Hai, takaiters?

Pernah dengar kata ski kan? Begitu mendengar kata ski, otomatis akan terbayang hamparan salju yang luas. Namun, ski yang satu ini berbeda dengan ski salju yang ada di luar negeri, ski ini dilakukan di atas lumpur tambak basah yang sudah tidak ada ikannya, tetapi keasyikannya tidak mengalahkan bermain ski di negara asalnya. Nah jadi penasaran kan?


 Asal mula Ski Lot Pasuruan

Ski Lot pasuruan
Foto: khusniatul Ain

Ski ini bernama Ski Lot, yang merupakan salah satu budaya dan olahraga tradisional masyarakat nelayan yang tinggal di daerah pesisir pantai utara Kabupaten Pasuruan yang menghadap ke Selat Madura, tepatnya di daerah Lekok.

Ski Lot berasal dari dua kata yaitu, ski yang berarti berseluncur dan Lot yang berarti lumpur, sehingga Ski Lot dapat diartikan berselancar diatas lumpur. Awalnya, kegiatan ini dilakukan oleh para nelayan untuk mencari ikan, kerang, dan hasil laut lainnya di tepi pantai yang becek.

Namun, dalam perkembangannya, rutinitas ini akhirnya menjadi tradisi dan dilombakan. Ski Lot diadakan setiap hari raya ketupat pada saat lebaran dan dilakukan di atas lumpur tambak yang masih basah.

Pilihan Editor

Cara permainan Ski Lot

Ski Lot pasuruan
Foto : iyaa.com

Ski Lot ini dimainkan diatas papan luncur sepanjang 1,5 meter dan lebar 0,5 meter. Cara permainan Ski Lot sendiri sangatlah mudah. Yakni, peserta dengan posisi jongkok memegangi papan selancar dengan kedua tangan, sementara kaki mengayunkan ke lumpur. Hingga akhirnya papan itu bisa dijalankan di atas lumpur.

Nah, begitu selancar berjalan di atas lumpur, peserta ini bisa berdiri di atas papan seperti layaknya bermain ski beneran atau terus berjongkok. Namun, bila badan kurang seimbang. Maka peserta akan jatuh hingga sekujur tubuhnya akan dipenuhi dengan lumpur. Siapa yang tercepat, dialah yang menjadi juara dan mendapat julukan sebagai nelayan yang tercepat dan cekatan. Peserta Ski Lot sekarang bisa  dilakukan pria dan wanita.

Filosofi dalam permainan Ski Lot

Ski Lot pasuruan
Foto : blogdetik.com

Kecepatan dan keseimbangan dalam bermain Ski Lot menjadi faktor utama bagi seorang nelayan dalam mengarungi lautan yang rentan bahaya. Kecepatan diperlukan dalam mengambil keputusan jika menghadapi masalah di lautan dan juga butuh kecepatan fisik dalam menanggulanginya. Sementara keseimbangan berarti seorang nelayan harus mampu menyeimbangkan jiwa emosinya ketika berada di laut, harus mampu mengontrol kesabaran dan selalu bersikap tenang.

Manfaat Ski Lot

Ski Lot pasuruan
Foto : beritadaerah.co.id

Ski Lot bermanfaat bagi peserta  dan masyarakat. Bagi peserta Ski Lot merupakan jenis olahraga untuk melatih kekuatan otot kaki dan latihan keseimbangan badan. Sedangkan bagi masyarakat merupakan sarana wisata dan atraksi yang ditunggu-tunggu saat lebaran ketupat, bahkan pada hari lomba Ski Lot ini, semua nelayan libur untuk meramaikan lomba Ski Lot. Jadi, pada momen skilot ini juga dijadikan ajang silaturahmi bagi semua nelayan di daerah sekitar.


Buat takaiters yang pas hari lebaran ada di wilayah pasuruan, jangan tergesa-gesa untuk pulang dulu, tunggu hari raya ketupat dan jangan lewatkan pertunjukkan unik Ski Lot ini. Karena untuk menikmatinya, kalian harus menunggu satu tahun lagi pas momen lebaran. Jangan lewatkan ya.