Hai, Takaiters!

Berbicara obyek wisata di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah pasti ingatan kita langsung tertuju pada Grojogan Sewu. Padahal terdapat banyak air terjun lain di Kabupaten Karanganyar yang tidak kalah indahnya.

Berikut 4 obyek wisata Air Terjun di Karanganyar yang harus kamu kunjungi, Takaiters! Yuk, simak!

  1.  Jumog

air terjun jumog di karanganyar
Foto: travel.kompas.com

Jumog yang berada di  Kecamatan Ngargoyoso ini belum lama dibuka untuk obyek wisata, tepatnya pada tahun 2014. Lokasi obyek wisata ini berada di timur Kota Solo dengan jarak sekitar 37,8 km.

Dengan tiket masuk Rp. 10.000 pengunjung dapat menikmati suasana air terjun yang alami berikut tebing dan hutan yang asri. Seperti Grojogan Sewu, Jumog merupakan air terjun yang berasal dari sumber mata air di kaki Gunung Lawu.

Objek wisata Jumog sangat cocok untuk rekreasi keluarga. Dari pintu masuk pengunjung cukup berjalan 300 meter untuk sampai di lokasi dengan menaiki sekitar 116 anak tangga.

Fasilitas wisata Jumog juga cukup lengkap. Terdapat play ground, kolam renang, rumah gebyog khas Jawa untuk istirahat dan aneka kuliner yang menjajakan makanan khas berada di sepanjang sungai.

Karen air yang jatuh mengenai tebing dan terbelah menjadi dua, Jumog juga dikenal dengan nama air terjun pengantin.

  1. Jurang Sundo

Foto: es-la.facebook.com

Jurang Sundo merupakan salah satu air terjun yang unik karena berada di tengah-tengah pemukiman warga. Saat ini untuk masuk ke kawasan wisata Jurang Sundo tidak dikenakan biaya. Tinggi Jurang Sundo sekitar 10 meter dan lebar 3 meter dan berada tidak jauh dari Grojogan Sewu, yaitu sekitar 2 km.

Kamu dapat menikmati keindahan Grojogan Sewu sekaligus mampir ke Jurang Sundo yang super alami ini.  Jika kamu dapat di pagi hari, maka kicauan burung yang hidup di alam akan menyambut kedatanganmu.

  1. Parang Ijo

air terjun indah di karanganyar
Foto: brilio.net

Parang Ijo berada di jalur candi Cetho dan Sukuh, tepatnya di Kecamatan Ngargoyoso. Objek wisata ini sangat asri dan sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet, rumah makan, mushola, dan arena bermain anak-anak.

Bagi pengunjung yang ingin menguji nyali dapat mencoba wahana flying fox yang berada di sebelah atas. Terdapat fasilitas untuk berswafoto yang dilengkapi spot dengan tulisan “Air Terjun Parang Ijo”. Lokasi wisata ini dikelola secara mandiri oleh masyarakat setempat dan kondisi alamnya yang eksotis tetap dipertahankan.

  1.  Sewawar Sedinding

Air terjun SEwawar Sedinding
Foto: sanjayatour.com

Sewawar Sedinding sebenarnya merupakan nama dua air terjun yang berbeda namun berada di lokasi yang sama. Obyek wisata ini termasuk wilayah Kecamatan Jenawi. Lokasi  Sewawar relatif lebih mudah dikunjungi dibanding Sedinding. Tinggi  Sewawar sekitar 25 meter dengan lebar sekitar 15 meter.

Bagi kamu yang menyukai lokasi wisata dengan jalan yang ekstrim, kamu dapat mengunjungi Sedinding yang berada tidak jauh dari Sewawar. Jalan menuju Sedinding cukup terjal dan licin. Tidak sebesar Sewawar, tinggi Sedinding hanya sekitar 7 meter dengan lebar sekitar 2 meter.

Kamu tidak akan menyesal berkunjung ke dua lokasi ini karena pemandangan alam yang disuguhkan sungguh indah dan asri.

Takaiters, Kamu mempunyai rencana berwisata ke Kabupaten Karanganyar? Ke-empat air terjun tersebut dapat menjadi alternatif yang sayang jika tidak dikunjungi.