Halo, Takaiters!

Tahukah kamu tanggal 14 Agustus ini diperingati sebagai hari pramuka? Ya, hari ini akan membawa kita kembali ke kenangan masa-masa sekolah dulu.

Seperti yang kita ketahui, siswa SD, SMP, SMA sangat diwajibkan untuk mengikuti ekstrakuler pramuka setelah pulang sekolah.

Dulu, terkadang kita merasa berat mengikuti latihan pramuka, ya, Guys,  karena mengganggu waktu bermain. Tapi ternyata, kegiatan Pramuka memiliki banyak manfaat, lo. Apa sajakah itu? Yuk simak!

1. Kepemimpinan

Foto: jurnalpantura.id

Di dalam pelaksanaan kegiatan pramuka, Kakak Pembina selalu menujuk satu di antara masing-masing anggota untuk menjadi pemimpin. Ingatkah, Guys, biasanya yang dipilih adalah siswa yang berprestasi atau terlihat pemberani untuk memimpin regunya.

Ya, secara tidak langsung itu merupakan cara Kakak Pembina melatih kepemimpinan seseorang untuk bertanggung jawab terhadap kelompok atau anggotanya. Seorang Ketua Regu atau Pinru (Pemimpin Regu) harus memastikan semua anggotanya mematuhi jalannya kegiatan pramuka.

Nah, makanya yang dipilih rnggak sembarangan, ya, Guys.

2. Kerjasama

Foto: cnnindonesia.com

Ingat pernah membuat sebuah benda dari tali simpul? Biasanya para anggota pramuka ditugaskan membuat tandu yang bisa dipakai mengangkat anggota pramuka yang tengah sakit. Tandu ini dibuat dari tongkat pramuka dan tali. Jika kamu melakukannya sendiri tentu akan sulit, maka kerjasama seluruh anggota regu akan memudahkan.

Inilah cara pramuka melatih kerjasama para anggotanya, Guys.

3. Mandiri

Foto: id.wikipedia.org

Latihan kemandirian sangat terasa ketika para anggota melakukan kegiatan kemah atau kamping.Kita yang terbiasa dengan segala fasilitas orang tua, saat itu dituntut untuk menyiapkan segala sesuatunya sendiri.

Dari mulai makan, mandi, dan sebagainya. Meskipun terkadang melelahkan, tapi jujurlah itu sangat seru.

4. Disiplin

Foto: cakrabeswarakotamalang.blogspot.com

Pramuka dengan segala macam peraturan yang terkadang sangat ketat menjadikan para anggota berusaha disiplin dalam setiap kegiatan. Entah itu waktu atau perbuatan mereka. Jika tidak? Siap-siap dihukum Kakak Pembina.

5. Mencintai Alam

Foto: tribratanewspolrestasikkota.com

Kegiatan pramuka identik dengan menjelajah setiap tempat di alam terbuka. Secara tidak langsung membuat kita merasakan Tuhan begitu luar biasa menciptakan keindahan di dunia ini.

Menelusuri sungai dengan teriakan Kakak Pembina, atau mendatangi setiap pos yang sudah tertulis di peta, menjadikan penjelajahan alam terasa begitu nyata. Kamu pasti rindu kegiatan ini, Guys.

6. Keberanian

Foto: fimela.com

Seorang anggota pramuka dituntut untuk mampu menghadapi berbagai rintangan yang menghadang. Ini cara pramuka melatih kita untuk berani. Jika kamu tidak terbiasa menyusuri hutan, Pramuka ‘memaksa’ kamu untuk berani melakukannya.

Pramuka mengajari kita bahwa tidak ada yang perlu ditakuti, karena Kakak Pembina sebenarnya memerhatikan kita dari kejauhan, Guys. Mereka tetap memastikan kita dalam situasi yang aman.

7. Bertanggung Jawab

Foto: baituhidayah.org

Setiap kesalahan yang dibuat harus dipertanggngjawabkan. Jika kamu melanggar, hukuman akan mengajari kamu cara bertanggung jawab. Hukumannya pun tidak berat, bukan? Hanya meminta kita berjalan seperti kodok, itu mudah. Namun nilainya sangat tinggi. Mengajari kita bahwa setiap apa yang kita lakukan harus dipertanggungjawabkan.

8. Tolong-Menolong

Foto: pandupedia.com

Pramuka melatih kita bekerjasama. Tidak bisa kamu ‘menyelamatkan’ dirimu sendiri, Guys. Kita dituntut untuk saling tolong-menolong antar anggota.

Nah, itu dia, Guys, manfaat dari pramuka yang harus kamu tahu. Bagaimana, apakah membuatmu rindu masa sekolah?