Halo, Takaiters!

Tidur setelah salat subuh memang nikmat, ya, Guys. Apalagi kamu yang tinggal di daerah dingin. Sepertinya tak ada aktivitas yang paling mengasyikan, selain tidur di pagi hari. Betapa nikmatnya berada di bawah selimut, sementara, cuaca di luar sangat dingin.

Tapi, Guys, hati-hati lo, keseringan tidur setelah salat subuh akan mengakibatkan kesehatan kita memburuk. Berikut penjelasan bahaya tidur setelah subuh bagi kesehatan, Takaiters!

1. Sakit Kepala

bahaya tidur setelah subuh dan ashar
Foto: klikdokter.com

Alih-alih bangun tidur dengan badan bugar. Keseringan tidur pagi malah membuat kepala menjadi pusing. Itu terjadi, karena tubuh kamu tidak mendapatkan asupan udara segar.

Udara pagi sangat berbeda dengan udara siang ataupun malam. Sangat disayangkan sekali jika tubuh kita melewatkan udara segar yaitu oksigen yang belum terkontaminasi polusi udara.

2. Badan Terasa Nyeri

bahaya tidur sesudah subuh
Foto: halodoc.com

Guys, pernah enggak karena kebiasaan tidur di pagi hari, badan menjadi sakit. Lalu, malas beraktivitas. Wah, jangan sampai hal seperti itu terjadi pada kamu, ya.

Di pagi hari usahakan tubuhmu melakukan peregangan. Ini baik untuk melancarkan peredaran darah, sehingga aliran darah ke otot dan otak meningkat. Peregangan tubuh di pagi hari juga akan merelaksasi otot. Jadi, tubuh kamu akan terhindar dari pegal-pegal dan loyo.

3. Susah Berkonsentrasi

bahaya tidur lagi setelah sholat subuh
Foto: alodokter.com

Tidak bisa berpikir cepat, mudah lupa dan susah berkonsentrasi merupakan gejala yang harus diwaspadai akibat tidur terlalu lama. Jika hal tersebut dibiarkan berlarut-larut, maka hidup kamu sudah tidak berkualitas.

4. Gangguan Jantung

bahaya tidur pagi setelah subuh
Foto: halodoc.com

Inilah hal yang ditakutkan. Gangguan jantung. Orang yang terbiasa tidur di pagi hari, dikhawatirkan terkena gangguan jantung. Peregangan dan olahraga di pagi hari, akan membuat jantung kamu kuat.

Dan, sesuai tugasnya, ia akan menyalurkan darah ke seluruh jaringan dan organ tubuh dengan baik. Sebaliknya, jika kamu terbiasa tidur pagi hari, waspadalah. Ancaman gangguan jantung sedang mengintaimu.

5. Diabetes

Foto: lifepan.io

Selama ini terdapat beberapa mitos yang beredar tentang diabetes. Salah satunya yaitu, diabetes merupakan penyakit orang tua. Padahal faktanya, berdasarkan hasil penelitian dari International Diabetes Federation (IDF) tahun 2015, sekarang ini banyak sekali anak dan remaja yang didiagnosis menderita diabetes.

Jadi, diabetes itu bisa menimpa usia berapa saja. Itu disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Seperti merokok, kurang tidur dan akhirnya menuntaskan tidur di pagi hari. Selain tidak mendapat asupan oksigen, kesempatan berolahraga pun menjadi tidak ada.

Alhasil penyakit diabetes pun datang menghampiri. Kamu tahu enggak, diabetes itu merupakan pembunuh yang paling mematikan. Serem, kan?

Nah, itulah bahaya tidur setelah subuh, Takaiters! Mumpung belum terlambat, yuk, perbaiki kualitas hidup, dengan tidur yang cukup, hindari tidur di pagi hari, berolahraga dan pola makan yang baik. Insyaallah, kamu akan terhindar dari berbagai penyakit. Semoga bermanfaat.