Hai, Takaiters!

Setiap orang pasti memiliki segudang aktivitas yang terkadang membuat diri lupa menjaga pentingnya kesehatan tubuh, ya, Guys. Padahal, kesehatan merupakan bagian yang berperan penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Tidak hanya kesehatan fisik, tapi kesehatan mental juga perlu dijaga, lho.

Dengan menjadikan kesehatan sebagai prioritas utama, artinya kamu mempunyai kesempatan lebih untuk menggapai cita-citamu, lho, Guys. Bicara tentang kesehatan fisik dan mental.

Yuk, simak tips untuk menjaga kesehatan fisik dan mental kamu. Apa saja tipsnya?

1. Olahraga Ringan

tips untuk menjaga kesehatan jantung
Foto: pexels.com

Membiasakan diri melakukan olahraga ringan setiap hari, berdampak baik untuk kesehatan fisik dan mental kamu, lho, Takaiters. Beragam olahraga ringan yang bisa kamu coba, nih, Takaiters.

Mulai dari jalan cepat, lari selama 10 sampai 30 menit sehari bisa kamu lakukan di halaman rumah atau sekitaran rumah saja hingga melakukan peregangan ringan untuk tubuh. Guys, hal ini telah terbukti bagi kesehatan fisik dan mental, lho.

Dengan olahraga kita otomatis akan meningkatkan kualitas tidur, menenangkan pikiran yang akan mengurangi tingkat depresi atau kecemasan dalam diri, juga bisa menyehatkan jantung, memperbaiki nafsu makan dan mencegah dari penyakit kronis.

Banyak banget kan manfaatnya, Guys? Jadi mulai sekarang yuk biasakan diri dengan rutin menjadwalkan olahraga ringan setiap harinya, ya.

2. Berdiam Diri

tips untuk menjaga kesehatan mata
Foto: pexels.com

Kepadatan aktivitas tidak hanya dapat menguras energi yang bisa membuat tubuh merasa lelah. Tapi, juga bisa menyita pikiran yang berpengaruh bagi kesehatan mental kita, ya, Guys.

Takaiters, berdiam diri selama 15 menit setiap hari artinya kita memberikan ruang diri untuk melepas seluruh kepenatan yang kita rasakan. Tidak memikirkan apa pun dan tidak mengkhawatirkan apa pun sejenak bisa berdampak besar bagi diri kamu, lho, Guys.

Suasana hatimu akan merasa lebih relaks dan kamu akan lebih mudah menjalankan life plan kedepannya, yang telah kamu list selama ini. Jangan biarkan pikiran terdistraksi oleh apa pun, ya. Jadi, jangan lupa beri ruang diri untuk istirahat, ya, Guys!

3. Tidur Cukup dan Berkualitas

tips untuk menjaga kesehatan dimasa pandemi
Foto: suara.com

Tubuh kita memang membutuhkan istirahat. Tapi, tidak hanya cukup. Dia juga membutuhkan istirahat yang berkualitas, lho. Seperti apa sih tidur yang berkualitas?

Tidur berkualitas artinya kamu benar-benar mengistirahatkan fisik dan pikiran kamu, Guys. Jadi, saat tidur jangan memikirkan tugas esok hari, atau hal-hal yang ingin kamu capai.

Karena itu akan membuat tidurmu terasa tidak nyaman. Jangan bawa beban atau kepadatan aktivitas ke dalam alam bawah sadarmu, ya, Takaiters. Berikan jeda waktu untuk tubuh dan pikiranmu dengan istirahat yang cukup dan berkualitas, ya, Guys.

Sehingga keesokan harinya kamu akan bangun dengan kondisi tubuh yang lebih segar. Coba, deh!

