Hai, Takaiters!

Buah zaitun merupakan salah satu buah yang disebut di dalam Al-Quran. Buah ini sudah dimanfaatkan orang sejak zaman dahulu jauh sebelum teknologi secanggih saat ini. Minyak yang dihasilkan dari buah zaitun inilah yang banyak dimanfaatkan orang.

Minyak zaitun, selain bisa digunakan sebagai bahan masakan juga dipakai sebagai bahan alami kecantikan dan kesehatan. Kandungan lemak tak jenuhnya yang tinggi, bebas kandungan kolestero,  dan  lemak trans membuat minyak zaitun memberi manfaat besar untuk kesehatan. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam minyak ini juga dapat mencegah penuaan dini dan menjadi nutrisi bagi kulit.

Minyak zaitun yang baik dikonsumsi langsung adalah jenis extra virgin olive oil, yaitu minyak zaitun berkualitas tinggi yang dihasilkan dari proses sekali perasan dengan gaya tekanan dan tidak melalui proses pemanasan.

Mengonsumsi minyak zaitun setiap hari sebanyak satu sampai tiga sendok  makan saat perut kosong akan sangat bermanfaat pada tubuh. Diminum sebelum berangkat tidur malam dan saat bangun tidur di pagi hari. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi minyak ini juga tidak boleh berlebihan, sebaiknya minum paling banyak tiga sendok makan setiap harinya.

Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Menjaga Kelembaban Kulit

Foto: qupas.com

Jika rutin mengkonsumsi minyak zaitun, maka dalam waktu satu sampai dua bulan akan dirasakan hasilnya. Kulit menjadi lembab dan lebih kenyal sehingga kosmetik pelembab kulit pun tidak lagi terlalu diperlukan. Selain diminum, untuk mengatasi kulit yang sangat kering  minyak zaitun bisa diaplikasikan pada kulit tangan, kaki maupun untuk seluruh tubuh bahkan wajah.

2. Memudahkan Program Diet

Foto: tipsdetox.com

Di samping berfungsi menyehatkan kulit, rutin mengkonsumsi minyak zaitun setiap hari dapat melancarkan program diet penurunan berat badan. Minyak zaitun akan membantu menekan keinginan makan lebih banyak dan membantu mencerna makanan lebih baik.

3. Membantu Menjaga Tekanan Darah

Foto: helodoc.com

Lemak tak jenuh yang terkandung dalam minyak zaitun bisa menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi. Inilah manfaat lain dari mengkonsumsi minyak zaitun. Tekanan darah yang terjaga juga akan menurunkan risiko berbagai penyakit lain yang mungkin muncul, seperti penyakit jantung dan stroke.

4. Mengencangkan Kulit Wajah

Foto: itibabeauty.wordpress.com

Membuat masker wajah dengan bahan campuran satu sendok makan minyak zaitun dan satu sendok makan madu akan membantu mengencangkan kulit wajah. Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun dapat menjaga kadar air pada kulit wajah dan mengurangi munculnya keriput yang muncul terlalu dini.

5. Mengatasi Kerontokan Rambut

Foto: prelo.co.id

Dengan mengoleskan minyak zaitun pada rambut secara rutin akan membuat rambut lebih lembab dan sehat. Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun akan memelihara kesehatan rambut.  Rambut yang sering bersentuhan dengan obat kimia karena proses pewarnaan atau pengeritingan bisa mengalami kekeringan, patah, dan rontok. Untuk itu, minyak zaitun akan membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mengatasi kerontokan.

Demikian beberapa manfaat dari minyak zaitun dan masih banyak manfaat lain dari minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan. Kamu sebaiknya mulai merutinkan untuk minum minyak zaitun, tubuh akan sehat, kulit dan wajah akan cantik alami.