Hello, Takaiters!

Indonesia memang kaya dengan beragam budaya dan tradisi yang patut dibanggakan. Ini terbukti di mana Indonesia memiliki beragam kota unik, salah satunya kota yang penuh dengan biara. Penasaran, Takaiters? Yuk, ikuti ulasan Takaitu berikut ini!

Ruteng, kota unik ini berada di bagian timur Indonesia yang mempunyai luas 7.136,4 km. Terletak di dataran tinggi 1.200 meter di atas permukaan laut. Di kelilingi perbukitan dan Gunung Anak Ranaka. Menjadikannya lebih sejuk dibanding kota-kota lain yang berada di Flores.

Kota Ruteng memiliki intensitas hujan yang cukup tinggi yaitu 3,340 mm/tahun, yang menawarkan kesejukan sepanjang tahun. Kota Ruteng juga mempunyai kawasan hutan hujan tropis yang kaya akan flora dan faunanya. Hamparan bukit, lembah, dan petak-petak
sawah menambah cantiknya kota ini.

Mengunjungi kota ini seakan berada di abad pertengahan, masa kejayaan  Eropa. Banyak bangunan khas Gereja Katolik kuno. Melalui arsitekturnya wisatawan diajak menikmati wisata sejarah dan budaya yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa objek wisata Ruteng yang tak akan ada di kota lain.

1. Biara dan Gereja di Berbagai Penjuru

Foto: travelingyuk.com

Memiliki banyak biara, yaitu tempat pertapaan para biarawan dan biarawati. Sehingga dijuluki “Kota Seribu Biara”. Gereja Santo Yoseph berdiri megah dengan arsitektur khas Eropa. Menurut beberapa literatur sejarah, Bangsa Portugis pernah menguasai Ruteng, karena pengaruh Bangsa Portugis yang begitu kuat, tak heran 90% penduduknya penganut Katolik.

2. Kampung Adat Wae Rebo

Foto: pegipegi.com

Menikmati kabut yang turun dan memandang langit yang bertabur bintang serta bercengkrama langsung dengan penduduk lokal ketika berada di rumah adat, sungguh pengalaman yang luar biasa. Uniknya menurut cerita turun-temurun
leluhur masyarakat Wae Rebo berasal dari Minangkabau. Tahun 2012 Kampung Wae Rebo mendapat penghargaan Asia Pasific Award for Culture Heritage Consevation dari UNESCO. Sebuah penghargaan yang patut diapresiasi oleh bangsa Indonesia.

3. Gua Liang Bua

Foto: merdeka.com

Gua yang memiliki panjang 50 meter, lebar 40 meter, dan tinggi 25 meter, berlokasi di Dusun Rampasasa, Desa Liangbua, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Mangarai, Flores.
Gua  unik ini terkenal hampir di seluruh  dunia.
Sejak ditemukan manusia purba dengan sebutan hobbit dari Flores, yang
memiliki tinggi sekitar 100 cm dan berat 25 kg.

Demikian Takaiters, bagaimana  tertarik berkunjung ke Ruteng? Kamu akan disambut dengan banyak destinasi dengan sensasinya dijamin berbeda.