Hai, Takaiters!

Sebagai milenial tentunya kamu harus melek huruf karena di era yang serba canggih ini kamu dituntut untuk bisa mengimbangi perkembangan tekhnologi yang semakin tinggi yang menuntut kreativitas berpikir dan bereksplorasi guna menghasilkan suatu perubahan kerahan kemajuan yang lebih baik lagi.

Pentingnya Melek Huruf

Foto: depositphotos.com

Bagaimana kita akan menjadi milenial yang maju kalau kita sendiri buta huruf? Untuk itu pentingnya melek huruf sangatlah ditekankan semenjak dini. Belajar mengenal huruf bisa dimulai dari rumah atau keluarga. Anak-anak usia pra sekolah diajarkan untuk mengenal huruf atau angka. Jika kemampuan menyerap baik bisa dilanjutkan dengan pelafalan huruf dalam kata dan kalimat karena tujuan melek huruf  yang paling mendasar adalah agar dalam keluarga mempunyai kemampuan dasar membaca, menulis, dan berhitung.

Peran Pemerintah Terhadap Pemberantasan Buta Aksara

Foto: paud-dikmas.kemdikbud.go.id

Di Indonesia sendiri pemerintah berkomitmen untuk menuntaskan buta aksara. Pemerintah mengajak masyarakat untuk peduli terhadap pemberantasan buta aksara. Terbukti dari jumlah penduduk yang belum melek aksara mulai berkurang. Pemberantasan terhadap penduduk yang buta aksara ini dimaksudkan agar bangsa Indonesia ini menjadi bangsa yang unggul tidak hanya dari sumber daya alamnya saja tatapi juga dari sumber daya manusianya.

Jika dari dalam keluarga sudah dikenalkan untuk melek huruf maka dalam proses pendidikan keaksaraan dalam pemberantasan buta aksara akan lebih effektif dan efisien.

Metode Pemberantasan Buta Aksara

Foto: berita bojonegoro.com

Berbagai cara dan metode diterapkan dalam pemberantasan buta aksara di negara kita tercinta Indonesia. Kita sebagai milenial juga dapat berkiprah dalam membantu menuntaskan buta aksara di negara ini. Banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan bersama rekan-rekan milenial lainnya seperti:

  1. Mendirikan kelompok gerakan melek huruf.
  2. Membuka kelas terbuka bagi masyarakat yang buta aksara
  3. Aktif kampanye tentang pentingnya melek huruf.

Kegiatan-kegiatan di atas bisa di wujudkan melalui pemberian pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya melek huruf melalui peyuluhan, bimbingan, dan pelatihan mengenal aksara sehingga nantinya mereka akan mampu untuk membaca, menulis, dan berhitung.

Jika kegiatan ini dilakukan dengan sungguh-sungguh maka bisa dipastikan jumlah masyarakat yang buta aksara di Indonesia akan semakin berkurang yang artinya Indonesia tidak lagi menjadi bangsa yang rendah taraf pendidikannya tapi sebagai bangsa yang unggul sumber daya manusianya.

Tanggal 8 September Di Tetapkan sebagai Hari Aksara Internasional

Foto: m.antaranews.com

Nah, Takaiters, sebagai wujud kepedulian terhadap pentingnya melek huruf, maka pada tanggal 8 September ditetapkan sebagai Hari Aksara Internasional oleh Unesco. Peringatan hari aksara internasional yang diperingati setiap tahun oleh seluruh negara-negara di dunia ini dimaksudkan untuk selalu mengingatkan pentingnya belajar, pentingnya membaca agar semakin bertambah ilmu dan pengetahuan yang nantinya berguna bagi kemajuan bangsa dan negaranya.

Selamat Hari Aksara Internasional, ya, Guys? Jangan lupa selalu membaca karena semakin banyak kamu membaca maka semakin banyak pula hal yang akan kamu ketahui dan semakin banyak kamu belajar maka semakin banyak pula tempat yang dapat kamu kunjungi.