Hai, Takaiters!

Tidak terasa sudah seminggu, ya, berpuasa? Gimana nih, puasa kamu? Pastinya semuanya berharap bisa menyelesaikan puasa selama sebulan penuh tanpa suatu halangan apapun, bukan? Terkecuali bagi wanita yang mengalami masa pms ya, Takaiters? Yang sudah jelas tidak diwajibkan untuk berpuasa tetapi tetap menggantinya setelah ramadhan berakhir.

Nah, giman nih dengan yang sedang sakit? Bagi kamu yang sakit ada dua pilihan. Jika kamu menderita sakit akut atau memerlukan perawatan intensif, sebaiknya kamu tidak usah berpuasa, namun sebaliknya jika sakit kamu adalah sakit yang ringan dan masih kuat untuk melanjutkan puasa, lanjutkan saja puasa kamu.

Namun dengan catatan kamu benar-benar kuat dan sakit kamu tidak akan membuat puasa kamu rusak atau batal ya, Takaiters? So, apa sih yang harus kamu perhatikan agar bisa melanjutkan puasa meski sedang sakit? Simak yuk, tips untuk tetap berpuasa ini, Takaiters!

1. Kenali Penyakit Kamu

Tips Untuk Tetap Berpuasa bagi yang sakit
Foto: halodoc.com

Sebelum memutuskan untuk tetap berpuasa disaat sakit atau kondisi tubuh yang sedang tidak baik, ada baiknya kamu mengenali penyakit kamu atau apa yang sedang kamu rasakan dengan kondisi tubuh kamu yang tidak seperti biasanya.

Jika kamu hanya sakit karena kelelahan atau sakit ringan seperti batuk, pilek, alergi dan sebagainya maka kamu bisa terus melanjutkan puasa kamu sepanjang kamu yakin kalau kamu mampu dan kuat untuk berpuasa. Namun, kamu jangan melanjutkan berpuasa jika nantinya akan memperparah sakit kamu, ya, Takaiters?

2. Istirahat Yang Cukup

tips untuk tetap lancar berpuasa
Foto: wowkeren.com

Jika kamu ingin terus berpuasa saat kamu sakit atau kondisi tubuh kamu tidak dalam kondisi yang sehat atau stabil maka kamu sebaiknya memiliki waktu istirahat yang cukup. Tubuh yang tidak sehat akan terasa lemah, jika terus dipaksakan untuk beraktifitas maka justru akan membuat tubuh semakin lemah dan jatuh sakit yang lebih parah.

Untuk itu sebaiknya gunakan waktu kamu untuk istirahat. Perbanyak tidur dalam kurun waktu sehari dari habis subuh hingga menjelang maghrib. Jikapun kamu merasa lelah tidur, kamu bisa lakukan aktifitas ringan seperti duduk di sofa sambil membaca al-qur’an ataupun dengerin pengajian.

3. Siapkan Menu Berbuka dan Sahur Dengan Makanan Yang Bergizi Tinggi

Foto: hot.liputan6.com

Pada saat berpuasa maka energi akan berkurang. Apalagi jika kondisi tubuh dalam keadaan sakit atau tidak fit jelas tubuh akan terasa makin lemah. Untuk terus bisa melanjutkan puasa meski kondisi tubuh kamu tidak fit maka kamu harus memberikan nutrisi yang lebih pada tubuh kamu.

Berbukalah dan sahur dengan makanan yang bergizi tinggi yang mencakup makanan 4 sehat 5 sempurna. Mulai dari mengkonsumsi sayuran, lauk yang bergizi, juga minuman yang bergizi dan menambah energi.

4. Mengkonsumsi Vitamin atau Obat Yang Dibutuhkan

Foto: detik.com

Dalam kondisi tubuh kamu tidak sehat dan tetap ingin berpuasa sebaiknya kamu mengkonsumsi vitamin untuk menambah daya tahan tubuh kamu agar kuat berpuasa. Kamu juga sebaiknya minum obat yang sesuai dengan sakit kamu pada saat berbuka dan sahur agar sakit kamu segera sembuh dan tidak bertambah parah.

Sebelum memilih vitamin atau obat yang akan kamu konsumsi, ada baiknya kamu konsultasi dengan dokter kamu. Mana vitamin dan obat yang bisa kamu minum agar tidak terjadi kesalahan.

Takaiters, dengan melakukan tips untuk tetap berpuasa diatas, kamu boleh kok, tetap berpuasa meski dalam keadaan tubuh yang tidak fit atau kurang sehat selama kamu bisa menjaga tubuh kamu agar tidak jatuh sakit yang lebih parah. Selamat berpuasa.