adalah pendapatan di luar gaji yang tidak digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup, kamu tetap harus membuat rencana penggunaannya. Buat skala prioritas penggunaan THR sehingga lebih bermanfaat.