Hai,Takaiters!

Tahu enggak, sih, kalau kentang itu sumber karbohidrat yang disarankan sebagai pengganti nasi putih? Kentang dipandang lebih sehat karena saat mengonsumsi kentang dan nasi  dengan berat yang sama, nasi akan memberikan total kalori, karbohidrat dan lemak yang  lebih banyak dibandingkan kentang. Namun, mengonsumsi kentang utuh tentu membosankan, Guys. Nah, ini dia beberapa olahan kentang praktis dan kekinian yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

Kentang Keju

foto: fimela.com

Kentang keju termasuk makanan kekinian yang disukai anak muda. Kamu bisa membuatnya sendiri, Guys. Bahan yang kamu perlukan  kentang kupas, kukus dan haluskan, maizena, keju parut, garam, lada halus, kaldu bubuk dan daun seledri yang diiris halus. Campur semua bahan sampai dapat dibentuk seperti stick, potong-potong sesuai selera dan goreng sampai kekemasan. Hemm… teksturnya renyak dan rasanya yummy.

Potato Wedges

Foto unsplash.com

Kentang juga dapat disajikan utuh sebagai potato wedges. Rasanya tidak kalah enak dari olahan kentang lainnya. Kamu hanya memerlukan kentang, belah menjadi 8 bagian, susu cair, telur, tepung terigu, garam, merica, bubuk kaldu, bubuk paprika, bubuk bawang putih, dan parsley kering untuk taburan jika suka.

Kamu hanya perlu mencampurkan telur dan susu, aduk hingga rata, sisihkan. Kemudian campurkan tepung terigu, garam, merica, bubuk kaldu , bubuk paprika, dan bubuk bawang putih, sisihkan. Setelah itu celupkan beberapa kentang ke dalam campiran susu dan telur. Lalu masukkan ke dalam adonan tepung. Goreng kentang hingga matang. Sajikan dengan  taburan parsley kering.

Kentang Sosis

Foto: peluangusaha.kontan.co.id

Kentang juga bisa disajikan bersama dengan sosis, Guys. Rasanya hampir mirip dengan kroket yang sudah biasa disajikan di acara hajatan masyarakat Indonesia. Bedanya hanya di isinya. Kroket biasanya berisi rogut sayuran, sedang kentang sosis berisi sosis. Tampilannya juga lebih menarik karena sosis di ujung luar akan berbentuk seperti gurita saat digoreng.

Kamu membutuhkan kentang, kukus atau rebus dan lumatkan, sosis potong jadi dua, tepung terigu, tepung maizena, garam, lada, kaldu bubuk secukupnya, bawang putih bubuk secukupnya  dan daun seledri cincang halus.

Untuk bahan pelapis gunakan telur yang dikocok lepas dan tepung panir. Sosis yang akan menjadi isi dikerat ½ bagiannya menjadi 4, bagian ini nanti akan menjadi bentuk gurita saat digoreng. Campur kentang dengan semua bahan kering kemudian aduk rata sambil tes rasa, Bungkus sosis setengah bagian atasnya dengan kentang, sisakan sedikit bagian yang sudah dikerat untuk kaki guritanya. Balur dengan telur kemudian panir dan goreng sampai kecokelatan. Kamu bisa menyajikannya dengan mayonaise, saus sambal atau saus tomat.

Kentang Goreng Tepung

Foto: sajiansedap.grid.id

Kalau kamu suka camilan kentang yang betul-betul praktis, kentang goreng tepung ini bisa jadi alternatif, Guys. Mudah banget membuatnya, semudah kamu menggoreng tempe! Kamu cukup menyiapkan  frozen potato, tepung terigu protein sedang, bawang putih bubuk, sedikit baking powder, lada, dan garam. Campur semua bahan tadi, ya, kemudian ambil sedikit bagian untuk ditambahkan air es. Campur rata kentang ke dalam bahan basah, kemudian balur ke bahan kering, goreng dalam minyak banyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang, goreng sampai kecokelatan. Angkat dan sajikan bersama saus kesukaan.

Potato Cokelat Ball

foto: resepyummy.com

Buat kamu yang suka camilan manis, kentang juga bisa, kok, dibuat camilan berasa legit. Meskipun proses pembuatannya sangat praktis, rasanya tak kalah enak dari donat kentang, lo. Kamu hanya perlu kentang kukus, mentega, keju parut, tepung maizena, cokelat meses untuk isian dan telur serta tepung panir sebagai bahan pencelup.

Pertama kamu harus mengukus kentang dan haluskan, selagi panas masukkan keju parut dan maizena, aduk sampai tercampur rata. Bulatkan dan isi bagian tengahnya dengan meses lalu padatkan. Balut ke telur lalu tepung panir goreng minyak panas api kecil sampai matang angkat tiriskan. Taraa … Potato Cokelat Ball siap disantap.

Nah, mudah dan praktis `kan, Takaiters. Daripada membeli, ada baiknya kamu mencoba membuat camilan kentang sendiri. Bahannya mudah didapat dan bisa dinikmati bersama keluarga atau teman-temanmu saat nonton acara televisi favorit.