Loha, Takaiters!

Maraknya kasus kekerasan dan keributan akhir-akhir ini sudah dipastikan karena dipicu oleh salah satu ujaran kebencian. Ada banyak penyebab kasus-kasus serupa yang hadir dan menjadi permasalahan sosial yang sangat menyedihkan. Apalagi terjadi saat bulan puasa yang seharusnya menjadi ladang ibadah. Hate speech seharusnya bukan solusi jika dua atau beberapa pihak berbeda pendapat.

Yuk, kita kupas alasan kenapa hate speech jangan di jadikan tradisi atau solusi karena akan berdampak sangat berbahaya bagi kenyamanan dunia.

1. Menghancurkan Persatuan dan Kesatuan

Foto: liputan6.com

Ujaran kebencian yang seseorang kepada pihak lain akan berakibat hancurnya semangat kebersamaan dengan cepat dan tidak terkendali. Hal ini terjadi karena tidak bisa menahan diri dan saling mengunggulkan diri. Sehingga ucapan yang terlontar tidak bisa terkontrol dan akan memupuskan persaudaraan sesama warga negara.

2. Menodai Bulan Suci Ramadan

Foto: timeanddate.com

Ramadan adalah bulan yang suci. Maka, jangan sampai kita menodai kesuciannya dengan aksi-aksi yang tidak terpuji, salah satunya adalah hate speech. Daripada menebar kebencian lebih baik semarakan bulan Ramadan dengan kegiatan ibadah kepada-Nya dan kegiatan yang bermanfaat.

3. Hati Tidak Akan Tenang

Foto: studentski.hr

Orang arif akan menjaga lisannya agar hatinya tenang dan selalu ingat kepada Tuhan. Hal ini sangat berbeda dengan orang yang suka menebar ujaran kebencian, hati mereka akan dilanda rasa waswas, tidak tenang dalam menjalani hidup.

4. Bisa Memancing Keributan dan Perseteruan

Foto: clipart-library.com

Tidak hanya memecah kebersamaan, hate speech juga memancing keributan dan perseteruan yang tidak bisa dihindari. Jangan sampai karena beda pendapat, kamu mengesampingkan nilai-nilai persatuan dan berujung perpecahan.

5. Pahala Puasa Akan Berkurang

Foto: sutterstock.com

Hal ini sangat patut disayangkan. Jika kita menebar ujaran kebencian saat bulan Ramadan meski berpuasa, nilai puasa yang kita lakukan tetap saja akan berkurang bahkan bisa saja tidak berpahala. Hal ini karena hate speech menyakiti hati orang lain. Jadi rasa lapar dan dahaga kita saat puasa akan menjadi sia-sia.

Nah, Guys, bicara yang baik-baik pasti akan terasa lebih indah. Jadi, yuk, hindari hate speech supaya hidup dilimpahi keberkahan oleh Tuhan. Semoga bermanfaat.