4. Menjaga Hidup dengan Penuh Energi, Empati, dan Antusias

tips untuk menjaga kesehatan dimasa pandemi
Foto: grid.id

Bersemangat dalam menjalani hidup pasti akan melahirkan pikiran yang positif dan tentu itu berdampak baik untuk perasaan dan fisik kamu, Guys. Manusia sebagai makhluk sosial juga perlu memiliki rasa empati yang bisa membuat suasana hatimu menjadi tenang dan bahagia.

Memiliki rasa empati artinya menghindarkan kamu dari sikap sombong, egois dan dapat mengembangkan kemampuan untuk evaluasi dan kontrol diri. Tidak hanya itu, Guys, antusias juga tidak kalah penting.

Karena memiliki sikap antusias artinya kamu telah menaikkan kepuasan hidup. Dan penuh syukur, membentuk hubungan positif, penerimaan diri yang baik, menjaga pertumbuhan pribadi.

Serta memiliki tujuan hidup yang lebih terarah, memupuk kesejahteraan, dan meningkatkan energi positif dan menurunkan energi negatif.

Nah, sudahkah kamu melatih dirimu dengan penuh energi, empati, dan antusias?

5. Cukup Asupan Air

pexels.com

Kapasitas tubuh kita lebih banyak mengandung air, ya, Takaiters. Itu sebabnya air menjadi komponen penting bagi kesehatan fisik kita, nih. Kekurangan air dapat menyebabkan masalah-masalah serius di dalam tubuh.

Seperti dehidrasi, mengganggu fungsi ginjal,
kurangnya asupan oksigen ke otak, dan memunculkan penyakit-penyakit serius lainnya. Guys, seringnya orang meremehkan hal sepele ini, nih. Dengan dalih kurang suka air putih sehingga tubuhnya pun tidak cukup kebutuhan airnya.

Penting banget, ya, untuk kamu bisa tetap menjaga asupan air yang cukup. Supaya tidak menyesal di kemudian hari. Persentase kebutuhan air bisa berbeda, nih, Guys, berdasarkan berat badan setiap orang, ya.

Kebutuhan air untuk pria, wanita dan anak-anak juga berbeda. Jadi, sudahkah kamu penuhi kebutuhan air cukup untuk tubuhmu?

6. Lakukan Hal yang Menyenangkan

tips untuk menjaga kesehatan mental
Foto: id.theasianparent.com

Memanjakan diri dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan itu perlu, lho, Guys. Misalnya kamu bisa mengerjakan hal-hal apa saja yang membuatmu merasa bahagia dan plong.

Mulai dari hobby seperti menggambar, mewarnai, dan memasak sampai hanya sekadar bermain games. Hal sepele ini bisa berdampak besar untuk hidup kamu kedepannya, lho.

Karena perasaan bahagia setelah melakukan hal yang kamu sukai itu tidak bisa dibayarkan oleh apa pun, ya. Nah, kapan terakhir kamu mengerjakan sesuatu yang kamu senangi?

7. Meluangkan Waktu Membaca

tips untuk menjaga kesehatan ginjal
Foto: pexels.com

Bukan rahasia lagi, nih, Takaiters. Membaca memiliki segudang manfaat yang besar bagi hidup kita, ya. Kenapa ini menjadi salah satu tips untuk menjaga kesehatan?

Karena melalui buku kita seperti menemukan harta Karun yang tersembunyi dari beragam cerita. Dan pengalaman menyenangkan yang bisa menjadi bahan bakar untuk menggapai impian kita.

Melalui membaca kamu juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan, dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, dapat menstimulasi mental, dapat mengurangi risiko terserang penyakit Alzheimer. Serta yang enggak kalah penting bisa mengurangi tingkat stress dan mengurangi resiko depresi. Nah, Takaiters, ada yang suka baca enggak, nih?

Itulah 7 hal sepele yang berdampak besar untuk hidup yang harus kamu biasakan setiap harinya, ya, Guys. Menjaga kesehatan itu sangat penting.

Jadi, perhatikan kesehatan fisik dan mental kita juga, ya, Takaiters dengan tips untuk menjaga kesehatan tersebut.