Halo Takaiters!

Pastinya kita semua udah pada tahu dong, kalau pendidikan adalah salah satu dasar yang paling penting untuk membentuk karakter sebuah bangsa. Terutama bagi kita anak-anak muda yang kelak akan memimpin negeri ini. Sebuah negara yang memiliki sistem pendidikan yang baik, so pasti akan bisa menciptakan generasi muda yang welldone dan bisa diandalkan.

Salah satu negara yang menerapkan sistem pendidikan terkeren di dunia adalah Jepang. Negara mungil ini, terbukti nggak hanya sukses menelurkan banyak ilmuwan keren dalam berbagai bidang ilmu, namun juga mumpuni dalam berinovasi dan memiliki pemimpin yang keren dalam memerintah negaranya. Nggak usah disebutin deh, berapa banyak produk teknologi tingkat tinggi yang merajai seluruh dunia ini, berasal dari negara matahari terbit ini. Mulai dari kendaraan, peralatan elektronik, hingga fashion ala Harajuku yang terkenal itu.

Penasaran nggak sih, kok bisa ya negara sekecil itu memiliki pengaruh yang sangat luar biasa di dunia internasional? Jawabannya ternyata dimulai dari sistem pendidikan mereka yang super keren. Mau tahu bagaimana anak-anak Jepang dididik sejak kecil? Ikuti pembahasan di bawah ini ya!

1. Bentuk karakter dulu, baru akademik

pendidikan di jepang
Foto : pexels.com

Kalau di Indonesia, sejak SD anak-anak dijejali dengan beragam ilmu pengetahuan, hitungan, dan hafalan yang bikin mules, beda halnya dengan di Jepang. Anak-anak akan dibentuk karakternya agar tumbuh menjadi pribadi yang baik.

PILIHAN EDITOR

Mereka akan belajar bagaimana harus bersikap dengan orang lain, terutama dengan orang yang lebih tua. Bagaimana menjalankan sopan santun, mengantri, dan sebagainya. Orang Jepang nggak akan risau kalau anaknya belum bisa berhitung di tahun-tahun awal pendidikannya. Mereka akan lebih galau jika anaknya nggak bisa mengantri. Hehe…

2. Nggak ada sekolah yang menyediakan tukang bersih-bersih

pendidikan di jepang
Foto : pexels.com

Karena nggak ada cleaning service, otomatis mereka harus membersihkan sendiri sekolahnya. Dengan begitu, anak-anak akan terbiasa memahami pentingnya kebersihan dan tanggung jawab. hal ini termasuk kebersihan toilet dan kantin lho. Mereka terbiasa membersihkan sendiri meja bekas makannya.

3. Les itu penting

pendidikan di jepang
Foto : lesprivat99.com

Di Jepang, sangat penting bagi anak-anak untuk menjalani les atau kursus selepas sekolah. Bukan melulu soal pelajaran tambahan lho Guys. Anak Jepang terbiasa les untuk memperdalam materi yang mereka dapatkan di sekolah.

4. Makan makanan sehat wajib hukumnya

pendidikan di jepang
Foto : pexels.com

Makanan Jepang adalah salah satu menu makan tersehat di dunia. Nggak heran ya, kalau hal ini membuat generasi mudah Jepang sehat-sehat? Di setiap sekolah, biasanya ada kantin yang menyediakan menu makanan super sehat bagi murid-muridnya. Bahkan, mereka juga mempekerjakan ahli gizi dan kesehatan, khusus untuk mengatur menu harian di sekolah.

5. Budaya nomor satu

pendidikan di jepang
Foto : netdna-ssl.com

Orang Jepang terkenal sangat mencintai budaya asli mereka. Meski teknologi mereka sudah sangat canggih, hal itu bukan alasan untuk meninggalkan budaya mereka sendiri. Contohnya, seni tari, kaligrafi Jepang dan puisi menjadi pelajaran wajib di sekolah.

6. Bolos sekolah? No way!

pendidikan di jepang
Foto : tstatic.net

Karena budaya super tertib yang dianut masyarakat Jepang, kamu akan sangat sulit menemukan siswa yang terlambat masuk sekolah Guys. Selain itu, mereka juga sangat jarang bolos sekolah. Kalau di Indonesia? Hm, jawab sendiri ya!

Untuk diketahui juga, di Jepang ada sebuah tes wajib yang harus diikuti oleh setiap siswa yang telah lulus SMU. Hasilnya nggak main-main, Guys. Nilai kamu akan menentukan masa depan, apakah nantinya kamu berhak untuk berkuliah atau nggak. Orang Jepang ternyata meyakini bahwa kuliah adalah salah satu pengalaman paling berharga yang akan mereka ingat seumr hidup, sebelum akhirnya memasuki dunia kerja kelak.

Wah, menarik sekali ya. Kira-kira kapan ya Indonesia bisa menerapkan sistem pendidikan keren seperti itu? Semoga kesampaian ya, Takaiters!