Hai, Takaiters!

Kacang adalah bahan makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya menstabilkan kolesterol darah, mengurangi kadar gula, mencegah penuaan dini, mengatasi stres dan depresi, mencegah kanker dan mengurangi risiko batu empedu. Mengingat banyaknya manfaat kesehatan dari kacang, jangan sungkan mengkonsumsi sajian yang menggunakan kacang sebagai pelengkap, Guys.

Indonesia memiliki banyak  sekali jenis makanan yang menggunakan kacang ini.  sebagai sausnya yang sebenarnya hampir mirip dengan salad. Mau tahu kan? Yuk, simak aneka makanan mirip salad ini!

Pecel

Foto: unileverfoodsolusions.co.id

Pecel adalah makanan yang sangat populer di Indonesia, karena mudah didapat di mana pun. Pecel terdiri dari berbagai macam sayuran yang direbus atau dikukus kemudian disiram dengan bumbu kacang kental. Sayuran yang tersaji didominasi sayuran hijau, tetapi kadang digunakan sayuran lokal yang belum tentu ditemukan di daerah lain sehingga menjadikan pecel di masing-masing daerah juga memiliki rasa khas yang berbeda.

Bumbu kacang ini biasanya sudah dibuat dalam skala besar dan saat akan disajikan tinggal menambahkan air hangat matang untuk mencairkannya. Beberapa orang menyukai tambahan irisan mentimun mentah sehingga rasanya lebih segar. Pecel sering dimakan tanpa tambahan apap un, tetapi di beberapa daerah pecel dikonsumsi bersama tempe mendoan, kerupuk, ketupat atau lontong.

Lotek

Foto: ayobandung.com

Hampir sama dengan pecel, lotek juga sebenarnya terdiri dari berbagai macam sayuran yang dikonsumsi bersama dengan saos kacang. Perbedaannya adalah sambal kacang pada lotek dibuat sesaat sebelum dikonsumsi, artinya bukan sambal kacang yang dibuat beberapa hari sebelumnya. Bumbu kacang pada lotek ditumbuk atau diuleg dengan tambahan beberapa bahan lainnya, setelah halus, baru ditambah dengan sayuran rebus, mentimun mentah dan kerupuk dan dicampur rata.

Beberapa orang juga menyukai tambahan ketupat atau lontong. Lotek ini rasanya lebih segar karena bumbunya baru, Guys. Lotek sebaiknya segera dikonsumsi setelah dibuat karena jika dibiarkan terlalu lama akan menjadi basi.

Gado-Gado

Foto: intisari.grid.id

Gado-gado juga merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia, Guys. Sayuran yang disajikan biasanya tidak sebanyak pecel dan cukup familier bagi lidah anak muda pada umumnya seperti wortel, buncis, dan tauge. Tambahan ketupat, tahu goreng, telur rebus,  kentang, dan kerupuk menjadikan gado-gado berpenampilan khas dan berbeda dengan tampilan pecel yang didominasi warna hijau sayuran.

Selain itu, bumbu kacang pada gado-gado adalah bumbu kacang yang direbus bersama sedikit santan, bukan bumbu kacang yang dicairkan dengan air hangat, Guys. Biasanya bumbu disajikan terpisah dan disiramkan sesaat sebelum dikonsumsi.

Tahu Kupat

Foto: youtube.com

Tahu kupat sebenarnya hampir sama dengan pecel, tetapi bumbu kacang yang digunakan lebih sedikit karena yang rasa utama diperoleh dari kuah gula merah yang direbus bersama asam dan bawang putih halus. Tahu kupat berisi tahu, irisan kol mentah, tauge yang disiram air panas, tahu goreng setengah matang, irisan tomat, dan seledri serta taburan bawang goreng dan sambal kacang. Setelah semua isian tertata di piring kemudian disiram kuah asam dan sedikit kecap. Rasanya akan lebih enak ketika dimakan bersama denga kerupuk, Guys. Hemm … yummy!

Tahu Gimbal

Foto: lifestyle.sidonews.com

Tahu gimbal adalah makanan khas kota Semarang yang isiannya tahu, gimbal, dan sayuran yang kemudian disiram bumbu kacang, Guys. Gimbal adalah sejenis bakwan yang dibuat dengan bahan dasar tepung terigu dan udang.  Bumbu kacang yang dibuat agak kasar dengan tambahan air asam dan petis yang menghasilkan rasa khas sajian tahu gimbal.

Cara membuatnya adalah dengan memblender cabe, gula merah, dan bawang putih hingga halus, tambahkan petis dan kacang. Blender kasar dan tambahkan air asam serta air matang. Tahu yang sudah digoreng dipotong-potong, demikian juga gimbal yang sudah digoreng matang dan disajikan bersama dengan sayuran dan mentimun. Setelah semua ditata dalam piring, siram dengan bumbu kacangnya.

Karedok

Foto: unileverfoodsolutions.co.id

Karedok merupakan makanan khas Jawa Barat yang berisi sayuran dan saus kacang. Di Jawa Barat banyak sayuran dimakan mentah, Guys, sehingga karedok juga menggunakan sayuran mentah sebagai isiannya. Sayuran yang digunakan antara lain kacang panjang, terong hijau, timun, tauge, daun kol, dan daun kemangi.

Kacang panjang, terong, timun, dan daun kol diiris halus, sedangkan kemangi dan tauge disajikan utuh. Selain sayuran yang serba mentah rasa khas muncul dari bumbu kacang yang dibuat dengan tambahan kencur, terasi, air asam jawa, dan air jeruk limo, Guys. Pokoknya mantap dan sedap.

Rujak Cingur

 

Foto: sejarahunik.net

Rujak cingur adalah makanan khas Jawa Timur. Hampir sama dengan makanan bersaus kacang lainnya, tetapi ada yang khas yaitu isiannya ditambah dengan cingur atau kikil rebus kemudian digoreng sebentar. Selain kikil, ada ketupat atau lontong, tahu goreng, tempe goreng, kangkung rebus, dan tauge. Bumbu kacang yang digunakan juga memiliki campuran khas,  yaitu pisang klutuk dan petis udang yang ikut ditumbuk. Kalau kamu berkunjung ke Surabaya, jangan lupa mencicipi sajian ini, Guys!

Nah, Takaiters, itulah hebatnya bangsa Indonesia, dengan bahan dasar yang sama tercipta aneka bumbu dan hidangan yang mengundang selera. Semua hidangan itu mudah didapat di mana pun, Guys, jadi kamu tidak perlu khawatir jika ingin makan makanan bersaus kacang. Bangga, dong, kita sebagai bangsa Indonesia.