Hai, Takaiters!

Berencana wisata dalam waktu dekat? Kenapa tidak ke Jepara saja? Jepara adalah kabupaten di pesisir utara laut Jawa, tepatnya 78 KM arah utara kota Semarang, ibukota Propinsi Jawa Tengah. Kabupaten Jepara terkenal dengan pantai Kartini. Nama pantai Kartini diambil dari nama pahlawan wanita yang lahir di kabupaten ini, yaitu RA Kartini. Selain pantai Kartini, berikut destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi di Jepara:

1. Pantai Bandengan

Foto: jejakpiknik.com

Pantai Bandengan terletak 7 km di sebelah utara Kabupaten  Jepara, tepatnya di desa Bandengan Kecamatan Jepara. Pantai  Bandengan  mempunyai pasir putih yang sangat indah. Pengunjung dapat menikmati berbagai ikan segar hasil tangkapan nelayan lokal dengan harga yang sangat terjangkau. Biaya masuk ke pantai ini juga cukup murah cukup membayar Rp5.000,00 setiap orang.

2. Benteng Portugis

Foto: lihat.co.id

Benteng Portugis terletak di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, 45 KM arah timur laut dari Kabupaten Jepara. Meski harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dari pusat Kabupaten, namun kamu tidak akan rugi datang ke sini. Selain kamu dapat melihat pemandangan benteng bersejarah yang dibangun oleh Portugis pada tahun 1923, kamu juga dapat menikmati pemandangan pantai yang sangat indah sebagai latar belakang benteng ini.

Dengan tiket masuk Rp5000,00 per orang kamu tidak akan rugi datang ke Benteng Portugis.

3. Pantai Teluk Awur

Foto: jejakpiknik.com

Pantai Teluk Awur teretak di Desa Teluk Awur kecamatan Tahunan. Pantai ini mempunyai ombak yang tenang dan landai. Pada hari kerja pengunjung tidak dipungut biaya masuk di kawasan pantai ini, sedang di hari Jumat-Minggu pengunjung cukup membayar Rp2.000.00 Jika kamu datang pada saat syawalan atau seminggu setelah Idulfitri, kamu dapat menikmati acara lomban atau sedekah laut, yang merupakan tradisi wilayah setempat.

4. Museum R.A. Kartini

Foto: indonesiakaya.com

Museum R.A. Kartini diresmikan pada tanggal 21 April 1975. Letak museum Kartini tidak jauh dari kantor kabupaten dan alun-alun Jepara, tepatnya di Desa Panggang Kecamatan Jepara.  Harga tiket masuk ke museum ini sangat terjangkau, yaitu Rp5000, 00. Selain menyimpan benda-benda peninggaan R.A. Kartini, di museum ini juga tersimpan benda-benda peninggalan kakak kandung R.A. Kartini, yaitu RMP. Sosrokartono.

5. Tugu Tiga Putri

Foto: id.wikipedia.org

Tugu Tiga Putri terletak  di bunderan Ngabul, Desa Ngabul Kecamatan Tahunan. Tugu ini melambangkan R.A. Kartini sang pencerah dengan ilmu, Ratu Kalinyamatan sang srikandi yang patriotisme, dan Ratu Shima sang pembela keadilan. Ketiganya adalah tokoh yang berasal dari Jepara.

Nah, Takaiters, tertarik untuk berwisata ke Jepara? Ayo, jadwalkan segera!