Hai Takaiters!

Jet lag adalah gangguan tidur berupa rasa kantuk pada siang hari dan sulit tidur pada malam hari. Hal tersebut biasanya timbul setelah melakukan perjalanan jarak jauh dengan pesawat, melewati zona waktu yang berbeda, seperti dikutip dari alodokter.com, Sabtu (31/10/2020).

Biasanya, jet lag ini tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa, namun anak-anak hingga bayi sekalipun. Gejala awal yang muncul ketika seseorang mengalami jet lag seperti susah berkonsentrasi, mudah lupa, mudah tersinggung, dehidrasi, hingga jantung berdebar.

Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi pada Takaiters yang akan melakukan perjalanan panjang, ada baiknya melakukan 6 langkah ini sebelum berangkat ke suatu tempat dengan zona waktu yang berbeda.

Yuk, disimak Tips Mencegah Jet Lag, Takaiters!

1. Adaptasi dengan pola tidur tempat tujuan

Sebelum Takaiters berangkat bepergian, ada baiknya untuk terlebih dahulu mencoba beradaptasi dengan pola tidur di tempat tujuan Takaiters nantinya. jika tempat yang Takaiters tuju berada di barat, Takaiters bisa menyesuaikan diri dengan tidur lebih telat dari biasanya.

Begitu juga jika tempat yang Takaiters tuju terletak di arah timur, maka Takaiters bisa mencoba untuk setidaknya tidur 30 menit lebih cepat dari biasanya.

2. Minum Banyak Air Putih dan Hindari Minum Kopi

Minum air putih memang sangat penting dalam upaya pencegahan jet lag. Dengan meminum banyak air putih, dehidrasi dan sakit kepala yang disebabkan oleh durasi penerbangan yang panjang akan sedikit teratasi.

Selain itu juga, sebisa mungkin Takaiters sebaiknya kurangi mengkonsumsi kafein seperti kopi. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi bisa memberikan efek sulit tidur sehingga Takaiters akan merasa lebih kesulitan untuk beradaptasi dengan jam tidur di tempat tujuan.

3. Minumlah Teh Hangat

Seperti yang diketahui bahwa teh memiliki bahan-bahan alami dapat membuat tubuh dan pikiran Takaiters segar kembali ketika diminum di pagi hari. Namun ada jenis teh yang cocok untuk membantu Takaiters tidur, yakni teh chamomile agar Takaiters bisa tidur lebih pulas

4. Berangkat lebih awal dari jadwal

Jika Takaiters berencana untuk pergi ke luar negeri untuk urusan bisnis atau bertemu kolega yang penting misalnya, maka jangan sampai Takaiters melakukan presentasi penting dengan kondisi yang tidak optimal karena jet lag.

Oleh karenanya, Takaiters  bisa mengakalinya dengan berangkat lebih awal. Dengan demikian, Takaiters memiliki waktu lebih untuk beristirahat terlebih dahulu dan tubuh Takaiters juga bisa beradaptasi dengan waktu di sekitar dengan lebih baik.

5. Pakailah alat bantu tidur saat di perjalanan

Perjalanan panjang memang sangat membosankan bukan? Apalagi jika di perjalanan tersebut kita malah susah tidur. Sudah badan lelah, jet lag pula akhirnya.

Oleh karenanya, untuk mengatasi hal tersebut, Takaiters bisa mengakalinya dengan cara menggunakan barang-barang seperti penutup mata, penutup telinga, dan bantal leher agar kamu bisa berada di posisi yang nyaman.

6. Usahakan tetap aktif bergerak

Saat berada di dalam pesawat, Takaiters bisa mencoba untuk tetap aktif dengan menggerakkan tubuh setiap setidaknya dua jam sekali. Takaiters bisa berjalan di lorong pesawat supaya sirkulasi darah dalam tubuh tetap lancar.

Nah, itulah tips mencegah Jet Lag, Takaiters!