Hai, Takaiters!

Suka makan sayuran? Jika “Ya”, tentu saja itu sangat bagus. Sayuran adalah salah satu sumber pangan sehat yang kaya serat dan nutrisi.

Tapi, tunggu dulu. Ada beberapa sayuran yang ternyata kudu kita konsumsi dalam keadaan mentah. Kenapa coba?

Seperti dilaporkan The Healthy, beberapa waktu lalu, meski mungkin menimbulkan rasa kurang nyaman di lidah apabila dimakan mentah, beberapa sayuran berikut ini justru akan memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan kita.

1. Brokoli

Sayuran mentah yang sehat
Foto: cekaja.com

Kalian pasti tak asing dengan brokoli. Jika selama ini suka menyantap brokoli dalam kondisi sudah dimasak, mulai sekarang cobalah menikmatinya dalam keadaan mentah. Brokoli mengandung senyawa antioksidan yang disebut sulforaphane dalam jumlah tinggi, yang dapat membantu mencegah kanker, diabetes tipe 2, penyakit jantung, peradangan, depresi, dan kondisi kesehatan yang serius lainnya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2008 di Journal of Agricultural Food and Chemistry menemukan bahwa tubuh kita akan menyerap sulforaphane lebih cepat saat kita makan brokoli mentah daripada yang dimasak.

Studi lain dari tahun 2009 menemukan bahwa memasak sayuran dengan berbagai cara — termasuk menggunakan microwave, merebus, dan menumisnya — menurunkan kadar vitamin C-nya.

Jika kalian masih tidak tahan mengunyah brokoli mentah, cobalah mengukusnya. Metode memasak ini memiliki pengaruh paling kecil terhadap kerusakan nutrisi yang ada di dalam brokoli.

2. Bawang putih

Sayuran yang bisa di makan mentah
Foto: bola.net

Seperti bawang merah, bawang putih perlu sering dikonsumsi. Sayuran ini mengandung agen antiplatelet (pengencer darah)  yang mampu mencegah penyakit kardiovaskuler. Tapi, agar agen antiplatelet yang ada dibawang putih ini efektif, mesti dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa memanaskan bawang putih pada suhu 392 derajat selama enam menit akan menekan aktivitas antiplatelet yang ada pada bawang putih. Selain mengandung agen antiplatelet, bawang putih mentah berkhasiat pula sebagai antibakteri dan antikanker.

3. Paprika merah

Foto: liputan6.com

Sayuran yang satu ini sebaiknya mulai dimasukkan ke dalam daftar yang wajib dikonsumsi dalam keadaan mentah. Berbagai riset menunjukkan paprika merah mampu meningkatkan kekebalan tubuh berkat kandungan vitamin C-nya yang dahsyat. Paprika merah mengandung hampir tiga kali lipat vitamin C dibandingkan dengan vitamin C yang ada pada jeruk. Jika dimasak, maka vitamin C ini akan hancur.

Sebuah kajian yang diterbitkan pada tahun 2015, di jurnal Antioxidants, menunjukkan bahwa paprika merah juga memiliki lebih banyak antioksidan daripada jenis paprika lainnya, dan diyakini memberi manfaat besar dalam hal melindungi terhadap jenis kerusakan oksidatif pada sel yang menyebabkan kanker, diabetes, Alzheimer, dan sejumlah penyakit degeneratif lainnya.

4. Bit

Foto: hellosehat.com

Bit termasuk bahan pangan yang mengandung berbagai nutrisi menyehatkan. Di dalam bit, selain terdapat lima vitamin esensial, juga terdapat kalsium, zat besi, kalium, dan protein. Jangan lupa, bit juga mengandung serat dan asam folat tingkat tinggi (salah satu bentuk vitamin B9). Namun, jika kamu memasaknya, maka kamu akan kehilangan sekitar 25 persen asam folat, vitamin serta mineralnya.

Jadi, upayakan mengkonsumsi bit dalam keadaan mentah agar beragam kandungan nutrisinya dapat benar-benar bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, Takaiters.