Hai, Takaiters!

Adakah diantara kalian yang masih sering berkirim surat? Mungkin jaman sekarang udah jarang orang berkirim surat dikarenakan adanya media komunikasi yang semakin canggih untuk berkirim pesan atau berkomunikasi.

Jika kita melihat kembali ke masa lalu sebelum adanya whatshap, sms, email dan sejenisnya surat merupakan satu-satunya cara untuk berkomunikasi. Pengirimannya sangat mudah, kita hanya perlu menempelkan perangko dan memasukkannya pada kotak surat atau datang sendiri ke Kantor Pos.

Pada waktu itu Kantor Pos adalah satu-satunya instansi atau lembaga yang menaungi tentang persuratan atau pengiriman uang dan barang.

Hingga sekarangpun kantor pos masih memberikan pelayanan pengiriman bahkan semakin berkembang dengan memperluas bentuk layanan. Mau tahu banyak tentang dunia perposan? Simak, yuk?

  • Sejarah Pos Indonesia

sejarah pos indonesia bandung
Foto: tirto.id

Sejak kemunculannya yang pertama di tahun 1602 hingga sekarang dunia perposan Indonesia sudah mengalami perkembangan yang signifikan. Jika dulu layanan pos hanya untuk kota-kota tertentu saja dan belum didirikan gedung resmi sebagai kantor layanan maka secara perlahan pos Indonesia mengalami kemajuan.

Kemajuan drastis terjadi pada tahun 1906 dimana sistem pelayanan pos di Indonesia berubah menjadi Posts Telegraafend Telefoon Dienst atau Jawatan Pos, Telegraf, dan Telepon (PTT) karena adanya pengaruh masuknya arus perkembangan teknologi telepon dan telegraf.

Jawatan ini awalnya dikuasai oleh militer Jepang namun setelah diambil alih oleh Angkatan Muda (PTT) jawatan PTT ini juga secara  resmi berubah menjadi jawatan PTT Republik Indonesia.

Peristiwa ini terjadi pada tanggal 27 September 1945 dan hingga sekarang tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hari Bakti Pos, Telegraf dan Telepon atau Hari Bakti Parpostel.

  • Layanan Pos

sejarah pt pos indonesia
Foto: indonesiakaya.com

Layanan Pos di Indonesia berada dalam naungan PT Pos Indonesia yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara. Pelayanan pos menyebar ke berbagai penjuru daerah mulai dari kota-kota besar hingga ke kota kecil.

  • Jenis Layanan Pos

sejarah logo pos indonesia
Foto: kompas.com

Produk layanan pos secara umum di bagi menjadi dua yaitu Bisnis Surat Pos (BSP) dan Jasa Keuangan. Bisnis Surat Pos mencakup kegiatan layanan pengantaran surat atau paket berupa barang atau benda.

Layanan ini mencakup layanan domestik dan luar negeri. Sedangkan Jasa Keuangan adalah layanan berupa pengiriman uang, giro, distribusi dana dan sebagainya. Selain itu ada perangko dan materai.

Perangko adalah alat yang digunakan sebagai bukti telah melakukan pembayaran akan jasa layanan pos yang digunakan. Perangko diterbitkan dalam beragam seri sehingga banyak orang yang mengkoleksinya.

Sedangkan materai adalah bukti syah atau validyang digunakan ketika menyetujui suatu perjanjian atau kesepakatan.

Nah, Guys, sudah tahu, bukan? Tentang sejarah Pos Indonesia dan layanannya? Ini bisa jadi referensi buat kamu ketika akan mengirim surat penting ataupun paket berupa uang atau barang. Pos Indonesia akan selalu memberikan pelayanan prima untuk costumernya.

Selamat Hari Pos Telekomunikasi Telegraf Indonesia, 27 September 2020.