Hai, Takaiters!

Berenang di waterboom ataupun waterpark di tengah kota ataupun di obyek-obyek wisata yang mengusung konsep modern mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu, ya, Takaiters?

Namun, apa rasanya jika kamu berenang di kolam renang yang sederhana di pinggir sungai dan di tengah sawah? Pastinya akan berbeda sensasinya. Takaiters, mau coba? Yuk, kepoin sensasi berenang di Cangkring, Takaiters!

Lokasi Cangkring

Kolam Renang Pedesaan
Foto: instagram.com/wisata_air_sigaluh/ 

Cangkring adalah nama dari kolam renang yang berada di desa Prigi kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara. Jika dari kota Banjarnegara, Takaiters mengambil jalur lurus ke timur arah kecamatan Sigaluh. Sampai di Prigi patokannya adalah rumah makan Sari Rahayu 6. Dari rumah rumah makan tersebut masih maju sedikit hingga menemukan gapura yang bertuliskan Cangkring. Di situ kamu masuk ke dalam gang hingga menemukan sebuah area parkir yang cukup luas. Nah, disitulah lokasi kolam renang pedesaan, Cangkring.

Tiket masuk kolam renang pedesaan Cangkring

kolam renang pedesaan cangkring
Foto: doc.pribadi

Untuk bisa berenang di kolam renang Cangkring kamu cukup membayar Rp. 10.000,00/orang. Loket tiket ada di depan jalur pintu masuk kolam. Ketika akan memasuki area kolam renang, di depan pintu kolam sudah berdiri dua orang penjaga yang akan meminta tiket masuk. Ketika menyerahkan tiket penjaga tersebut langsung menyediakan tas kain untuk tempat alas kaki pengunjung.

Yup, disini semua pengunjung yang akan masuk ke kolam renang tidak diperbolehkan memakai sandal ataupun sepatu. Untuk itulah semua alas kaki wajib dilepas dan dititipkan di loker yang ada di sepanjang jalur pintu masuk. Awalnya pasti heran, tapi setelah tahu alasannya yaitu agar kolam renang tetap bersih maka pengunjung pun menjadi maklum.

Kolam Renang

Foto: instagram.com/wisata_air_sigaluh/

Memasuki area kolam renang, maka di depan pintu masuk terdapat kolam kecil sebatas mata kaki. Setelahnya kolam renang utama yang cukup luas dengan kedalaman kurang lebih 2 meter. Disisi sebelah barat kolam renang utama terdapat dua kolam renang untuk anak-anak kecil dan anak-anak remaja. Kedua kolam renang tersebut tidak terlalu dalam karena memang diperuntukkan untuk anak-anak dan remaja.

Kolam renang Cangkring memiliki air yang sangat jernih dan juga dingin. Disini tidak terdapat waterboom, perosotan besar atau permainan apapun di dalam kolam seperti yang ada di kolam renang yang sudah modern. Hanya saja ada perosotan sederhana yang meluncur dari atas ke kolam renang anak.

Itupun sangat sederhana. Kolam renang untuk anak-anak dan remaja juga tidak terlalu luas.Hal itu karena area Cangkring sendiri yang tidak terlalu luas. Semua tampak minimalis tetapi tetap nyaman.

Terapi Ikan

Foto: instagram.com/wisata_air_sigaluh/

Bagi pengunjung yang tidak ingin berenang di sediakan sebuah kolam terapi ikan. Disini kamu bisa duduk santai sambil menikmati gigitan kecil ikan-ikan yang mengerumuni kaki kamu. Bagi pengunjung yang tidak terbiasa pasti akan merasa geli dikerumni ikan-ikan sebanyak itu. Namun, bagiyang sudah terbiasa hal itu akan terasa seperti pijatan kaki yang nyaman.

Kios-kios Makanan

Foto: doc.pribadi

Di sepanang tepi kolam terdapat kios-kios makanan yang menjual beraneka ragam makanan dan minuman. Area tempat duduk untuk menikmati makanan juga tersedia di sisi sebelah kiri dan kanan kolam utama. Gazebo atau tempat untuk pengunjung bersantai juga sangat nyaman. Bagi pengunjung yang membawa barang berharga disediakan loker yang bisa disewa untuk menaruh barang.

Aula atau Ruang Pertemuan

Bagian paling ujung timur dari kolam renang Cangkring adalah bangunan kosong berbentuk joglo yang biasa digunakan sebagai aula atau tempat pertemuan dan juga untuk mangadakan berbagai acara dengan kapasitas peserta yang tidak terlalu banyak. Tempat ini bisa disewa dengan harga sewa yang relatif murah.

Takaiters, jika kamu bosan berenang di waterboom ataupun waterpark, kamu bisa mencoba datang ke Cangkring, ya? Kamu juga bisa mengadakan acara ulang tahun kamu atau reuni dengan teman-teman kamu disini. Untuk makan dan minuman tidak usah bingung karena pihak Cangkring juga bersedia menyiapkan semua keperluan kamu ya, Takaiters?

Bagaimana, Takaiters? mau merasakan sensari berenang di kolam renang pedesaan juga?