Hai, Takaiters!

Pandemi corona yang telah berlangsung selama nyaris setahun ini memberi dampak yang besar terhadap berbagai lini kehidupan, bahkan perlahan mengubah kebiasaan orang-orang.

Masa-masa di rumah ketika Covid-19 ternyata membuat sebagian orang mengisi waktunya dengan ngemil. Hal ini berdasarkan hasil penelitian Snack Food Behaviors in Challenging Times yang menyebutkan bahwa kebiasaan mengonsumsi makanan ringan dan manis melonjak 8% selama pandemi.

Dilansir dari cnn.com (16/11/2020), seorang profesor dari Universitas New York, Marion Nestle,  menyatakan bahwa peningkatan konsumsi snack ini akibat dari kebosanan, pandemi dan kecemasan pemilu.

Marion juga menambahkan, bahwa semakin banyak ngemil, makin banyak pula kalori yang masuk. Hal tersebut tentu saja akan berdampak pada penambahan berat badan.

Takaiters, sebenarnya ngemil tidak selamanya buruk. Namun, jika kamu sedang diet atau merasa kebiasaan tadi berdampak negatif jangka panjang, yuk! Simak 5 tips ampuh ngemil sehat yang baik berikut ini!

1. Atur Jeda

Tips Ampuh Ngemil Sehat
Foto: pexels.com

Sebelum kamu memutuskan mengambil makanan, berhentilah sejenak dan pikirkan apakah kamu betul-betul menginginkannya? Atau cuma lapar palsu?

Dengan menimbang beberapa risiko, secara tidak langsung kamu juga telah menetapkan skala rasa laparmu. Contohnya, ambillah angka 1-10. Semakin besar angkanya, semakin besar pula kebohongan laparmu.

2. Jangan Ngemil Sambil Banyak Beraktivitas

Tips Ampuh Ngemil Sehat saat bekerja
Foto: pexels.com

Selain berpotensi tersedak, melakukan banyak hal dan ngemil di waktu bersamaan juga berpotensi membuat Takaiters makan dengan terburu-buru, sehingga tidak mengontrol jumlah kalori yang masuk.

Sangat disarankan untuk mengunyah pelan-pelan dan menikmati setiap gigitannya. Ini akan menjadikan suasana ngemilmu lebih menyenangkan. Mengunyah lambat juga membantu memudahkan proses pencernaan.

3. Buatlah List Camilan Jauh-jauh Hari

Tips Ampuh Ngemil Sehat sehari-hari
Foto: pexels.com

Ini dimaksudkan untuk menolongmu memilih dan memilah mana camilan yang paling sehat. Selain itu, kamu juga dapat dengan gampang mengatur porsi camilan yang diperlukan baik per hari ataupun per minggu, Takaiters. Daftar tadi juga melatihmu me-manage waktu yang pas untuk snacking.

4. Perhatikan Gizi Camilan

Foto: pexels.com

Zaman sekarang, jenis snack semakin beragam dan selalu terlihat menggiurkan untuk dicoba. Tapi, tahan dulu, Takaiters. Kalau kamu ingin belajar pola hidup lebih sehat, sebaiknya kenali dulu kandungan nutrisi yang ada di sajian.

Pandanglah snack sebagai salah satu alternatifmu menyeimbangkan gizi. Camilan seperti wortel, kacang-kacangan, buah, atau jus dalam porsi pas akan memberi vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Jadi, meski kamu sering ngemil, selama tidak berlebihan dan variasi gizinya seimbang, tidak akan masalah, Takaiters.

5. Perhatikan Design Dapur

Foto: pexels.com

Takaiters, bentuk dan peletakkan barang-barang di dapur ternyata dapat memengaruhi apa yang akan kita pilih untuk dimakan, loh. Nah, alih-alih meletakkan kue, permen atau minuman ringan, akan lebih baik kamu ganti dengan buah-buahan favoritmu.

Supaya, ketika ke dapur, kamu cenderung mengonsumi makanan yang paling mudah dijangkau dan menghindarkan diri dari ngemil sembarangan.

Itulah 5 tips ampuh ngemil sehat, Takaiters. Dengan memakan makanan yang sehat, kita juga akan terproteksi dari paparan penyakit, salah satunya Covid .

Namun, kamu tetap harus menyeimbangkan ngemil dengan olahraga supaya imunitas prima. Selamat mencoba, Takaiters!