Hai, Takaiters!

Belakangan ini konten horor di Youtube Indonesia semakin beragam. Sebutlah para youtuber horor yang sudah terkenal seperti: Nessie Judge, Jurnalrisa, Sara Wijayanto, Ewing HD sampai Nadia Omara.

Tapi lupakan dulu nama-nama besar itu karena belum lama ini ada satu channel horor yang menarik perhatian tersendiri, dimana channel ini bernama RJL 5. Channel ini dimotori oleh Fajar Aditya sang konseptor bersama dengan Ivan Haryo. Mereka mengusung tema podcast bersama narasumber dan storytelling sendiri.

Salah satu program dari RJL 5 yaitu: Om Mamat (Obrolan Malam Jumat) yang telah menggebrak pasar bagi para pecinta horor. Program ini mempunyai ciri khas tersendiri dengan konsep dan editing mumpuni yang terdiri dari animasi, dokumentasi kejadian, serta instrument-instrument lain seperti layaknya film-film bioskop yang memang benar-benar membuat penonton ketagihan menontonnya.

Cerita yang diangkat oleh RJL 5 juga bukan cerita kaleng-kaleng, karena RJL 5 kerap menghadirkan cerita-cerita yang pernah viral dalam setiap videonya seperti; Tersesat 3 hari di Gunung Ciremai, Naik Kereta Hantu, Lantai 12, Ojol Setan, Haid di Gunung Ciremai, dan sebagainya.

Dikatakan bukan kaleng-kaleng, karena channel ini mengedepankan real story dari narasumber tanpa adanya unsur yang ditambah-tambah atau berlebihan. Bisa dikatakan, cerita yang diangkat ini ya memang sudah lebih dahulu viral di suatu tempat terlebih dahulu. Itulah yang membuat channel ini juga membuat para penonton selalu penasaran, karena selalu membahas kisah horor yang viral.

Pilihan Editor

Biasanya channel horor itu identik dengan supranatural dan kesan menyeramkan. Tapi bisa dikatakan channel RJL 5 ini justru berbeda. Mereka banyak mengedepankan logika dalam membahas kejadian-kejadian horor yang ada. Selain itu ciri khas dari Fajar Aditya sebagai host adalah dengan komedi absurdnya yang membuat penonton terhibur dengan channel ini.

Walaupun sedikit berbeda dengan channel horor lainnya, tapi channel ini mampu mengangkat sisi emosional penonton ketika menontonnya. Kebanyakan narasumber yaitu hanya orang biasa yang tidak pengen mengalami kejadian-kejadian horor, tetapi sekalinya mengalami kejadian horor… Busett deh… Ngeri Abis!

Cerita-cerita horor yang ditampilkan disini menurut kami bisa banget diangkat ke dalam film bioskop, karena cerita disini itu tidak jarang yang plot twist dan sangat menyeramkan yang pastinya membuat para penonton penasaran. Pokoknya tidak kalah jauh deh sama kisah horornya KKN Desa Penari!

Selain Om Mamat (Obrolan Malam Jumat), RJL 5 juga suka membahas hal-hal seperti tragedi, the untold story, sejarah dan juga Travelling Cinematic Vlog. Khusus video yang membahas tragedi, the untold story, sejarah, penonton ini seakan-akan diajak merasakan kejadian yang dialami pada saat itu. Ya karena memang bisa jadi ini menjadi makanan bagi Fajar Aditya yang lulusan FISIP UI ini.

Terakhir, channel RJL 5 ini semakin lama mungkin akan menjadi semakin besar, terbukti dimana sebentar lagi mereka akan segera mencapai satu juta subscribers.