Selain Pahala Berlipat, Puasa Syawal Bermanfaat Bagi Kesehatan Juga, Loh?

Hai, Takaiters!

Setelah ramadhan berlalu, maka bergantilah dengan bulan syawal yakni bulan kemenangan setelah rangkaian kegiatan yang bernilai ibadah berhasil dilalui di bulan-bulan sebelumnya.

Di bulan syawal kamu juga bisa menuai pahala yang sangat besar diantaranya dengan menjalankan puasa syawal. Puasa syawal yaitu puasa yang dilakukan pada bulan syawal. Puasa syawal dilaksanakan selama 6 hari dimulai setelah perayaan hari raya idul fitri yaitu pada tanggal 2 hingga 7 syawal, namun bagi yang tidak bisa melaksanakan selama 6 hari berturut-turut tetap bisa melaksanakannya hingga akhir bulan syawal.

Hukum puasa syawal yaitu sunnah bagi umat muslim yang tidak memiliki tanggungan puasa wajib, baik yang memiliki nazar puasa, qadha puasa ramadhan ataupun hutang puasa ramadhan karena menstruasi bagi wanita.

Hukum puasa syawal menjadi makruh bagi umat muslim yang memiliki tanggungan diatas. Puasa syawal juga memiliki banyak hikmah dan puasa Syawal bermanfaat bagi kesehatan, loh? Apa saja hikmah puasa syawal, simak, yuk

1. Pahalanya Seperti Pahala Puasa Setahun

puasa syawal manfaatnya
Foto: tribunnews.com

Bagi mereka yang melaksanakan puasa syawal selama 6 hari, Allah menjanjikan pahala yang sangat besar dimana pahala orang yang berpuasa syawal sama dengan pahala orang yang berpuasa setahun.

2. Kekebalan Tubuh Meningkat

puasa syawal bermanfaat bagi kesehatan
Foto: sindonews.com

Sama dengan manfaat puasa pada umumnya, yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh, demikian halnya dengan puasa syawal. Menurut penelitian tentang kaitan puasa dan daya tahan tubuh. Maka ditemukan fakta bahwa rasa lapar selama berpuasa dapat memicu sel-sel induk dalam tubuh memproduksi sel darah putih baru yang berguna untuk melawan infeksi.

Penciptaan sel darah putih baru inilah yang akan membuat regenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melindungi tubuh dan menyingkirkan bagian-bagian sistem tubuh yang rusak atau tidak efisien selama berpuasa.

3. Mencegah Gangguan Pencernaan

Foto: merlinebroto.blogspot.com

Ketika berpuasa maka terjadi perubahan pola makan. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada sistem pencernaan dimana cara kerja sistem pencernaan akan berubah menjadi lebih lambat dari biasanya. Ketika memasuki hari raya idul fitri maka pola makanakan kembali seperti semula, agar sistem pencernaan tidak kaget maka dibutuhkan masa transisi selama beberapa hari. Nah, dengan puasa syawal selama 6 hari maka akan bermanfaat untuk mengendalikan masa transisi tersebut.

4. Mengontrol Gula dan Kadar Lemak Darah

beberapa Puasa Syawal Bermanfaat Bagi Kesehatan
Foto: bloggerceria.com

Bagi banyak orang lebaran merupakan ajang pembalasan untuk makan sepuasnya. Menu-menu lebaran pun biasanya sarat akan minyak dan lemak juga tinggi gula. Dengan puasa syawal maka gula dan lemak yang masuk dalam tubuh dapat dikendalikan.

5. Mencegah Penyakit Berbahaya

Foto: bukalapak.com

Rajin berpuasa baik puasa ramadhan maupun sunnah maka kekebalan tubuh akan terus meningkat dan resiko terserang penyakit pun akan berkurang. Hal ini dikarenakan metabolisme dalam tubuh meningkat sehingga akan mencegah terserangnya penyakit berbahaya.

Takaiters, meskipun ramadhan sudah usai dan kemenangan sudah tiba, namun bukan berarti kamu menjadi lengah dan melupakan semua kewajiban kamu apalagi yang terkait dengan ibadah.

Hendaknya apa yang sudah kamu tanam di bulan ramadhan, ketaatan dan kekhusuan dalam ibadah, kamu teruskan dibulan-bulan selanjutnya. Begitu juga dengan berpuasa. Makin rajin kamu berpuasa maka kesehatan pun akan semakin terjaga. Jadi, sudah tahu, kan, puasa syawal bermanfaat bagi kesehatan, Takaiters!