Halo, Takaiters!

Puasa yang dilakukan selama hampir 13 jam di bulan Ramadan ini terkadang membuat tubuh terasa lemas dan tak bergairah untuk melakukan kegiatan. Keinginan untuk rebahan dan tak beraktivitas menjadi makin tinggi bahkan rasa kantuk yang selalu datang juga menjadi tantangan tersendiri selama berpuasa. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar rasa lemas itu tidak mengganggu puasamu. Apa saja yang bisa dilakukan? ini dia!

Tidur Siang Minimal 30 Menit

Fto: pexels.com

Bangun lebih awal untuk makan sahur membuat waktu tidurmu berkurang sehingga kamu bisa menggantinya dengan tidur siang. Selain itu, tidur siang ini juga berguna untuk mengisi ulang Kembali tenagamu agar tetap semangat dalam menjalankan puasa.

Tidur Malam Lebih Awal

Foto: pexels.com

Karena kamu harus bangun lebih awal untuk makan sahur, ada baiknya kamu tidur lebih awal. Hal ini dilakukan agar kamu tetap mempunyai waktu tidur yang cukup. Kurangnya waktu tidur di malam hari bisa menjadi pemicu rasa lemas yang kamu alami di siang hari.

Hindari Teh dan Kopi

Foto: viva.co.id

Mengkonsumsi teh dan kopi akan membuatmu sering buang air kecil sehingga akan membuatmu lebih cepat lemas dan juga haus. Sebaiknya perbanyak konsumsi air putih agar asupan cairan kamu tetap terjaga. Dengan begitu kamu akan menghindari rasa lemas yang melanda saat berpuasa.

Sahur Jelang Imsak

Foto: health.detik.com

Saat makan sahur, sebaiknya tidak usah bangun terlalu malam, tetapi makan sahur jelang imsak itu lebih baik. Selain tidak membuang waktu, kamu juga tidak akan menunggu waktu subuh tiba terlalu lama.

Olahraga Ringan

Foto: runtastic.com

Meskipun sedang berpuasa, tidak ada salahnya untuk tetap melakukan olahraga ringan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Waktu yang baik untuk berolahraga saat berpuasa yakni setelah sahur atau menjelang berbuka.

Konsumsi Sayur dan Buah-buahan

Sumber: pexels.com

Sayur dan buah-buahan yang kaya akan serat, vitamin, dan juga mineral akan membantumu tetap semangat dalam berpuasa. Jika asupan nutrisi dan cairan dalam tubuh terpenuhi, tubuhmu akan tetap sehat dan bugar. Hal ini akan membuatmu tetap semangat walaupun sedang berpuasa.

Nah, Guys, itu dia beberapa tips yang bisa kamu ikuti biar rasa lemas enggak melanda saat berpuasa. Jangan jadikan puasa sebagai halangan untuk tetap produktif, ya. Ada baiknya puasa ini dijadikan ajang untuk lebih produktif dan melakukan kegiatan yang berguna lainnya, selain meningkatkan kualitas ibadah tentunya.