Loha, Takaiters!

Faktor ekonomi selalu menjadi momok paling menakutkan untuk mengejar mimpi. Banyak anak-anak kurang mampu yang harusnya bisa bersekolah, tetapi terpaksa bekerja serabutan demi membantu kedua orang tuanya. Hal ini juga dialami oleh Sophy Ron, gadis asal Kamboja. Sejak kecil, ia bekerja sebagai pemulung, memilih sampah, sampai rela menghirup gas beracun. Bahkan hingga usianya 11 tahun, Sophy sama sekali belum pernah merasakan sekolah.

Walaupun hidup dalam keterbatasan, hal tersebut tidak menyurutkan hati Sophy untuk mencapai cita-citanya hingga ia berhasil mendapatkan beasiswa penuh untuk melanjutkan di Universitas Melbourne, Australia.

Berikut kisah inspiratif dari Sophy Ron yang berhasil mendapatkan beasiswa penuh di Universitas Melbourne, Australia.

Hidup dalam kemiskinan dan waktunya habis hanya untuk memulung sampah

Sophy Bocah Pemulung yang Dapat Beasiswa Kuliah di Australia Ini Bikin Haru
Foto: wordofbuzz.com

Sophy Run salah satu anak yang diselamatkan oleh Cambodian Children’s Fund (CCF) dari tempat sampah terkenal di Phnom Penh, Kamboja. Cambodian Children’s Fund (CCF) merupakan sebuah lembaga non-profit yang bertujuan untuk membantu anak-anak kurang mampu agar mendapatkan pendidikan yang layak.

Pilihan Editor


Jika melihat kebelakang, kehidupan sophy sangat begitu sulit. Saking sulitnya ia terpaksa makan dari sisa makanan di tempat pembuangan. Sophy tidak bersekolah sampai usia 11 tahun, menghabiskan tujuh hari dalam seminggu hanya untuk memilah-milah sampah dan menghirup asap beracun.

Mendapat Beasiswa penuh dari Cambodian Children’s Fund (CCF)

Kisah Bocah Pemulung yang Dapat Beasiswa Kuliah di Australia Ini Bikin Haru
Foto: wordofbuzz.com

Walaupun hidup dalam kemiskinan, keterbatasan itu tidak membuat Sophy penyerah. Hal ini terbukti, ia berhasil memperoleh beasiswa penuh dan menjadi lulusan terbaik Trinity College Foundation Studies, University of Melbourne, Australia. Bahkan Sophy mendapat kehormatan untuk menyampaikan pidato dalam bahasa Inggris di upacara kelulusannya.

Kisahnya Diunggah Cambodian Children’s Fund (CCF) di Facebook hingga Viral

Kisah Bocah Pemulung yang Dapat Beasiswa Kuliah di Australia Ini Bikin Haru
Foto: wordofbuzz.com

Sebagai penerima beasiswa pertama dari Cambodian Children’s Fund (CCF), kini Sophy berdiri di atas panggung di depan teman-temannya, memberikan pidatonya dalam bahasa Inggris yang fasih.Kisah inspirasi Sophy diunggah di Facebook oleh Cambodian Children’s Fund (CCF). Kisahnya pun viral sampai memperoleh 47 ribu reaksi dan dibagikan sebanyak 10 ribu kali. Banyak sekali warganet yang salut dengan perjuangan Sophy. Sangat membanggakan bukan?