Halo, Takaiters!

Virus dan bakteri merupakan organisme yang palng dikenal sebagai biang keladi penyakit, lo, Tidak salah memang, tetapi keduanya sangatlah berbeda. Kadang ada yang salah kaprah tentang virus dan bakteri.

Nah, supaya enggak salah, ketahui inilah 5 perbedaan virus dan bakteri.

1. Perbedaan Mendasar Antara Virus dan Bakteri

Perbedaan bakteri dan virus
Foto: pexels.com

Dari ukuran, virus lebih kecil dari bakteri. Jika di ibaratkan, Virus sebesar bola sepak sedangkan bakteri sebesar bus. Udah terlihatkan perbedaannya? Dari bentuknya saja sudah beda antara virus dan bakteri. Bakteri berbentuk batang sel tunggal, mempunyai membran sel dan secara genetik, bakterinya mempunyai DNA. Kalau virus tidak mempunyai sel tidak mempunyai membran sel dan genetiknya tidak tetap kadang RNA kadang DNA.

2. Beda Ukuran Juga Beda Cara Memperbanyak Diri

Perbedaan bakteri dan virus
Foto: smithsonianmag.com

Dari segi ukuran dan komposisinya sudah berbeda, apalagi cara memperbanyak diri. Bakteri dengan cara membelah diri, sedangkan virus memerlukan sel lain dijadikan rumah atau inang untuk mengembangbiakkan virus-virus lain. Jadi, ketergantungan dengan sel sehat serta mengambil alih fungsi sel. Ngeri banget.

3. Ternyata Beda Penanganan Virus dan Bakteri, lo

Perbedaan bakteri dan virus
Foto: financialtimes.com

Biasanya untuk penangan bakteri menggunakan antibiotik, Tetapi berbeda dengan virus. Salah satu contoh virus corona sampai saat ini belum ditemukan vaksin atau obat penyembuhnya. Biasanya dalam menangani yang terjangkit virus diisolasi agar tidak menyebar.

4. Penyakit yang Ditimbulkan Virus dan Bakteri Juga Berbeda

Foto: aljazeera.com

Dari segi bentuknya aja berbeda apalagi penyakit yang ditimbulkan. Sebagian besar virus salah satu orgasme yang paling merugikan karena perannya yang merusak sel-sel hdup sehat. Virus juga biang keladi penyakit yang mematikan di dunia. Berbeda dengan bakteri, Bakteri dapat ditangani secara medis biasanya penyakit yang diakibatkan bakteri bisa disembuhkan, lo.

5. Sebenarnya Virus dan Bakteri Antara Hidup dan Mati

Perbedaan bakteri dan virus
Foto: lifescience.com

Meskipun sama-sama organisme, tetapi virus dan bakteri dalam kehidupannya berbeda. Bakteri jelas mahluk hidup. Virus itu seperti zombi. Virus dikatakan bukan mahluk mahluk hidup karena tidak bisa berkembang biak selain menempel di sel sehat. Secara medis, virus tidak memiliki kriteria kehidupan.

Beda bangetkan perbedaannya? Virus dan bakteri biang keladi, tetapi bakteri juga ada yang bermanfaat seperti Lactobacillus casei untuk pencernaan. Kalau virus malah merugikan. Sudah mulai paham sekarang, ya, Takaiters? Semoga menjadi wawasan kita semua, ya.