Kalian pasti mempunyai saudara, teman, atau sahabat yang seorang introvert. Orang introvert adalah orang yang cenderung suka menyendiri, pendiam, dan susah menyesuaikan diri. Orang introvert lebih banyak menggunakan lobus frontalis, yakni bagian otak yang bertugas untuk merencanakan, memikirkan penyelesaian masalah, serta mengingat.

Tipe orang introvert biasanya sangat sering menjauhi banyak orang, orang seperti ini lebih suka berbicara dengan 4 mata dibandingkan dengan berbicara bersama-sama. Terus bagaimana caranya untuk mendekati orang dengan tipe yang seperti ini?. Berikut tips untuk memahami dan mendekati seorang introvert :

Pertama, sapa, bertindak sopan, dan ciptakan suasana yang nyaman

seorang introvert pendiam dan misterius
Dekati dengan sopan (Foto : pexels.com)

Bagi mereka ini adalah hal penting untuk merasakan suasana yang menerima kehadiran mereka. Terlebih lagi jika mereka berada pada tempat yang belum pernah didatangin dengan orang-orang asing yang berada di sekitar mereka. Karena mereka tidak ingin membuang-buang tenaga mereka untuk seseorang yang tidak menerima kehadirannya. Mereka akan lebih banyak diam dan memperhatikan untuk pertemuan pertama dengan seseorang yang tidak di kenalnya

Kedua, kembali pada aktifitas yang kalian lakukan sebelumnya

seorang introvert pendiam dan misterius
Kembali ketempat aktivitas sebelumnya (Foto : pexels.com)

Jika langkah pertama berhasil, maka langkah selanjutnya adalah kembalilah pada aktifitas kalian sebelumnya. Hal ini dapat membuat seorang introvert menganggap kalian cukup ramah sehingga mereka akan mengajak kalian berbicara.

PILIHAN EDITOR

Ketiga, kamu akan mendapatkan hal yang mengejutkan setelah tahu lebih dalam seorang introvert

seorang introvert pendiam dan misterius
Mendapatkan hal yang belum kamu ketahui tentang seorang Introvert (Foto : pexels.com)

Jangan pernah mengira bergaul dengan seorang introvert akan sangat membosankan. Jika kamu tahu seorang introvert sebenarnya sedang menyembunyikan jati diri yang sesungguhnya terhadap seorang yang belum dikenalnya. Bisa saja jati diri mereka adalah seseorang yang menyenangkan, penuh humor, dan lebih bijak. Terlebih lagi jika kalian mempunyai hobi dan kesukaan yang sama.

Jika kalian berhasil melakukan langkah-langkah di atas, maka seorang introvert tidak akan ragu untuk menceritakan suka ataupun duka yang mereka alami. Apabila itu terjadi maka kamu patut untuk berbangga hati karena kamu tergolong teman hebat yang bisa dipercaya oleh mereka.

Seperti sepenggal kutipan dari Adrian Michael Green, ia berkata :

“Aku mengamati lebih dari saya berbicara; hanya karena saya tidak mengatakan apa-apa bukan berarti saya tidak ada yang dikatakan. Menulis telah menjadi pilihan saya untuk berkomunikasi tentang apa yang saya pikirkan.”

Tetap hargai ruang personal mereka, tenaga mereka sangat terbatas, jangan memaksa untuk terbuka ketika itu tidak terlalu dibutuhkan. Jadi jangan heran jika mereka hanya mempunyai sedikit teman karena mereka sudah terlebih dahulu menyeleksinya.