Hai, Takaiters!

Inovasi kuliner memungkinkan kita berhadapan dengan menu masa kini yang variasinya meningkat dengan cita rasa nan menggoyang lidah. Namun, meskipun demikian tetap saja selera asal tak dapat dilupakan.

Kuliner khas sebagai identitas budaya, merupakan bagian dari jati diri setiap orang. Oleh karena itu, kemana pun kaki melangkah selera kampung halaman akan selalu dirindukan. Salah satu menu kampung itu adalah sayur umbut.

Sayur umbut merupakan sayuran khas orang Kalimantan, yang menggunakan umbut sebagai bahan utamanya. Umbut adalah batang muda atau pangkal pucuk yang belum berkembang dari pohon kelapa, sawit, dan lain lain.

Walaupun ada beberapa jenis pohon yang sering diambil umbutnya, namun yang sering dijadikan sayur adalah umbut kelapa atau umbut kelapa sawit. Teksturnya yang crunchy dengan rasa manis alami membuat umbut ini sangat enak dimakan. Bahkan, ada sebagian orang sengaja menikmati umbut ini dengan cara dimakan mentah hanya di cocol sambal saja. Namun, tentu saja rasanya akan jauh lebih nikmat jika dimasak.

umbut kelapa
Foto: wahidayatulaswa.blogspot.com

Pilihan Editor



Dulu, Umbut ini tersedia saat diselenggarakannya hajatan besar, seperti acara pernikahan dan upacara adat. Umumnya, sebagian besar warga menyiasatinya dengan banyak menanam pohon kelapa.

Namun kini, seiring banyaknya perkebunan kelapa sawit yang bertebaran. Kelapa bukan lagi menjadi satu-satunya penyedia sayur umbut. Akibat jumlah pohon kelapa yang kalah banyak dibanding sawit membuat orang-orang lebih sering menggunakan umbut kelapa sawit dibanding kelapa.

Demikian populernya umbut ini. Tak heran, jika ada selamatan atau kenduri, sayur umbut menjadi menu yang wajib ada dalam acara tersebut. Umbut biasanya dimasak dengan kuah kari. Biasanya sebagian masyarakat memadukan umbut dengan labu kuning. Rasa manis dari umbut dan labu bercampur dengan gurihnya santan dan bumbu. Menghasilkan cita rasa yang Lezat banget, loh, Guys. Apalagi penyajiannya disantap bersama ikan asin bilis dan sambal terasi, pasti acara makan akan terasa semakin nikmat.

Tapi, bagi yang tidak ingin memasaknya dengan menggunakan banyak bumbu bisa juga, loh. Cukup umbut, labu kuning, pucuk labu kuning, dan kecambah dengan bumbu irisan bawang merah dan bawang putih serta santan, sayur umbut ini pun sudah enak juga, kok.

Nah, demikian cerita tentang sayur umbut. Kalau menebang pohon kelapa, jangan buru-buru dibuang semua. Ambil umbutnya untuk dibuat sayur. Rasanya enak, kok. Coba saja!