Halo, Takaiters!

Waktu bagi setiap orang di dunia ini sama, lo, Guys, tetapi, kenapa kamu mengeluh kehabisan waktu?

Tenang, bukan cuma kamu yang sering merasa seperti itu. Lebih dari separuh orang di dunia juga mengalami hal yang sama. Terbukti dengan sedikitnya orang yang mampu bertahan dalam keberhasilan. Apakah kamu salah satunya?

Guys, berhubung setiap orang memiliki kegiatan yang berbeda, berikut tips untuk mengatur waktu supaya sesuai dengan kegiatanmu.

Tentukan Prioritas

FotoK Koleksi pribadi

Hal ini kamu yang lebih tahu. Buatlah daftar kegiatanmu setiap hari. Pertama tulis saja secara random, ingat-ingat, apa yang biasa kamu lakukan dari bangun sampai tidur lagi. Kemudian, kegiatan-kegiatan itu masukkan dalam beberapa kategori.

Selanjutnya kamu membuat rencana. Kamu tentunya tidak mau hidupmu tidak ada goal sama sekali, kan, Guys? Rencana-rencana ini nantinya akan kamu selipkan di antara daftar kegiatan yang sudah pasti.

Misalnya kamu seorang pelajar, kamu tentunya punya rencana ingin menjadi juara kelas atau dapat nilai bagus. Atau jika pekerja, ingin naik jabatan dan gaji misalnya. Nah, dari sana kamu bisa atur skala prioritas.

Buat list kegiatan yang paling penting terlebih dahulu, yang wajib dan tidak bisa ditinggalkan. Baru kemudian, kegiatan-kegiatan semacam hobi yang tentu saja menyenangkan akan membuang waktu banyak. Jangan sekali-kali hobi menjadi prioritas utama. Kamu akan kehabisan waktu hingga kegiatan lain tidak bisa terlaksana.

Petakan Jam

Foto: pexels.com

Setelah membuat list, lalu langkah apa yang kamu kerjakan? Petakan banyaknya waktu yang dibutuhkan. Misal,  dari 24 jam yang kamu punya, 8 jam untuk tidur, 10 jam sekolah, sisanya yang 6 jam kamu alokasikan untuk daftar pada list.

Manusia perlu mandi, makan, membersihkan tempat tinggal. Nah, kamu atur misalnya untuk mandi berapa menit, makan berapa menit, membereskan kamar dan baju berapa menit? Sisanya bisa kamu gunakan untuk mengerjakan hobi.

Jika ada tugas lebih, misal PR, waktu untuk hobi bisa di-skip sementara. Tentunya kamu harus segera menyelesaikan tugasmu supaya waktu yang lain tidak kehabisan. Mengerjakan segala sesuatu di awal itu lebih baik. Selain hasilnya lebih maksimal, kamu tidak akan gugup dan sering melihat waktu.

Atur Waktu Pelaksanaan

Foto: pexels.com

Tidak semua daftar yang kamu buat bisa selesai dalam sehari, Guys. Jadwal pelaksanaan juga perlu untuk dibuat. Katakanlah untuk pekerjaan rumah, bisa kamu petakan sesuai hari. Misal, hari Senin jadwal mencuci sprei, hari Rabu mencuci handuk, Jumat mencuci alat ibadah. Nah, lebih ringan, kan, daripada semua dicuci di hari Minggu?

Atau jika kamu ibu rumah tangga yang bertanggung jawab penuh pada urusan dapur, meskipun kamu juga bekerja, kamu bisa atur waktu belanja. Misal, setiap hari Minggu saja belanja untuk kebutuhan dapur. Setiap tanggal 5 kamu pergi untuk belanja bulanan. 3 bulan sekali baru mengunjungi departemen store untuk membeli baju.

Pemetaan ini akan mempermudah kamu dalam melakukan sesuatu. Pencatatan yang rapi juga meminimalisir kemungkinan ada jadwal yang terlewat. Jika semua terorganisir, kamu hanya tinggal menjalaninya dengan bahagia.

Disiplin dalam Mengerjakan

Foto: pexels.com

Setelah prioritas dibuat, waktu yang dibutuhkan setiap kegiatan pas pada porsinya, juga pengaturan pelaksanaanya sudah diatur, kamu hanya perlu menjalaninya dengan disiplin, Guys. Percuma dong kamu mengatur semua biar on street, eh kamunya sendiri yang melanggar.

Kedisiplinan itu memang perlu dipaksa awalnya, Guys. Namun, lambat laun kamu akan merasakan itu sebagai kebutuhan. Kamu tidak akan merasa terintimidasi dengan apa yang sudah kamu atur.

Nah, Guys, semoga dengan perencanaan di atas, waktu yang kamu miliki lebih bermanfaat. Selain itu, kamu bisa meraih goal yang sudah kamu impikan. Jika dalam prosesnya kamu masih belum berhasil, jangan khawatir, evaluasi di mana letak kesalahannya lalu kamu bisa perbaiki.