Heiyo, Takaiters!

Buat para penggemar Anime, Siapa sih yang enggak tahu serial Slam Dunk yang berjaya di era 90-an silam? Bahkan serial yang berawal dari manga yang ditulis oleh Takehiko Inoue terbilang masih populer dan membekas di ingatan banyak penggemarnya sampai saat ini. Anime yang memiliki total 101 episode ini berhasil menarik perhatian para pecinta anime di seluruh dunia!

Nah, pada bulan Juli lalu, Toei Animation telah mengumumkan sebuah kejutan untuk serial anime yang mereka produksi ini. Studio anime yang bermarkas di Nerima, Tokyo, Jepang tersebut mengatakan bahwa anime Slam Dunk itu akan segera diadaptasi ke dalam bentuk game, lho!

1. DeNa China Peroleh Hak Pengembangan Proyek Game Slam Dunk

Seiki-han Sumaho Game: Slam Dunk (anime)
Seiki-han Sumaho Game: Slam Dunk (DeNa China) – Foto: ThisIsGame Thailand

Untuk proyek adaptasi game dari serial Slam Dunk ini, pihak Toei Animation telah memberikan lisensi resmi kepada salah satu pengembang social gaming platform asal Jepang, DeNa China. Selepas membuat game hasil adaptasi dari sejumlah judul anime seperti Bleach dan Seven Deadly Sins, DeNa China nampaknya tidak ingin kecolongan untuk kembali menggarap proyek serupa.

Langkah ini tentu sangatlah wajar, mengingat jejak kesuksesan Slam Dunk yang menjadi salah satu manga terlaris dalam sejarah dengan total penjualan yang berhasil menembus angka lebih dari 121 juta kopi di seluruh Jepang. Rencananya, versi game Slam Dunk tersebut nantinya akan berbentuk mobile game.

2. Akar Popularitas Jadi Modal Utama untuk Bersaing

Seiki-han Sumaho Game: Slam Dunk
Foto: Seiki-han Sumaho Game: Slam DunkDeNa China

Perkembangannnya sendiri sudah sempat dipamerkan di ajang China International Comics and Games Expo (CCG Expo) 2018 yang dilangsungkan di Shanghai, Cina pada awal Juli lalu. Trailer yang memperlihatkan bocoran terkait game ini pun telah dirilis secara resmi, lho! Wah, jadi enggak sabar, ya, Guys?

Berdasarkan trailer gim di situs resminya versi gim Slam Dunk akan menyuguhkan elemen gameplay yang mirip dengan gim-gim bertema olahraga basket, seperti NBA 2K18 Mobile atau NBA Live Mobile. Meskipun secara kualitas grafisnya tidak lebih unggul, gim ini diyakini akan mampu bersaing. Pasalnya, kepopuleran yang sudah mengakar menjadi modal awal yang utama.

3. Mode Permainan Bola Basket PvP

Slam Dunk Mobile Game
Slam Dunk Mobile Game – Foto: hksilicon.com

Sejalan dengan cerita dari seri manga dan animenya, gim mobile Slam Dunk diilustrasikan permainan bola basket. Gim ini akan menampilkan pengalaman gaming dalam mode PvP (player versus player) secara real-time. Hal itu memungkinkan pemain untuk berhadapan dengan tim lawan milik gamer (pemain) lain melalui perangkat smartphone (android dan iOS).

Enggak cuma itu saja, Takaiters! Mobile Game ini juga mode bermain yang bervariasi. Gim yang diberi judul: Seiki-han Sumaho Game: Slam Dunk ini menyuguhkan permainan basket dalam mode: 3-on-3 half court (setengah lapangan), 3-on-3 full court (satu lapangan penuh) dan 5-on-5 full court.

4. Kepastian Rilis Masih Misteri

Slam Dunk Mobile Game
Rukawa Kaeda – Foto: Wallpaper Cave

Sayangnya, jadwal rilis gimnya masih menjadi misteri. Pihak pengembang, baik DeNa China dan Toei Animation sendiri memang masih belum mengungkapkan detail peluncurannya ke publik. Namun, mereka menargetkan perilisan awalnya di Cina pada tahun 2018 ini.

Masih dalam tahap pengembangan menjadi alasan Mobile Game yang satu ini belum ‘berani’ memastikan tanggal rilisnnya. Tetapi, gim ini layak ditunggu, ya, Guys! Enggak mau, kan Ketinggalan untuk memainkan keterampilan karakter ikonik Slam Dunk dalam sebuah gim seperti pemeran utamanya Hanamichi Sakuragi, si jago rebound, Hisashi Mitsui, Ryota Miyagi, sampai sang kapten, Takenori Akagi?

Atau nih, siapa tahu juga kita bisa merekonstruksi ulang tuh, persaingan sengit antar ace (pemain andalan) dari tim basket SMA Shohoku dan SMA Ryonan, yakni Rukawa Kaeda dengan Akira Sendoh yang merupakan rival abadi dalam cerita asli serial Slam Dunk. Iya, kan?

Kalau begitu, selamat menunggu kepastian, Takaiters!